Cara Menangani Masalah Bayi Susah Makan Yang Sebaiknya Ibu Praktekkan

Makanan Sehat Anak

Bayi susah makan secara tiba-tiba bisa mengakibatkan daya tahan tubuhnya terganggu. Akibatnya, bayi akan mudah sakit. Lalu, apa yang sebaiknya ibu lakukan?

Normalnya, bayi akan menolak makanan jika mengalami masalah pada kesehatannya. Dicontohkan dengan nyeri pada saat gigi tumbuh. Selain itu, demam yang diakibatkan oleh perubahan cuaca membuat bayi enggan untuk makan.

Kondisi seperti ini tentu akan memicu masalah lanjutan. Khususnya adalah tumbuh kembangnya. Salah satu contohnya adalah bayi akan kekurangan gizi.

Tidak mau melihat buah hati mengalami sakit atau kekurangan gizi, ibu sebaiknya mencari cara untuk mengatasinya. Mengenai cara mengatasi bayi susah makan, ibu bisa melihat kiatnya di bawah ini.

Tangani Terlebih Dahulu Penyebab Bayi Susah Makan

Bayi bisa saja kehilangan selera makannya di waktu-waktu tertentu. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai penyebab. Salah satunya adalah jatuh sakit.

Jika memang permasalahannya berasal dari penyakit, cara terbaik untuk mengembalikan selera makan bayi adalah dengan mengobati sakitnya. Periksakan terlebih dahulu. Kemudian ibu bisa mengambil langkah pasti untuk menyembuhkannya.

Kondisi ini juga berlaku untuk hal lainnya. Maksudnya, segala macam penyebab bayi tidak berselera makan harus dicarikan solusi untuk mengatasinya. Pertama dimulai dengan mencari tahu penyebabnya. Kedua adalah melakukan upaya dalam mengatasi penyebab tersebut.

Tunjukkan Kalau Makanan Yang Disajikan Benar-Benar Enak

Langkah kedua adalah merangsang anak untuk mengkonsumsi makanan yang ibu sajikan. Caranya adalah dengan memberikan demo makan. Biasakan untuk memperlihatkan kalau makanan tersebut sangat enak untuk dinikmati.

Dengan memberikan demo ini, anak akan menangkap sedikit demi sedikit pengalaman ibu. Anak akan terangsang, dan mau mencoba makanan tersebut. Oleh sebab itu, bayi susah makan mpasi tidak akan terlihat lagi.

Variasi Makanan Dengan Porsi Kecil

Ibu memang boleh saja memberikan makanan yang sama di tiap harinya. Tetapi, kebiasaan ini bisa membuat bayi cenderung mau makanan jenis yang sama di tiap kali makan. Parahnya lagi jika bayi merasa bosan.

Bayi yang kebiasaan makan makanan sama akan sulit menerima jenis makanan lain. Tentu saja masalah tumbuh kembangnya akan terjadi. Oleh karenanya, ada baiknya ibu tidak melakukan hal tersebut.

Ibu perlu membiasakan dalam memberikan makanan bayi secara bervariasi. Variasi makanan ini akan membuat selera anak tergugah. Bahkan, bayi akan suka makanan apapun kedepannya.

Untuk mencobanya pertama kali, ibu bisa memberikannya dalam porsi kecil. Porsi kecil ini dimaksudkan agar bayi bisa mendapatkan zat gizi. Betapa tidak, porsi kecil akan mengantarkan anak untuk sering makan. Apalagi didukung dengan variasi makanan.

Biasakan Untuk Mengajak Bayi Makan Bersama

Cara terakhir yang bisa ibu lakukan untuk mengatasi bayi susah makan adalah dengan sering mengajak bayi makan bersama. Kebersamaan dalam keluarga memang bisa mempengaruhi psikisnya. Dan ini adalah cara yang termudah dibandingkan yang lainnya.

Ketika ibu mengajak bayi makan bersama, bayi akan memperhatikan kebiasaan ibu dan ayah. Makanan yang ibu makan akan terus diperhatikan. Lama-kelamaan, bayi akan mencoba untuk mencicipinya.

Jika terasa enak menurut bayi, pastinya bayi akan terus mencobanya. Inilah yang nantinya membuat bayi terhindar dari menurunnya selera makan. Dan pastikan juga untuk memberikan makanan yang masih hangat/segar serta kaya akan nutrisi.

Demikianlah ulasan mengenai apa yang bisa ibu lakukan bila bayinya enggan makan. Bersabarlah ketika mengajari pola makan bayi. Jadi, sudah siapkah ibu dalam mempraktekkan caranya untuk menangani bayi susah makan?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*