4 Cara Mudah Mencegah Alergi Anak Agar Tidak Kambuh

cegah alergi anak
Source: Pixabay.com

Ibu-ibu.net – Sebagai Ibu yang baik pasti tidak mau sesuatu yang buruk terjadi pada anaknya. Akan tetapi, masih banyak Ibu yang menganggap sepele persoalan alergi. Seolah alergi hanyalah sekadar gatal-gatal atau bersin-bersin. Padahal reaksi dari alergi bisa lebih dari itu dan juga sangat mengganggu seperti sesak nafas, mata merah, kulit kering dan bersisik, dan lain-lain. Karena masih dianggap sepele, faktor penyebab alergi pun menjadi tidak diperhatikan. Sehingga serangan alergi akan terus menerus terjadi dan berulang-ulang.

Lalu bagaimana cara mencegah alergi anak agar tidak kambuh lagi?

Berikut 4 cara untuk mencegah alergi anak tidak kambuh.

1. Menjaga kebersihan tubuh

Agar alergi pada anak Anda tidak kambuh lagi maka Ibu harus menjaga kebersihan tubuh anak. Pastikan tubuh anak selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Apabila tubuh anak kotor setelah bermain, segera bersihkan kotoran tersebut. Jangan biarkan kotoran tersebut terlalu lama menempel pada tubuh sang buah hati Anda. Tidak ketinggalan rawat juga kulit buah hati Anda dengan memberi pelembap.

2. Menjaga kebersihan lingkungan

Selain tubuh buah hati Anda, kebersihan lingkungan pun harus dijaga. Apalah artinya bila tubuh bersih namun lingkungan di sekitar kita kotor. Lingkungan yang kotor sudah tentu menjadi salah satu sumber penyakit. Hindari barang-barang menumpuk yang dapat menimbun debu tidak terlihat. Bersihkan juga karpet secara rutin dan jangan lupa untuk menurunkan kelembapan ruangan dengan AC.

3. Menghindari bahan iritan

Jangan sampai alergi pada buah hati Anda kambuh karena Ibu tidak memerhatikan bahan-bahan iritan ini. Mudahnya, bahan iritan adalah sesuatu seperti sabun, detergen, suhu yang ekstrem dan lembap, dan sejenisnya. Apabila buah hati Anda terkena alergi, sebaiknya hindari semua bahan iritan tersebut. Gunakan sabun yang lembut dan dengan Ph normal pada buah hati Anda.

4. Mengeliminasi alergen yang telah terbukti

Hindari makanan atau minuman maupun obat yang menimbulkan reaksi alergi pada anak Anda. Apabila anak Anda alergi terhadap susu sapi maka Anda wajib menghindarkan anak Anda dari segala macam olahan yang mengandung susu walaupun hanya sedikit. Contohnya adalah Nutrilon Soya 3.

Apabila Anda asih bingung atau ragu apa penyebab alergi pada sang buah hati, Anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter zat apa yang menyebabkan alergi terhadap buah hati Anda. Oleh karena itu, Ibu dapat mengetes alergi anak Anda untuk membantu menentukan alergen pencetus gejala alergi.

Penting bagi Anda dan keluarga untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu alergi pada diri maupun keluarga agar Anda dan keluarga dapat menghindarinya.

Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan seperti patch test atau prick test terhadap penderita. Bila anak Anda yang menderita alergi, sebaiknya sang buah hati diajak untuk mendengarkan hasil tes alergi tersebut. Hal ini diperlukan untuk menjaga kepatuhan anak dalam menghindari faktor alergi. Selain itu, Anda juga dapat meminta kepada dokter untuk melakukan imunoterapi. Imunoterapi dapat dilakukan untuk menurunkan kepekaan penderita terhadap zat-zat pemicu alergi.

Demikian 4 cara mencegah alergi pada buah hati Anda agar tidak kambuh. Sudah sewajarnya sebagai seorang Ibu menginginkan anaknya tumbuh  sehat. Oleh karena itu, 4 hal di atas wajib untuk para Ibu ketahui dan lakukan, khususnya untuk Ibu yang memiliki anak penderita suatu alergi.

Semoga membantu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*