7 Manfaat Kacang Hijau Bagi Ibu Hamil

vitamin ibu hamil
Sumber: obatdiabetesmelitus

Ibu-ibu.net – Ibu hamil sangat membutuhkan banyak vitamin untuk mendukung perkembangan janin dalam rahim. Vitamin Ibu hamil bukan hanya didapat dari buah-buahan juga bisa dari kacang-kacangan, salah satunya kacang hijau. Selain mengandung vitamin, kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk Ibu hamil.

Kacang hijau memiliki nama lain phaseolus aereus yang dimasukkan dalam kategori polong-polongan. Setiap orang pasti pernah mengonsumsi jenis kacang ini. Kacang hijau sering digunakan sebagai bahan tambahan untuk berbagai makanan, seperti bubur, puding maupun hanya diminum sarinya. Inilah nutrisi dan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

Kacang hijau juga merupakan sumber mineral yang penting, diantaranya kalsium dan fosfor yang diperlukan bagi tubuh. Sementara itu kandungan lemak dari kacang hijau terdiri dari 23% asam lemak jenuh dan sisanya 73% nya asam lemak tak jenuh. Kacang hijau aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja termasuk yang memiliki berat badan berlebih dan ibu hamil.

Manfaat kacang hijau bagi Ibu hamil diantaranya :

1. Membantu Perkembangan Syaraf dan Mencerdaskan Janin Sejak dalam Kandungan

Kandungan asam folat dalam kacang hijau membantu perkembangan otak dan syaraf janin, serta membantu mencegah bayi Ibu dari cacat tabung syaraf. Konsumsilah bubur kacang hijau secara teratur sebagai sarapan mulai dari awal trimester kehamilan agar janin Ibu menjadi bayi yang cerdas.

2. Membantu Pertumbuhan Rambut Janin

Kacang hijau mengandung protein tinggj yang dapat membantu menambah volume rambut bayi bahkan sejak dalam kandungan.

3. Mencegah Morning Sickness

Vitamin Ibu hamil yang sangat diperlukan di awal kehamilan untuk mencegah morning sickness adalah B1 dan B2. Kedua vitamin tersebut banyak terkandung pada pisang dan kacang hijau. Jika Ibu mengalami mual muntah di tiga bulan pertama kehamilan, jadikan penganan ini sebagai menu sarapan wajib.

4. Sumber Energi

Karbohidrat dari kacang hijau umumnya juga lebih nyaman di perut. Itulah sebabnya mengapa jika setelah mengonsumsi jenis kacang yang satu ini, ibu akan lebih lama merasa kenyang. Ibu akan mendapat energi yang cukup jika mengonsumsinya. Kacang hijau memiliki kandungan lemak tak jenuh yang cenderung aman untuk ibu hamil, kandungan gulanya juga cukup rendah, oleh karena itu ia aman bagi kehamilan risiko tinggi.

5. Mencegah Masalah Tulang

Selama kehamilan, janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Pemenuhan kalsium sangat penting selama kehamilan. Oleh karena itu, cukupilah asupan kalsium selama kehamilan. Salah satunya dengan mengonsumsi kacang hijau.

6. Mencegah Susah Buang Air Besar

Seperti diketahui bersama bahwa ibu hamil akan sering mengalami masalah susah buang air besar karena pengaruh hormon kehamilan pada sistem pencernaannya. Padahal konstipasi merupakan masalah serius yang harus segera diatasi karena sangat berpengaruh pada terjadinya kontraksi rahim. Mencukupi kebutuhan serat harian adalah salah satu tips mencegah konstipasi pada Ibu hamil. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang hijau yang notabene sangat kaya akan serat alami.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Banyak orang yang berpikir bahwa makanan dengan kandungan lemak sangat beresiko untuk memicu penyakit jantung. Tapi tak perlu khawatir bagi ibu hamil yang mengonsumsi kacang hijau karena makanan ini memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga mengurangi risiko kelainan jantung pada bayi.

Sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil supaya terhindar dari penyakit dan membuat janin tumbuh sehat. Nah, jadikan kacang hijau sebagai camilan sehat selama masa hamil dan menyusui nanti ya, Bu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*