Cara Menambah Berat Badan Pada Ibu Hamil

Cara Menambah Berat Badan

Ibu-ibu.net – Apakah tubuh yang kurus memiliki efek serius pada kehamilan? Berikut ini adalah bagaimana cara menambah berat badan pada anda yang sedang hamil sehingga anda mengetahui dan dapat memperhatikan kesehatan anda dan si bayi dalam kandungan.

Kehamilan dapat mempengaruhi berat dan bentuk badan pada umumnya. Pada ibu yang sedang hamil, dianjurkan untuk memiliki berat badan yang ideal demi kesehatan si ibu dan bayinya itu sendiri. Sehingga pada saat melahirkan nanti bayi anda akan sehat dan tidak mengalami penyakit apapun.

Ketika anda sedang atau ingin hamil, pastikan berat badan anda ideal. Jangan sampai anda terlalu kurus dan kekurangan gizi. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai kehamilan yang tidak sehat :

 

Apakah saya kurus?

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai berat badan ideal ketika masa kehamilan anda. Jangan sampai anda kekurangan berat badan yang mengakibatkan kesehatan anda dan bayi anda terganggu. Ada juga berbagai cara gampang untuk mengetahui apakah berat badan anda ideal atau tidak.

Salah satu caranya adalah dengan menghitung BMI (body mass index). Ini adalah alat yang berfungsi untuk mengukur rasio antara tinggi dan berat badan anda. Yang berguna untuk mengetahui apakah berat badan anda berada dalam kisaran yang ideal jika dibandingkan dengan tinggi badan.
Hal ini dilakukan dengan menggunakan rumus kg / m2, dimana berat badan Anda dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi anda dalam meter. Jika hasil bagi di bawah 18,5, anda mungkin kekurangan berat badan.

Selain itu, indicator yang dapat digunakan adalah  persentase lemak didalam tubuh, untuk ibu yang sedang hamil, harus memliliki setidaknya 17% lemak didalam tubuhnya. Ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan ovulasi si ibu hamil tersebut.

Kekurangan berat badan biasanya terjadi karena kekurangan lemak didalam tubuh. Ini juga merupakan salah satu faktor anda kesulitan untuk hamil. Kekurangan lemak didalam tubuh dapat mengganggu pelepasan hormon alami yang dibutuhkan untuk ovulasi. Ovulasi yang tidak teratur dapat membuat anda untuk susah hamil.

Kedua faktor diatas hanyalah sebagai indicator untuk menjaga kesehatan anda selama masa kehamilan. Berkonsultasilah dengan dokter ahli gizi untuk lebih detailnya. Perlu diingat jika anda wanita hamil yang kekurangan berat badan diharuskan menaikkan berat badan nya sekitar 12-18 kg demi menjaga kesehatan anda dan si bayi didalam kandungan tersebut.

 

Resiko untuk bayi

Kekurangan berat badan selama masa kehamilan anda dapat menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius bagi bayi yang dikandung. Jika anda sedang hamil muda, itu dapat mengakibatkan keguguran pada saat trimester pertama masa kehamilan. Ini diduga karena kekurangan zat besi dan folat.

Kehamilan dengan berat badan yang rendah juga cenderung mengakibatkan bayi anda lahir prematur ( sebelum 37 minggu). Selain itu, bayi anda juga memiliki potensi untuk lahir dengan berat badan yang tidak ideal. Ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan gizi ketika masa kehamilan bayi anda di dalam rahim.

Bayi yang lahir dengan berat badan yang kurang dapat memiliki efek buruk bagi kesehatan nya. Ini dapat memicu hipotermia, gula darah rendah, dan juga efek jangka panjangnya dapat mengganggu kesehatan pencernaan tumbuh kembang bayi dan rentan terhadap virus.

Bayi yang mengalami kekurangan berat badan juga cenderung mengalami masalah kesehatan di kemudian hari. Seperti diabetes hingga sindrom metabolic yang menyebabkan efek terparah yaitu penyakit jantung. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa ibu hamil yang berat badan nya tidak ideal dapat menyebabkan resiko kematian bayi dalam tahun pertama kelahiran nya.

