Penuhi Dulu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil agar Bisa Puasa

Penuhi Dulu Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil agar Bisa Puasa

Puasa selama bulan suci Ramadhan, memang kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap umat muslim. Termasuk juga para Ibu hamil, pastilah tidak ingin melewatkan bulan ini untuk meningkatkan ibadah sebanyak-banyaknya dan tidak ketinggalan melakukan puasa. Namun, ada kondisi yang harus diperhatikan oleh para ibu hamil dalam melakukan puasa. Bukan hanya memikirkan tentang kondisinya saja, namun juga janin yang ada di dalam kandungannya. Memang, tidak apa-apa jika seorang ibu hamil tidak berpuasa, selama nutrisi sebagai makanan sehat untuk ibu hamil tetap terjaga. Tetapi, jika pun ingin tetap menjalankan ibadah wajib selama ramadhan ini, ternyata manfaatnya juga banyak, lho …

Berikut ini ada 7 manfaat berpuasa bagi ibu hamil yang perlu diketahui. Namun, sebelum ingin melakukan puasa, pastikan dulu kebutuhan nutrisi dan makanan sehat untuk ibu hamil tidak akan terganggu dan selalu terpenuhi.

1. Menstabilkan insulin dalam tubuh

Saat ibu hamil melakukan puasa, karbohidrat yang diserap oleh tubuh akan diterima lebih baik ketimbang pada saat tidak berpuasa. Hal ini tentu saja sangat baik bagi ibu yang memiliki kadar insulin berlebih. Dengan berpuasa, insulin yang ada di dalam tubuh akan menjadi lebih stabil sehingga kadar gula dalam darah bisa menjadi lebih baik

2. Menjaga berat badan

Pada saat berpuasa, berarti ada rentang waktu yang lama dimana kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga berat badan selama kehamilan. Karena saat berpuasa, tubuh akan membakar cadangan lemak yang ada di dalam badan menjadi energi. Sehingga akan membantu ibu terhindar dari obesitas selama kehamilan.

3. Memperbaiki kualitas sel tubuh

Selama masa kehamilan, perubahan hormon pada wanita seringlah terjadi. Dengan melakukan puasa, dimana metabolisme menjadi lebih baik dan makan menjadi teratur, hal ini akan membantu sel tubuh bekerja lebih efektif dan mampu melakukan regenarasi lebih baik lagi.

4. Mengatur pola makan

Pada saat hamil, perubahan hormon dan juga mood akan membuat ibu memiliki keinginan lebih dalam mengkonsumsi makanan. Dengan ikut berpuasa, pola makanan akan menjadi lebih teratur dan asupan makanan yang tidak seimbang akan lebih terkontrol. Pola makan yang lebih baik akan membuat nutrisi dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna.

5. Meningkatkan fungsi otak

Pada saat ibu puasa, protein di dalam otak ibu jumlahnya akan meningkat. Hal ini sangat membantu dalam memproduksi neuron baru, sehingga sistem saraf bekerja menjadi lebih sehat. Protein juga sangat membantu dalam melindungi otak dari memori buruk dan menghindarkan dari penyakit alzheimer

6. Membuang racun dalam tubuh

Seperti yang sudah banyak kita ketahui, dengan pola makan yang teratur selama puasa dan rentang waktu untuk tidak makan dalam jangka waktu yang lama, dapat menjadikan tubuh melakukan detox secara alami. Hal ini sangat bagus dalam mengeluarkan racun-racun jahat dalam tubuh. Racun tersebut akan disimpan di dalam lemak dan saat berpuasa lemak tersebut akan dibakar untuk dijadikan enegi ataupun dilepaskan melalui hati.

7. Membuat hati lebih tenang dan rileks

Puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum saja, tetapi juga mengendalikan hawa nafsu dan juga emosi. Seorang ibu hamil pastilah memiliki tingkat perubahan mood yang tinggi sehingga membuat emosinya tidak stabil. Dengan berpuasa, dengan sendirinya emosi yang meledak-ledak akan lebih terkontrol dengan sendirinya. Karena kesadaran diri akan makna dari puasa itu sendiri. Hal ini akan sangat baik untuk membuat jiwa menjadi lebih tenang dan suasana hati nyaman.

Puasa memang memberikan manfaat yang sangat besar bagi ibu hamil, namun begitu jangan memaksakan diri untuk melakukannya. Apalagi jika makanan sehat untuk ibu hamil tidak dapat terpenuhi. Hal ini bisa menganggu kesehatan ibu dan juga perkembangan janin dalam kandungan. Ada baiknya, jika memang ingin melaksanakan puasa, Ibu melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*