Olahraga Ibu Hamil Saat Memasuki Trimester 3 Kehamilan

olahraga ibu hamil
Source: Glamcheck

Ibu-ibu.net – Sampai saat ini sudah ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan berolahraga maka masa-masa kehamilan dapat  dilewati lebih nyaman dan aman. Berbagai keluhan selama kehamilan dapat diatasi, proses persalinan juga akan lebih mudah. Olahraga ibu hamil memang sangat banyak macamnya. Namun Anda juga perlu minta saran persetujuan dokter sebelum berlatih.

Olahraga Ibu Hamil Untuk Menjaga Keseimbangan Tubuh

Berikut ini beberapa macam olahraga untuk ibu yang sedang hamil untuk menjaga keseimbangan tubuh;

– Angkat Beban

Dalam melakukan olahraga ini Anda harus mengawali dan mengakhiri dengan peregangan. Gerakkan seluruh tubuh supaya semua otot bergerak. Lakukan dari intensitas ringan hingga sedang. Jangan mengerahkan tenaga berlebihan karena akan menggangu sirkulasi darah janin.

Manfaat dari oleharaga ini yaitu jika menggunakan alat bantu berupa dumble, maka dapat membantu mempertahankan kelenturan dan kekuatan, sehingga bisa mengurangi keluhan rasa nyeri dan sakit saat hamil. Disamping itu latihan ini juga baik untuk menyiapkan tubuh mengangkat beban berat setelah bayi lahir.

– Yoga

Pada umumnya, beberapa gerakan prenatal yoga akan mempersiapkan ibu untuk dapat melalui kehamilan dan persalinan dengan nyaman, baik fisik ataupun emosional. Misalnya saja seperti  gerakan-gerakan untuk menguatkan kaki, berfungsi supaya selama kehamilan kaki tidak sering kram. Sebaiknya cara ini diikuti sejak kehamilan trimester pertama.

Manfaat dari yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil yaitu dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh Anda.  Bisa juga untuk melenturkan tubuh sehingga nyeri sendi yang sering dirasakan ibu hamil sinar.  Anda juga dapat mempelajari teknik pernapasan supaya selalu relaks dan fokus selama hamil.

– Pilates

Beberapa gerakan pilates sangat menekankan fleksibilitas, ketahanan otot, dan juga keseimbangan. Hal inilah yang akan sangat membantu ibu saat melahirkan bayinya nanti.   Manfaat dari pilates yaitu akan menguatkan seluruh bagian tubuh, terutama otot-otot perut dan panggul. Ua bagian tubuh ini yang sangat berperan saat Anda melahirkan, bukan?

Pilihan Olahraga Ibu Hamil yang Aman Dilakukan

Memang sudah merupakan hal wajar, membesarnya ukuran perut di trimester ketiga kehamilan akan  membuat gerakan Ibu jadi lebih terbatas. Akan tetapi, jangan jadikan ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan dan menghindari olahraga. Sebab, bila dilakukan secara rutin, olahraga membawa banyak manfaat untuk Ibu hamil. Di antaranya yaitu membantu mengurangi pegal-pegal pada tubuh karena aliran darah kurang lancar, menjaga kestabilan mood, dan membantu memperkuat beberapa otot tubuh bagian bawah sehingga Ibu lebih siap dalam menghadapi proses persalinan nantinya. Berikut ini beberapa olahraga yang juga baik dilakukan untuk ibu hamil;

– Berjalan Kaki Serta Melakukan Peregangan

Olahraga ini baik dilakukan dengan santai maupun dalam ritme yang cukup cepat, berjalan kaki dianggap sebagai salah satu bentuk olahraga terbaik bagi Ibu hamil. Sebab, gerakan sederhana ini dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh sehingga oksigen dan sari-sari makanan bisa terdistribusi dengan lancar. Di samping itu, berjalan kaki selama 20 sampai 30 menit setiap pagi secara teratur juga dapat melemaskan persendian di tubuh Ibu dan mencegah terjadinya kram atau kaku otot.

Yang harus Anda perhatikan, hindari memilih jalan dengan medan yang sulit dan justru akan membuat celaka. Misalnya, jalan yang cukup  licin atau terlalu terjal. Disamping itu, gunakan juga jenis alas kaki yang tepat dan ukurannya sesuai dengan kaki agar nyaman ketika berjalan kaki. Sepatu dengan hak rendah yang kokoh dan lebar serta memiliki sol dari karet, adalah jenis sepatu yang banyak dianjurkan untuk ibu hamil. Sedangkan, untuk ukuran Anda disarankan memilih sepatu yang berukuran satu tingkat lebih besar daripada  sepatu yang Anda kenakan pada masa pra kehamilan, karena biasanya ibu hamil mengalami pembengkakan pada area kaki.

– Melakukan Senam Hamil

Seperti namanya, senam hamil ditujukan untuk para Ibu yang tengah mengandung. Karenanya, selain bertujuan menjaga kebugaran tubuh, gerakan-gerakan pada senam ini juga didesain untuk mempersiapkan tubuh Ibu menghadapi proses persalinan nanti. Dalam senam hamil, biasanya juga terdapat latihan kegel. Latihan ini berguna untuk memperkuat dan melenturkan otot panggul agar jalan lahir bayi dapat terbuka dengan baik.

Jika jalan lahir bayi terbuka dengan baik, proses melahirkan dapat  lebih mudah sehingga bisa meminilamisir kemungkinan harus dilakukannya prosedur episiotomi atau menyayat bagian antara jalan lahir bayi dan anus Ibu agar robekan pada bagian vagina tidak terlalu besar. Agar manfaat yang Anda rasakan dari senam ini lebih optimal, maka disarankan untuk melakukannya secara teratur 2 sampai  3 kali seminggu.

Manfaat lainnya, senam hamil juga dapat membuat Ibu merasa lebih santai jika dilakukan secara berkelompok.  Sebab, Anda bisa mendapatkan teman untuk berbagi cerita tentang kehamilan dan berkonsultasi dengan sesama Ibu hamil yang bisa jadi lebih berpengalaman.

– Berenang Atau Olahraga Air

Jika Anda bosan dengan jalan santai dan senam hamil, Anda dapat memilih olahraga air yang menyenangkan ini. Selain memungkinkan Ibu berolahraga tanpa khawatir tubuh terasa gerah, berenang juga layak jadi olahraga pilihan di trimester ketiga kehamilan sebab minim risiko cedera. Berenang juga bisa melatih pernapasan, sehingga dapat  membantu memperlancar proses persalinan kelak. Sebab, ketika berenang, Anda harus dapat mengatur kapan waktunya mengambil napas, menahan napas, dan mengeluarkan napas.  Di trimester ketiga kehamilan, Olahraga ibu hamil ini bisa dilakukan  2 sampai 3 kali seminggu dengan durasi 20 – 30 menit per sekali berenang.

1 Trackback / Pingback

  1. “Me Time” Dengan Relaksasi Untuk Persiapan Menyambut Bayi | BeritaCampur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*