 

Resiko untuk ibu hamil

Kesehatan ibu hamil sangatlah penting. Memiliki berat dan bentuk badan yang ideal bagi ibu hamil tidak lah cukup, diperlukan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang juga untuk membantu bayi anda sehat ketika lahir nanti. Apalagi pada masa trimester pertama, kekurangan gizi dan nutrisi seimbang sangat berbahaya dan anda akan berpotensi mengalami anemia dan gangguan osteoporosis.

Jika anda kehilangan berat badan terlalu banyak ketika melahirkan, ini dapat mempengaruhi ASI anda untuk si bayi. ASI sangatlah penting untuk bayi anda dalam tahap awal pertumbuhan nya. Terlebih jika bayi anda lahir dengan berat badan yang tidak ideal. Anda harus tetap menjaga porsi makan dan juga nutrisi yang seimbang untuk kelancaran ASI anda. Karena ketika kita memberikan ASI kepada bayi, ini akan membebani tubuh anda dan jika anda kekurangan berat badan, ini akan membuat bayi anda juga kekurangan nutrisi alami yang ada pada anda.

 

Berkonsultasi dengan ahli gizi

Berkonsultasilah dengan bidan atau dokter ahli gizi di rumah sakit terdekat. Jika anda di diagnosa mengalami kekurangan berat badan, mulailah beberapa langkah untuk membuat berat badan anda menjadi lebih ideal dan sehat. Walapun terkadang bagi sebagian orang sangat sulit untuk menaikkan berat badan nya sendiri, tetapi percayalah bahwa asupan nutrisi yang tepat dapat secara tidak langsung membuat berat badan anda menjadi ideal.

Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi yang terdaftar, ini akan memudahkan anda untuk mendapatkan kenaikan berat badan yang memadai dan konsisten. Anda mungkin akan diberi resep kombinasi vitamin dan suplemen (seperti asam folat, zat besi) serta makanan yang kaya dan padat nutrisi, sehingga anda dan bayi anda sehat pada nantinya.

 

Cara menambah berat badan pada ibu hamil

Kenaikan berat badan yang stabil disertai dengan asupan nutrisi yang cukup membuat kehamilan anda menjadi sehat. Menambah asupan lemak dan protein sangatlah penting dalam menjaga berat badan anda menjadi seimbang sehingga tubuh dapat mencapai batas kalori yang cukup. Berikut ini adalah beberapa cara untuk meningkatkan berat badan dan memperoleh nutrisi yang seimbang selama masa kehamilan anda :

–    Ngemil! Cobalah untuk menambahkan beberapa makanan ringan di sela makanan anda. Makan kacang dan keju dapat memberi anda dorongan ekstra berupa nutrisi, protein, kalsium, dan zat besi.

–    Buatlah jurnal mengenai makanan hamil anda. Ini dapat menjaga dan membantu anda dalam menyeimbangkan makanan sehari-hari. Diskusikan dengan ahli gizi secara bertahap.

–    Jika Anda selalu mual, biscuit, selai kacang dan alpukat bisa menjadi alternative makanan anda. Ngemil makanan yang bergizi membantu meningkatkan berat badan anda secara bertahap pada umumnya.
–    Kurangi atau ubah intenstitas latihan anda di gym. Jika anda sebelum hamil adalah seorang yang rutin berolahraga, lebih baik kurangi porsi olahraga anda sehingga tidak banyak kalori yang terbuang.

–    Ganti pilihan snack anda dengan makanan yang penuh kalori.

Jika anda khawatir berat badan anda terlalu rendah baik sebelum atau selama kehamilan, sangatlah penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mungkin orang sekitar anda yang paling memperhatikan dan mengkomentari berat badan anda selama masa kehamilan. Anda tidak perlu khawatir, bagaimanapun juga masukan dari dokter anda lebih penting. Dan yang paling terutama adalah ibu hamil mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup demi kesehatan ibu dan bayinya pada saat lahir nanti, bukan dari berapa berat timbangan nya.

1 Trackback / Pingback

  1. Kenali Tanda Hamil Muda yang Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*