Bolehkah Ibu ASI Eklusif Berpuasa?

perkembangan bayi 1 bulan
sumber: sokolapertama

Ibu-ibu.net – Bulan Ramadhan telah tiba dan tentunya bunda ingin menjalankan ibadah puasa yang diwajibkan. Namun si kecil masih dalam tahapan perkembangan bayi 1 bulan. Bunda juga selama ini memberikan ASI eklusif. Bolehkah bunda berpuasa?

Manfaat ASI Ekslusif

ASI Ekslusif adalah pemberian ASI kepada bayi selama 6 bulan tanpa makanan tambahan lainnya. Program ASI Ekslusif bukanlah program baru karena pemerinta telah lama menggalakkan dan menyampaikan program edukasi untuk para wanita hamil. Sekalipun banyak yang belum menjalankan, mungkin lantaran tidak memahami keuntungan ASI Ekslusif. Inilah keuntungannya buat bunda dan bayi

Keuntungan ASI Ekslusif bagi bayi:

  1. Kandungan gizi lengkap
  2. ASI mudah dicerna dan diserap oleh tubuh
  3. Mengandung lipase untuk pencernaan lemak
  4. Mempertinggi penyerapan kalsium dalam tubuh. Bayi yang mendapatkan ASI Ekslusif memiliki kadar kalsium lebih tinggi dibanding tidak.
  5. Mengandung zat kekebalan tubuh yang diturunkan bunda lewat ASI. Akibatnya si kecil tidak bakal terserang diare, infeksi saluran nafas, infeksi telinga, konstipasi, pengidap diabetes tipe dua, asma, alergi dan eksim.
  6. ASI mendekatkan hubungan ibu dan bayi
  7. Menimbulkan rasa aman bagi bayi karena kulitnya bersentuhan dengan kulit bunda
  8. Mengembangkan rasa percaya antara bunda dan anak

Keuntungan ASi Ekslusif bagi bunda:

  1. Mengurangi insiden kanker leher rahim dan kanker payudara
  2. Mengurangi insiden HPV yang dapat menyebabkan kanker serviks
  3. Mempercepat kembalinya rahim ke ukuran normal setelah melahirkan lantaran hormon oksitoksin yang keluar saat menyusui dapat membantu rahim berkontraksi. Bagusnya, pendarahan rahim usai bersalin pun berkurang
  4. Menunda kembalinya kesuburan dan menjarangkan kehamilan
  5. Keluarga bisa menghemat pengeluaran uang dalam membeli susu formula

Selain itu, para ahli menemukan asam lemak pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Dan pastikan asupan bunda selalu terjaga dengan baik. Karena asupan bunda sangat mempengaruhi ASI dan berefek baik ataupun buruk pada bayi. Selama masa ini pun bunda perlu konsumsi banyak sayuran, buah, daging tanpa lemak, makanan berserat, susu dan minum air putih yang banyak hingga memenuhi kebutuhan kalori ibu menyusui yaitu sekitar 2500 kalori.

Boleh bunda berpuasa?

Berpuasa sebenarnya boleh-boleh saja karena puasa tidak menyebabkan berkurangnya produksi ASI pada bunda. Karena ASI menyesuaikan produksi sesuai dengan asupan yang kita konsumsi. Namun tidak semua bunda kuat apalagi pada saat bayi masih berusia 1 bulan karena mereka kudu konsumsi ASI tiap dua jam. Dan biasanya habis memberikan ASI, bunda akan mengalami rasa lapar.

Hal lain yang patut dipertimbangkan adalah masa nifas. Setelah melahirkan, badan bunda akan mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh untuk pemulihan badan ke dalam kondisi semula. Bunda juga akan mengalami banyak sekali tantangan dalam hal buang air kecil, rambut rontok, penuruan berat badan dan juga psikis.

Bila bunda masih di masa nifas yang terjadi berkisar 1-2 bulan, bunda sebaiknya tidak melakukan puasa terlebih dahulu. Namun untuk bunda yang memiliki bayi 3 bulan ke atas, bunda bisa melakukan puasa. Yang penting bunda selalu menjaga konsumsi dengan baik seperti konsumsi karbohidrat kompleks, protein tinggi, sayur-sayuran dan buah. Bunda perlu juga cukup istirahat yang cukup dan minum air yang banyak agar produksi ASI tetap lancar dan tidak mengalami dehidrasi.

Sekian informasinya untuk bunda yang bayinya masih dalam perkembangan bayi 1 bulan atau sudah lebih besar. Semoga bermanfaat ya bagi bunda dan si kecil. Kami doakan sehat senantiasa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*