Mari Mengenal Kepribadian Anak Usia 1 Tahun Yang Unik Ini

anak usia 1 tahun
Sumber: PopSugar

Ibu-ibu.net – Memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak usia 1 tahun, tentu sangat menggemberikan hati Ibu dan Ayah. Tingkahnya yang lucu dan semakin lincah, akan semakin menggemaskan. Belum lagi perkembangannya saat ini sudah semakin pesat. Dimana dia sudah memulai untuk berjalan sendiri walaupun membutuhkan alat bantu atau penyangga dari benda di sekitarnya. Dia pun sudah mulai berbicara walau hanya satu atau dua kata yang baru bisa dia ucapkan. Pikirannya untuk fokus dan juga mengingat semakin bertambah. Dan masih banyak hal lain yang telah terjadi pada tahap usia ini.

Anak usia 1 tahun memang sedang dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang pesat. Baik itu fisik, kognitif, emosi, sensorik dan motorik anak. Biasanya, perkembangan motorik menjadi bukti tumbuh kembang anak berjalan dengan sangat baik. Karena pada usia ini, perkembangan memang berpusat pada sistem motoriknya, seperti berjalan, memanjat, duduk, merangkat, memegang benda-benda dan sebagainya.

Semakin bertambah usianya, tentu saja cara merawat si kecil usia 1 tahun berbeda dari saat dia dilahirkan ataupun beberapa bulan setelahnya. Waktu istirahat, kebutuhan akan asupan, waktu bermain dan terjaga, semuanya sudah semakin kompleks dan membutuhkan perhatian yang lebih ekstra. Aktivitasnya yang sudah semakin banyak dan selalu bergerak kesana-kemari membutuhkan pendampingan yang ketat.

Pada usia anak 1 tahun, kepribadian anak sudah mulai terlihat. Ini merupakan sifat bawaan yang berbeda-beda pada setiap anak. Ada sifat yang akan menyenangkan bagi Ibu dan Ayah, namun ada juga kepribadian yang akan membuat pusing. Peranan orang tua selanjutnya memang sangat dibutuhkan dalam membentuk karakter yang lebih baik nantinya. Ada beberapa keperibadian unik yang biasa sudah terlihat pada tahap usia anak ini.

Rasa Ingin Tahu yang Besar

Anak usia 1 tahun sudah memiliki rasa ingin tahu yang besar terhadap lingkungan di sekitarnya. Dia akan berusaha untuk mendapatkan benda yang menarik baginya. Mencari tahu cara memainkannya ataupun asal menggunakannya. Namun dia memiliki pengamatan yang dalam terhadap benda tersebut dan mempelajari fungsinya.

Egosentris

Usia anak 1 tahun memang belum bisa untuk mengontrol emosi yang terjadi pada dirinya. Dia cenderung untuk memenuhi keinginannya dengan mempelajari bagaimana cara mendapatkan apa yang dia mau. Maka, tidak jarang dia akan menangis dengan keras ketika mainannya direbut ataupun keinginannya akan sesuatu tidak terpenuhi.

Aktif dan Lincah

Usia anak 1 tahun memang lebih membuat Ibu cepat merasa lelah. Karena dia tidak hentinya bergerak kemana pun yang dia mau. Keceptannya dalam merangkak semakin terasah yang memungkinkan dia untuk bergerak tiada arah. Belum lagi dia sudah mampu untuk berdiri dan berjalan walaupun dengan bantuan dinding ataupun tepi sofa serta benda-benda lain yang dapat menyangga pergerakannya.

Berpetualang

Jangan membayangkan usia anak 1 tahun akan menjelajahi tempat-tempat yang indah dan eksotis. Jiwa petualang mereka bisa dilihat dari rasa penasaran mereka akan ruangan yang tak pernah dilihatnya. Memanjat anak-anak tangga. Membongkar benda-benda ataupun lemari baju Ibu.

 

Perlu Ibu dan Ayah pahami, bahwa karakter dan kepribadian anak berbeda-beda. Ibu tidak bisa  memaksakan satu pengajaran yang berhasil pada anak yang lain, dipaksakan pada anak sendiri. Mengenali dan memahami sifat asli mereka sangat perlu agar mengetahui bagaimana cara mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai kepribadian yang baik. Pengajaran sudah bisa dilakukan semenjak dini, bahkan di usia anak 1 tahun. Dalam masa ini, perkembangan otak anak sudah berkembang pesat. Pelan-pelan mengenalkan mereka pada apa yang baik dan benar, hal ini akan terekam di memori dan membantu pembentukan emosi dan sosialnya kelak.

1 Trackback / Pingback

  1. 7 Tips Memilih Camilan Praktis untuk Balita

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*