Apel sebagai Makanan Untuk Balita di Atas 6 Bulan

Makanan untuk balita di atas 6 bulan
Source: Mediacache

Ibu-ibu.net – Berapakah usia bayi Ibu sekarang? Bila sudah masuk usia 6 bulan, Ibu sudah bisa menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk balita. Sistem pencernaannya sudah cukup siap menerima dan mencerna makanan untuk balita. Agar balita Ibu mendapat manfaat optimal dari makanan yang dikonsumsinya, Ibu dapat memilih sayur atau buah yang memiliki nutrisi penting untuk tubuh, seperti apel dan wortel

Banyak sekali manfaat yang terkandung pada buah apel, terutama bagi bayi yang baru saja dikenalkan dengan makanan padat. Apel adalah jenis buah yang mudah dicerna, sehingga aman dijadikan sebagai makanan untuk balita. Selain itu apel juga sangat rendah menimbulkan reaksi alergi pada balita. Rasa apel juga disukai sebagian besar balita, baik dimakan langsung, dibuat jus atau diolah menjadi jenis makanan baru. Apel adalah buah yang selalu tesedia sepanjang masa dengan harga yang terjangkau.

Apel mengandung dua jenis serat, yaitu :

  1. Serat Larut

Serat ini berfungsi sebagai pencegah penimbunan kolesterol pada lapisan dinding pembuluh darah. Serat ini mengontrol kalori , mencegah obesitas,  dan tekanan darah tinggi.

  1. Serat Tak Larut

Berfungsi untuk menjaga organ pencernaan dan pembuangan yang akan mengurangi resiko sembelit atau konstipasi pada balita yang baru mengenal makanan padat. Serat tak larut akan menghasilkan massal yang mampu mengikat air untuk membersihkan saluran pencernaan dan melancarkan pembuangan BAB.

 

Apel merupakan pilihan terbaik makanan untuk balita sebagai pendamping ASI. Kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin A, B1, B2, C, E, mangan, tembaga, selenium, kalium, kalsium, zat besi, fosfor dan yodium, menunjang tumbuh kembang organ tubuh, tulang, kulit, dan jaringan otak balita Ibu. Antivirus yang terkandung pada apel mampu melawan bakteri dalam mulut, membersihkan gigi dan memperkuat gusi.

Sekitar 2/3 serat dan anti-oksidan terkandung dalam kulit apel. Maka sebaiknya Ibu memilih jenis apel organik dengan warna yang cerah. Pilihlah apel tanpa kerutan atau memar di bagian kulit. Hindari pula apel yang memiliki permukaan yang lembek. Menurut Environmental Working Group, apel termasuk jenis buah dan sayur yang sering terkontaminasi pestisida, sehingga bila Ibu membeli apel non-organik harus dikupas kulitnya sebelum dijadikan makanan untuk balita.

Pada tahap awal perkenalan makanan padat untuk balita, sebaiknya Ibu mengolah apel dengan cara, seperti berikut :

  1. Mengukus.

Kukus buah apel sampai lunak, lalu tumbuk halus serta beri tambahan ASI atau susu formula untuk mengurangi tekstur yang kental dan terlalu padat.

  1. Memanggang.

Bungkus apel dengan alumunium foil, lalu panggang hingga 45 menit. Atur tingkat suhu sampai dengan 180 derajat.

  1. Simmer.

Rebus apel dengan air sedikit sampai empuk, lalu tumbuk atau haluskan seperti di atas.

 

Berikut ini resep membuat puree apel sebagai makanan untuk balita di atas 6 bulan :

Bahan :

2 buah apel dari jenis yang Ibu suka

ASI secukupnya

 

Cara membuat :

  1. Kupas dan cuci bersih apel
  2. Potong dadu untuk mempercepat proses mengukus.
  3. Kukus sekitar 10 menit
  4. Bila sudah empuk, maka haluskan atau tumbuk dengan bantuan food prossesor, lalu saring. Tambahkan ASI untuk mengatur teksturnya.
  5. Coba sedikit demi sedikit pada balita, bila ternyata dia suka, maka Ibu dapat berkreasi membuat aneka makanan untuk balita dari varian buah lainnya.

 

Selain sebagai makanan untuk balita, apel juga dapat dikenalkan sebagai minuman. Jua apel sangat bagus untuk kesehatan dan tumbuh kembang balita Ibu. Sebaiknya Ibu memilih jus apel yang berwarna pekat ketimbang yang bening dan cair bila membeli jus yang sudah jadi. Pastikan Ibu sudah melakukan konsultasi dengan dokter anak atau ahli gizi sebelum memberikan makanan untuk balita di atas 6 bulan, ya. Selamat mencoba!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*