Mengintip Perkembangan Janin Usia 31 Minggu

Perkembangan Janin Usia 31 Minggu
Sumber: Pinterest

Ibu-ibu.net – Perkembangan janin usia 31 minggu tentunya telah menunjukkan perubahan yang cukup pesat dan terus berlanjut hingga nanti usia janin dalam kandungan Ibu telah siap untuk memasuki tahapan akhir yakni dilahirkan ke dunia. Semua organ tubuhnya sudah dapat dikatakan terbentuk dengan baik dan lengkap, hingga hampir sempurna.

Perkembangan janin usia 31 minggu atau sama dengan trimester akhir kehamilan Ibu, merupakan periode paling penting dalam proses kehamilan karena dianggap telah cukup matang. Organ vital pada bayi dalam kandungan Ibu pun sudah mulai terbentuk sempurna dan bekerja sebagaimana mestinya, seperti misalnya jantung dan paru-paru. Oleh karena itu, bila ternyata nantinya bayi Ibu lahir lebih cepat dibandingkan dengan waktu perkiraan lahirnya, maka Ibu tak perlu cemas karena bayi tetap bisa terlahir ke dunia dan bertahan hidup. Namun, tenaga medis pasti akan tetap melakukan serangkaian mode pemeriksaan pada bayi Ibu sebagai tindakan pencegahan terhadap hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Berbicara mengenai perkembangan janin usia 31 minggu dalam kandungan Ibu ini, sangat wajar bila Ibu merasa antusias untuk menyambung sang buah hati ke dunia dan sudah menjadi hal yang biasa bila Ibu akhirnya mencoba untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai perkembangan apa saja yang terjadi pada buah hati di dalam kandungan Ibu.

Tahukah Ibu, perkembangan janin usia 31 minggu salah satunya adalah mengenai bobotnya yang sudah menginjak angka 1500 gram dengan panjang dari bagian kepala hingga kaki sekitar 41 cm. Ketika Ibu menginjak usia kehamilan seperti sekarang ini, perkembangan janin usia 31 minggu  akan mulai melambat dibandingkan dengan perkembangan berat tubuhnya yang terus tumbuh secara pesat sesuai dengan kebutuhan gizi dan nutrisi yang Ibu cukupi untuknya. Tak sulit bagi Ibu untuk menentukan kebutuhan gizi dan nutrisi seperti apa ketika hamil, cukup lakukan saja  diet berimbang saat hamil. Pergerakan bayi pun semakin aktif karena ia semakin senang untuk terus mengeksplorasi ruang dalam rahim Ibu. Mereka akan terus memberikan respon berupa tendangan, gerakan, pukulan, hingga dorongan bila Ibu memberinya stimulasi secara rutin, meskipun pertumbuhan lemak pada tubuh bayi akan membuat gerakannya melambat dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Tapi, Ibu tak perlu khawatir selama bayi masih bergerak seperti biasanya, itu tanda bahwa bayi sehat dan baik-baik saja.

Perkembangan janin usia 31 minggu lainnya adalah pergerakan kepala yang sudah mulai bisa ia lakukan dari satu sisi ke sisi lainnya, organ dalam tubuhnya pun sudah semakin matang, dan lapisan lemak di bawah kulitnya terus tumbuh berkembang. Ini yang menyebabkan kulit bayi semakin halus dan mulus. Tak hanya itu, lunago pada tubuh bayi pun akan menghilang seiring waktu. Lunago adalah rambut halus tips yang muncul pada kulit bayi. Rambut halus ini akan menghilang beberapa waktu setelah ia dilahirkan ke dunia. Tak hanya itu, mata bayi Ibu pun sudah mulai menampakkan perkembangan yang menuju kata sempurna karena di tahap ini, ia sudah bisa fokus pada suatu objek. Termasuk perkembangan pada paru-paru meskipun ia akan benar-benar mampu bernapas dengan baik di usia 36 minggu. Kadar cairan pada ketuban Ibu juga akan mengalami peningkatan. Pada tahapan perkembangan janin usia 31 minggu ini, bayi Ibu menelan cairan dari ketuban dan mengeluarkannya sebagai urine. Alat kelaminnya pun sudah terlihat sempurna. Bila bayi Ibu berjenis kelamin perempuan, maka klitorisnya sudah mulai terlihat dan apabila bayi Ibu berjenis kelamin laki-laki, testikelnya mulai turun dari bagian ginjal ke bagian skrotum.

Perkembangan janin usia 31 minggu juga terlihat pada posisinya di dalam rahim yang telah menunjukkan posisi siap untuk dilahirkan. Otak dan saraf utama pada kepalanya pun sudah mulai berkembang dengan baik untuk mempersiakan kelima indera dalam tubuhnya. Seiring dengan adanya perkembangan janin usia 31 minggu di dalam rahim Ibu, tentunya Ibu pun mulai merasakan beragam tanda dan gejala kehamilan yang menyenangkan, seperti misalnya gejala emosional karena gerakan si buah hati di dalam kandungan Ibu. Tak hanya itu, perkembangan janin usia 31 minggu juga akan membuat Ibu semakin menikmati kehamilan karena biasanya di usia ini, para ibu hamil sudah mulai mempersiapkan rumah dan merencanakan ruang untuk buah hati hingga membeli segala perlengkapannya setelah dilahirkan ke dunia. Jangan sungkan untuk meminta saran sahabat terdekat maupun pasangan ketika Ibu berencana membeli perlengkapan bagi calon buah hati yang tak lama lagi akan hadir di tengah keluarga, melengkapi momen paling bahagia dalam hidup Ibu.

Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*