Ngabuburit Kekinian Bunda Juga Harus Cari Pengetahuan

makanan pendamping ASI
Sumber: CBC

Ibu-ibu.net – Mengisi waktu luang sebelum berbuka puasa atau yang sering disebut dengan istilah ngabuburit, biasanya diisi dengan mengobrol, menonton TV, bermain dengan si kecil, dan kegiatan-kegiatan sederhana lainnya. Sebagai alternatif, pernahkah Bunda kepikiran untuk mengisi waktu ngabuburit dengan belajar? Tentunya bukan belajar matematika ya, Bun. Untuk mengisi waktu itu, Bunda bisa belajar banyak hal, misalnya: mengolah makanan pendamping ASI, mengasah bakat si kecil, ataupun berlatih menyalurkan kreativitas lewat makanan dan lain sebagainya.

Mengolah MPASI atau pendamping ASI si kecilnampaknya menjadi aktivitas yang susah-susah gampang. Kalau buat Ibu Muda atau istilah kekiniannya, Mamah Muda, beberapa hal perlu diperhatikan supaya makanan pendamping ASI itu jadi optimal. Misalnya, apakah campuran wortel, brokoli, dan hati ayam bisa meningkatkan nafsu makan si kecil? Atau mungkin dalam kasus lain, Bunda kerap bertanya-tanya, “Buah apa ya yang paling enak dijadikan bubur buat si kecil?” Nah, hal-hal semacam itu bisa Bunda jawab dengan membaca buku mengenai makanan pendamping ASI, melakukan browsing lewat google atau sosial media, dan bahkan bertukar ide dengan Bunda-bunda yang lain.

Tentunya waktu yang pas untuk melakukan hal tersebut di bulan puasa adalah saat Bunda sedang ngabuburit menunggu buka puasa. Ketika suasana santai, anggota keluarga berkumpul, dan berbagai jawaban bisa langsung didapatkan. Coba deh Bunda bayangkan, ketimbang menghabiskan waktu di depan TV dan menonton acara-acara yang kurang bermanfaat, bukannya lebih baik cari tambahan ilmu buat si kecil, ya???

Selain mempelajari tentang makanan pendamping ASI, tidak ada salahnya waktu luang Bunda diisi dengan mengenali cara-cara melatih bakat si kecil. Sejak dini, si kecil umumnya sudah menunjukkan tanda-tanda tertentu yang bisa menggambarkan bakatnya. Sebagai contoh, anak yang seringkali bertanya dan bermain dengan puzzle, memiliki kecenderungan untuk berbakat dalam kemampuan berhitung atau matematik. Bunda yang memiliki buah hati seperti itu harus  bisa memberikan pola asuh yang tepat agar bakat si kecil dapat terbentuk dan terasah dengan baik. Dalam contoh di atas, Bunda dapat mengajarkan si kecil untuk bermain bongkar pasang, atau mengajak anak untuk bermain teka-teki.

Berbagai macam tanda-tanda bakal si kecil hanya dapat dilihat jika Bunda mendampingi dan mulai mempelajari kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Dengan ngabuburit bersama si kecil dan mendampinginya dalam bermain, Bunda juga dapat mengamati pola kegiatan seperti apakah yang cenderung dilakukan si kecil dengan penuh perhatian. Apakah itu kegiatan berhitung? Bermain musik? Berdialog? Atau kegiatan-kegiatan lain?

Nah, selain contoh-contoh di atas, Bunda juga bisa lho mengisi waktu ngabuburit dengan menyalurkan kreativitas lewat makanan. Waktu ngabuburit bagi Bunda memang identik dengan menyiapkan makanan, sibuk di dapur dan mondar-mandir untuk menyajikan hidangan. Terkadang, hal itu nampak melelahkan, kan? Perlu Bunda perhatikan bahwa dalam satu hari penuh, setelah berpuasa, waktu Bunda tidak hanya dihabiskan untuk anak dan keluarga. Coba sesekali Bunda salurkan rasa jenuh itu dalam bentuk kreativitas yang disalurkan lewat hidangan berbuka. Bunda dapat menghias makanan maupun minuman yang disajikan untuk berbuka. Misalnya, nasi goreng santapan buka puasa dihias dengan berbagai topping seperti telur, mie, atau sosis dengan penataan sedemikian rupa sehingga membentuk suatu karakter. Bentuk kreativitas lain misalnya dengan membuat takjil berupa pudding hias 3D yang saat ini sedang kekinian. Semua inspirasi dapat dengan mudah Bunda temukan dengan internet.

Intinya, banyak hal yang bisa Bunda lakukan buat mengisi waktu ngabuburit selama bulan puasa. Menyalurkan kreativitas hanyalah salah satunya. Contoh lain yang dapat Bunda lakukan adalah dengan mempelajari tumbuh kembang si kecil atau mulai update dengan berbagai menu kekinian untuk makanan pendamping ASI si kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*