11 Aktifitas Membersihkan Rumah Bersama Si Kecil Bila Tidak Mudik

11 Aktifitas Membersihkan Rumah Bersama Si Kecil Bila Tidak Mudik
Source: funattic.com

Si kecil sudah mencapai usia pra-sekolah. Perkembangan fisik anak pun berjalan dengan baik. Bunda sudah bisa mengajak si kecil untuk membantu bunda melakukan kegiatan rumah. Apalagi bunda dan sekeluarga tidak mudik dan tidak ada asisten rumah tangga di rumah. Apa saja hal-hal yang bisa dibantu si kecil? Ini lho bunda.

  1. Membereskan mainan

Ketika si kecil bermain, kadang kala dia tidak hanya mengeluarkan satu mainan tetapi beberapa. Ajarkan si kecil untuk selalu mengembalikan mainannya ke tempat semula. Misalkan di box mainan.

  1. Menyapu rumah

Si kecil bisa diajak untuk menyapu rumah karena ini termasuk salah satu kegiatan yang gampang. Bunda cuman perlu menentukan wilayah yang dibersihkan sesuai usianya. Minimal dia membersihkan kamarnya sendiri.

  1. Mengepel Lantai

Berikan lah si kecil kain dan botol semprot yang telah diisi air sabun. Anak dapat menyemprotkan air ke lantai dan dibersihkan dengan lap. Bila ingin prosesnya lebih cepat, bunda bisa membersihkannya dengan penyedot debu atau sapu terlebih dahulu.

  1. Membuang Sampah dan mengganti plastik

Aktifitas yang satu ini termasuk gampang dikerjakan oleh si kecil. Sebelum dia pergi membuang sampah, bunda siapkan plastik pengganti yang bisa dipasang di tempat sampah. Bila isi tong sampah terlalu berat, bunda bisa menggantikan tugasnya dengan memilih sampah berdasarkan jenisnya.

  1. Mencuci piring

Bila tempat cuci piring terlalu tinggi, bunda bisa siapin bangku kecil untuk diinjak anak bunda. Setelah itu berikan dia spon dan sabun untuk membersihkan peralatan makan yang ada. Bila terlalu berat atau sulit dibersihkan, bunda yang akan menggantikannya.

  1. Mengelap meja makan

Bunda cukup berikan lap basah dan minta si kecil untuk mengelap meja makan yang kotor. Kegiatan mengelap ini juga bisa dilakukan di meja-meja lainnya, lemari atau apapun yang mudah dan aman dijangkau si kecil.

  1. Mencuci baju

Bagi bunda yang sudah memiliki mesin cuci baju, bunda bisa mengajak si kecil cuci baju. Pertama-tama ajaklah si kecil untuk memisahkan baju berwarna dan putih. Setelah itu bunda mengajak dia untuk memasukkan cucian ke mesin, sabun cuci baju dan menekan tombol yang tepat. Ajarkan si kecil untuk mengamati suara mesin tanda baju sudah selesai dicuci.

  1. Menjemur pakaian

Menjemur pakaian bisa dlakukan oleh si kecil loh bunda. Bunda cukup memisahkan cucian yang kecil dan besar. Setelah itu si kecil bisa menjepit dan menggantung cucian bersih satu per satu lalu dijemur di bawah sinar matahari. Bunda bisa sambil mengajarkan tentang cuaca. Bila cuaca panas, maka cucian cepat kering maka perlu diletakkan di tempat tak beratap. Ketika cuaca agak mendung, jemuran perlu ditaruh di bawah atap.

  1. Mengisi ulang barang persediaan

Si kecil bisa membantu isi ulang barang persediaan seperti kertas toilet, sabun cair dan air di vas bunga. Bila di rumah ada binatang peliharaan, si kecil juga diajarkan memberi makanan ke mereka tepat waktu.

  1. Membereskan tempat tidur

Bunda bisa mengajarkan si kecil membereskan tepat tidur sendiri. Misalkan dengan meletakkan posisi guling dan bantal lalu meletakkannya di dekat senderan kepala. Setelah itu melipat selimut atau meletakkan bed cover dengan rapi di ranjang.

  1. Melipat baju

Bunda bisa mengajak si kecil melipat baju yang sudah disetrika. Setelah itu disortir berdasarkan atasan dan bawahan.

Ternyata banyak juga ya kegiatan yang bisa dilakukan si kecil di rumah. Sekalipun tampak disiplin, kegiatan ini akan jadi bekal si kecil yang akan bertambah dewasa nanti. Dia akan menjadi pribadi yang rajin, rapi dan bersih. Jadi tidak hanya perkembangan fisik anak saja yang bertumbuh namun juga karakter. Jangan lupa untuk memberikan pujian dan mengucapkan kata “tolong” dan “terima kasih” untuk setiap kegiatan yang si kecil lakukan ya. Selamat Hari Raya Lebaran!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*