Aktifitas Bersama Si Kecil Bila Tidak Mudik

Aktifitas Bersama Si Kecil Bila Tidak Mudik
Source: easyscienceforkids.com

Perkembangan fisik anak sangat tergantung tidak hanya pada nutrisi yang dikonsumsi namun juga aktifitas. Salah satunya adalah olahraga. Bila pada hari raya Lebaran bunda dan sekeluarga tidak mudik, mungkin bunda bisa melakukan beberapa aktifitas bersama dengan si kecil. Rasanya pasti menyenangkan bila semua anggota keluarga memiliki tubuh yang sehat.

  1. Lari atau jalan pagi

Olahraga yang satu ini adalah jenis olahraga paling mudah dan murah karena bisa dilakukan di sekitar kompleks perumahan. Bila kondisi tidak memungkinkan karena berbagai hal, bunda bisa menuju ke taman-taman. Kalau di Jakarta, bunda bisa ke Monas, Taman Suropati, Ecopark Ancol atau menunggu Car Free Day. Bila si kecil memiliki anjing peliharaan kesayangan, bunda juga bisa ajak untuk lari bersama agar si kecil juga antusias.

  1. Bersepeda bersama

Bersepeda sangatlah digemari. Bunda bisa mengajak ayah dan si kecil untuk bersepeda bersama. Bagi si kecil yang belum bisa bersepeda roda dua, ini adalah kesempatan bagi bunda untuk mengajari dia. Bunda cuman perlu memastikan tempat mengajarinya cukup aman dari banyak mobil yang lalu lalang. Bila si kecil sudah SD, bunda bisa mengajaknya naik sepeda yang dikayuh berdua atau bertiga. Seru kan.

  1. Berenang

Berenang adalah salah satu olahraga yang paling bagus karena menggerakkan seluruh tubuh perenangnya. Bunda bisa melakukannya di klub olahraga yang dekat dengan tempat tinggal atau waterpark. Usahakanlah bunda bisa datang ke kolam renang pada saat masih pagi atau sepi pengunjung agar nyaman dan juga carilah kolam renang yang bersih.

  1. Bermain Bola

Olahraga bola seperti basket, softball dan sepak bola tidak hanya asyik ditonton namun juga asyik dimainkan keluarga. Biasanya olahraga berkelompok ini biasanya membutuhkan orang yang banyak, namun ayah bunda bisa melakukan bertiga. Yang penting si kecil bisa latihan shoot, dribble, ngoper, menendang dan lain-lain.

  1. Badminton

Permainan yang satu ini sangat terkenal di Indonesia. Apalagi banyak atlit-atlit Indonesia yang bertanding dan diakui di kancah internasional. Badminton sangat baik dalam mengajarkan si kecil ketangkasan dan melatih otot tangan dan kaki. Jangan lupa untuk pemanasan terlebih dahulu. Kegiatan badminton bisa dilakukan di dekat rumah atau menyewa lapangan per jam.

  1. Outbound

Outbound adalah salah satu pilihan yang menyenangkan dalam olahraga. Banyak sekali kegiatan outbound yang dapat dilakukan seperti melewati jembantan tinggi, flying fox, memanjat jaring dan lain sebainya. Tentu aktifitas ini cocoknya buat anak bunda yang sudah mencapai usia sekolah karena ada persyaratan dari pihak outbound.

  1. Memanah

Kegiatan memanah ini kembali populer di Indonesia. Olahraga yang melatih fokus dan kesabaran ini bisa menjadi salah satu pilihan buat kegiatan bersama keluarga. Dimulai dari usia 6 tahun, si kecil sudah bisa melakukan kegiatan panahan. Cobain yuk.

  1. Playground

Bila si kecil masih berusia batita atau balita, bunda juga bisa mengajaknya olahraga fisik di playground baik yang indoor ataupun outdoor. Ketika mereka main sliding, monkey bar, bola-bola dan lain-lain, mereka sudah beraktifitas fisik loh bunda. Yang penting bunda masuk dan mengawasi si kecil yang bermain.

Pada setiap aktifitas bunda, pastikan bunda membawa persediaan minuman dan cemilan mengingat kemungkinan adanya beberapa stand makanan dan resto yang mungkin tutup pada awal-awal hari raya Lebaran. Jangan lupa membawa baju ganti dan tissue basah bila banyak kegiatan outdoor atau mungkin sekedar beraktifitas ringan seperti membersihkan rumah bersama anak. Jadi sekian info dari kami tentang aktifitas yang baik untuk perkembangan fisik anak. Selamat berlibur!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*