Cegah Wasir Saat Hamil

Wasir Pada Ibu Hamil
Sumber: oohsncoos.com

Menderita susah buang air besar ketika tubuh normal saja sudah begitu menyiksa, bagaimana seandainya terjadi ketika Ibu sedang hamil? Kebayang tidak Ibu, bagaimana tidak nyamannya perasaan Ibu? Belum lagi rasa khawatir akan semakin memperparah emosi Ibu yang memang tidak stabil.

Susah buang air besar atau biasa disebut ambien atau dikenal juga wasir adalah penyakit yang diakibatkan terjadinya pembengkakan pada poros ujung usus sehingga membentuk benjolan pada dubur bagian dalam maupun bagian luar. Pada ibu hamil, penyakit ini bisa terjadi karena perubahan hormon progesteron pada tubuh Ibu meningkat cukup tinggi, sehingga mengakibatkan terjadinya pelebaran pada pembuluh darah. Ini menyebabkan tekanan darah merendah dan juga sistem pencernaan menjadi terganggu. Sistem pencernaan yang terganggu berakibat pada perut menjadi kembung dan menghasilkan sembelit atau wasir.

Selain itu juga, perkembangan janin yang mengalami pertumbuhan dari minggu ke minggu dalam rahim dapat mengakibatkan wasir pada ibu hamil. Hal ini terjadi karena tekanan yang besar pada panggul dan rongga perut sehingga menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang dapat menggannggu sistem pencernaan Ibu.

Wasir memang bukan penyakit hamil yang dapat mengganggu janin dalam kandungan Ibu. Namun, wasir sendiri dapat membuat keadaan Ibu tidak tenang. Susah duduk, berdiri ataupun berbaring, akibat dari tonjolan dari pembengkakan yang terjadi di dubur  akan sangat mengganggu. Belum lagi rasa panas dan perih yang juga Ibu akan rasakan ketika mengalaminya.

Mengetahui bahwa wasir bisa saja terjadi pada setiap Ibu yang sedang mengandung, bisa membuat Ibu mencari pencegahan sebelum masalah penyakit hamil ini muncul. Ada beberapa tips yang bisa Ibu lakukan untuk menghindari terjadinya pembengkakan pada poros ujung usus Ibu ini.

  • Banyaklah mengkonsumsi air putih, terutama air hangat ketika Ibu bangun di pagi hari. Ini akan sangat membantu Ibu dalam memperlancar proses pencernaan.
  • Mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, juga akan meminimalisir terkena penyakit hamil. Selain untuk kebutuhan nutrisi kesehatan Ibu dan janin tentu saja, sayur dan buah dapat membuat sistem pencernaan selama kehamilan menjadi lancar.
  • Berendamlah dengan air hangat selama kurang lebih 10 hingga 20 menit, ini bukan hanya bagus untuk memperlancar sistem pembuangan, tapi juga dapat membuat aliran darah Ibu menjadi lancar.
  • Olah raga ringan dengan berjalan-jalan kecil selama 30 menit dapat membantu otot-otot perut Ibu untuk mendorong sisa-sisa kotoran ke saluran pembuangan. Namun perlu diperhatikan, olah raga saat hamil jangan sampai membuat Ibu terlalu lelah. Karena bisa berakibat terganggunya janin di dalam kandungan Ibu.
  • Asupan dan gizi yang dikonsumsi Ibu selama hamil juga dapat mempengaruhi sistem pencernaan yang terjadi selama kehamilan. Ibu harus mematuhi segala anjuran dan pantangan agar kondisi kehamilan Ibu selalu sehat dan lancar.
  • Suplemen sebagai penambah asupan nutrisi selama kehamilan juga dibutuhkan untuk menghindari penyakit hamil yang bisa saja mendera. Perhatikan asupan zat besi yang diterima oleh tubuh Ibu, walaupun zat besi sangat penting selama kehamilan agar Ibu tidak mudah terserang anemia, namun konsumsi yang tinggi pada sebagian ibu hamil bisa juga menyebabkan sistem pencernaan terganggu. Akibatnya Ibu akan mengalami susah buang air besar yang berakibat wasir.

Demikian sedikit info yang dapat disampaikan dalam artikel ini. Semoga tips-tips di atas dapat berguna agar Ibu dapat menghindari penyakit hamil ini. Konsultasikan juga keluhan wasir ini pada saat kontrol rutin yang Ibu lakukan pada dokter kandungan Ibu.

1 Trackback / Pingback

  1. Bunda Perlu Memperhatikan Hal Ini Bila Perkembangan Janin Memasuki Usia 11 Minggu! - TerusUpdate.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*