Bagaimana Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan?

Salah satu hal yang sangat penting diketahui oleh para orang tua adalah mengetahui perkembangan bayi 2 bulan. Tujuannya tentu saja untuk memantau tumbuh kembang buah hati Anda sejak ia dilahirkan. Bayi usia 2 bulan sangat menyenangkan untuk dilihat. Bayi sudah bisa tersenyum ketika disapa dan ini respon yang sangat baik ketika bayi merasa nyaman. Ibu bisa memberikan pelukan ketika bayi merasa tidak nyaman dan mereka hanya bisa menangis.

Perkembangan si Kecil di minggu-minggu awal setelah ia keluar dari perut sang ibu adalah masa-masa yang sangat penting. Apa pun yang dilakukan oleh orang tua terhadap si bayi atau kebiasaan orang tua juga sangat memengaruhi perkembangannya. Hal ini dikarenakan saat usia 2 bulan secara umum bayi sudah bisa mengidentifikasi bunyi-bunyian yang berasal dari lingkungannya. Maka dari itu biarkan buah hati Anda mengenali suara ibunya, suara ayahnya, kakaknya, dan anggota keluarga yang lainnya. Tidak hanya itu saja, tetapi sejak ia lahir dan sampai berjalan beberapa minggu selanjutnya, bayi juga telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mungkin tanpa disadari oleh sang ibu atau anggota keluarga lainnya.

Meskipun pada usia 2 bulan bayi sudah mulai bisa mengidentifikasi suara dari sekitarnya, namun tidak semua bayi akan mudah akrab dengan orang-orang di sekitarnya. Biasanya ibu adalah salah satu orang yang bisa sangat mudah dikenali oleh si bayi. Hal ini dibuktikan pada saat anak menangis, si Kecil pasti akan lebih mudah diam jika dipeluk atau digendong oleh ibunya. Saat usia 2 bulan biasanya gerakan kepala dan tubuh bayi juga udah mulai lebih aktif dan bervariatif. Akan tetapi untuk para Ibu, Anda masih harus tetap memberikan perlindungan ekstra kepada buah hati Anda dengan membantu menopang tubuh anak Anda.

Otak dan pendengarannya pun makin berkembang sehingga dia dapat menikmati musik yang diperdengarkan. Pada sekitar usia 6 minggu, dia dapat merespons musik dengan kaki menendang-nendang atau bersuara. Meski demikian, dia juga membutuhkan saat tenang, sehingga hindari memperdengarkan musik dalam waktu panjang.

Ketika bayi Anda masuk ke usia 2 bulan maka gerakan mata dan koordinasi beberapa gerakan tubuh sudah bisa mulai terlihat. Bayi Anda bisa melihat wajah ibu dan orang lain dengan jarak sekitar 45 cm dan ini perkembangan yang sangat baik. Ibu bisa mencoba mencoba reflek mata bayi ketika bergerak atau memindahkan wajah Anda dari bayi.

Saat usia 2 bulan bayi belum bisa berbicara tetapi sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik karena bayi sudah mulai bisa mengenali bahasa. Umumnya ketika orang tua atau ibu berbicara di depan bayi maka mereka bisa melihat gerakan mulut dan gerakan lidah. Terkadang beberapa bayi mengoceh mengeluarkan suara yang mirip dengan bahasa ibu dan mulai bisa mengeluarkan suara vokal. Ibu bisa mencoba untuk membisikkan kalimat pada telinga bayi. Bayi umumnya akan memberikan reflek menangis ketika merasa tidak nyaman namun suara ibu akan bisa menenangkan bayi. Berbicara dengan bayi ketika usia 2 bulan bisa membantu bayi mengenali kata-kata pertama. Selain itu juga bisa membantu bayi merekam kalimat-kalimat dalam pembicaraan. Kebiasaan ini sangat baik untuk mendorong kemampuan komunikasi bayi saat dewasa. Ibu bisa mencoba untuk memberikan gerakan lidah yang berulang-ulang untuk meningkatkan kepekaan bahasa pada bayi.

Saat perkembangan bayi 2 bulan, bayi Anda juga sudah memiliki keinginan untuk menyentuh beberapa benda sehingga Anda harus memberikan benda yang aman termasuk untuk mainan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*