Manfaatkan momen Ramadan untuk optimalkan Perkembangan Bayi 8 Bulan

perkembangan bayi 8 bulan
Sumber: UrduBiz

Ibu-ibu.net – Ketika bayi Anda telah berumur  8 bulan, bersiaplah untuk beberapa perubahan perkembangan utama yang mengejutkan. Memasuki bulan suci Ramdan bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 8 bulan dengan berbagai kegiatan fisik. Dia masih meniru kegiatan orang dewasa, bahkan ketika Anda sedang sahur atau berbuka. Dia juga akan mengikuti jadwal Anda bangun untuk sahur, melakukan salat dan berbuka.

Gerakan Motorik Bayi

Untuk Perkembangan bayi 8 bulan, merayap dan merangkak mungkin sudah dikuasainya atau akan segera dikuasainya.  Anda akan takjub dengan seberapa cepat si kecil dapat berpindah menggunakan tangan dan kaki. Setelah itu, dia akan berusaha berdiri dan mengamati sekitar, melihat ke arah sini dan sana dengan seringai lebar. Berikutnya penjelajahan dimulai, dia akan meraih benda-benda untuk membantunya berdiri dan kemudian bergerak sambil berpegangan. Akhirnya nanti  dia mampu berjalan tanpa bantuan pada usia paling cepat 9 bulan dan paling lambat 18 bulan.

Percayalah pada si kecil agar dia mampu untuk berjalan sendiri. Anda bisa berada cukup jauh darinya dengan mengulurkan tangan untuknya. Dengan demikian, anak berjalan sendirian dengan mata tertuju pada wajah Anda. Dia mendukung dirinya sendiri dan terus berusaha maju menuju pelukan Anda.

 

Keterampilan Motorik Halus

Pada usia ini, bayi Anda memasuki fase mengambil objek kecil menggunakan ibu jari dan jari telunjuk (menjumput). Dia akan tertarik pada benda-benda kecil dibandingkan beberapa bulan sebelumnya. Karena itulah Anda perlu waspada saat si kecil sedang sendirian, karena dia bisa saja memasukkan benda-benda kecil yang ia temukan ke dalam mulut.

 

Kemampuan Bahasa

Bayi Anda akan segera belajar kata yang berarti, ini adalah prestasi intelektual yang luar biasa. Mereka sudah mulai memahami perkataan Anda tapi masih benar-benar sulit untuk berbicara. Inilah saat yang tepat untuk mengajarinya doa-doa sebelum makan, doa sebelum tidur dan doa sahur serta berbuka puasa.  Meskipun butuh berbulan-bulan kemudian untuk mengucapkan kata-kata pertama dengan sempurna.

 

Keterampilan Kognitif

Dia mulai memasuki ranah bahasa dan pemikiran simbolis. Pengetahuannya tentang objek tersembunyi pada bulan sebelumnya telah mengalami banyak kemajuan. Dia tidak lagi hanya mengandalkan indera untuk mengetahui bahwa benda itu ada di sana seperti melihat atau menyentuhnya.  Bayi Anda telah memiliki konsep bahwa ada benda yang tidak bisa secara langsung mereka rasakan tapi tetap ada di sana. Sehingga dia akan terus mencari objek yang benar-benar tersembunyi karena dia yakin pasti di suatu tempat.

 

Kemandirian

Rasa kemandiriannya yang semakin besar mempengaruhi perilakunya saat makan. Sekarang dia akan mencoba untuk menarik sendok dari tangan Anda setelah dalam jangkauan, atau menutup bibirnya erat-erat dan menolak untuk makan. Waktu makan bisa terasa seperti medan perang, tetapi Anda dapat membiarkan dia makan sendiri. PAda saat berbuka bersama, berikan dia sendok atau isi piringnya dengan potongan kecil daging empuk, pasta, keju, buah-buahan lunak (seperti pisang), dan sayuran yang dimasak. Anda bahkan dapat memperkenalkan cangkir bergagang dua sehingga dia dapat berlatih minum sendiri.

Semua lompatan perkembangan ini terlihat menyenangkan. Tetapi ketika si kecil lebih banyak bergerak dan lebih ingin tahu penting untuk memperhatikan masalah keamanan. Ketika si kecil yang sedang merangkak sedang mengeksplorasi seluruh sudut rumah, maka aka nada banyak bahaya mengintainya seperti benda-benda kecil yang bisa tertelan, dia tertarik pada stopkontak listrik dan sebagainya. Maka untuk tindakan keamanan, Anda harus siap untuk:

  • Berikan penyekat sehingga mereka tidak dapat menuruni tangga.
  • Letakkan kait di semua lemari dapur, terutama dengan pembersih beracun dan botol lainnya.
  • Jauhkan ponsel dari jangkauan anak.
  • Perhatikan bahaya tersedak.
  • Pastikan semua obat disimpan dengan aman.
  • Saat berkendara awasi dia di tempat duduknya.

Memanfaatkan perkembangan bayi 8 bulan yang luar biasa bisa menjadi cara mengenalkannya dengan ritual berbuka dan sahur di bulan Ramadan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*