Perkembangan Sensorik Bayi 10 Bulan

perkembangan bayi 10 bulan
Sumber: Sheknows.com

Ibu-ibu.net – Perkembangan bayi 10 bulan sudah mulai pesat. Ibu mungkin berharap bayi tumbuh cepat dan sudah bisa melakukan berbagai gerakan. Di usia ini, bayi 10 bulan sudah mulai berdiri bahkan berjalan. Namun ada pula pertumbuhan bayi 10 bulan yang lebih lambat. Ini dikarenakan setiap bayi itu unik dan berbeda. Misalnya saja masih ada bayi 10 bulan yang baru merangkak. Ibu tak perlu cemas! Tetaplah berikan stimulus untuk tumbuh kembang bayi sesuai tahapannya. Tak lupa lengkapi nutrisinya dengan makanan bergizi seimbang. ASI saja tak lagi menyukupi kebutuhan nutrisi bayi 10 bulan. Makanan pendamping sudah bisa diberikan setelah bayi berusia 6 bulan.

Perkembangan pada bayi usia 10 bulan yang paling sering diperhatikan adalah perkembangan fisik dan motorik. Padahal perkembangan motorik bukan satu-satunya jenis perkembangan yang harus diamati Ibu pada tahap tumbuh kembang bayi. Biasanya kegiatan seperti merangkak, berdiri, melangkah, dan berjalan dijadikan patokan utama perkembangan bayi 10 bulan. Namun sebenarnya itu bukan patokan utama, selain fisik dan motorik, Ibu juga harus mengamati perkembangan sensorik, kognitif, dan emosional bayi usia 10 bulan.

Berikut ini adalah beberapa contoh perkembangan sensorik bayi 10 bulan, yaitu :

  1. Bayi usia 10 bulan mulai mengenal namanya. Perhatikan reaksi bayi Ibu ketika nama mereka dipanggil. Mereka akan menoleh dan berusaha mendekat ketika namanya dipanggil. Hal ini menunjukkan keterampilan ingatan dan fisik bayi telah berkembang dengan sangat baik.
  2. Kini bayi Ibu mulai mengenali orang-orang yang dekat dengan keluarga dan juga orang asing. Biasanya mereka akan menolak jika diajak orang asing dan lebih memilih ikut dengan orang yang sudah dikenalnya. Bahkan kadang kelekatan dengan orangtua membuat mereka menangis ketika Ibu pergi meninggalkannya walaupun hanya sebentar.
  3. Bayi usia 10 bulan sudah bisa mengenali isyarat seperti kata-kata Ibu ketika akan pergi atau ketika akan bermain. Mereka sudah mulai memahami perkataan Ibu dan orang-orang di sekitarnya.
  4. Bayi Ibu sudah mulai mengenal perintah yang diberikan oleh orang dewasa walau belum sepenuhnya bisa mengerti dan melaksanakan perintah tersebut.
  5. Kepribadian bayi usia 10 bulan sangat lucu. Mereka bisa tersenyum atau tertawa ketika bertemu orang asing. Sebagian bayi juga mulai menunjukkan rasa malu.
  6. Di usia ini, bayi sudah bisa menunjukkan rasa suka dan tidak suka ketika bermain atau bertemu dengan orang lain. Bayi Ibu mulai memilih mainan kesukaan untuk bermain.
  7. Bayi usia 10 bulan sudah bisa menunjukkan reaksi ketika ada suara yang muncul di lingkungan sekitar. Reaksi tersebut bisa berupa reaksi bingung, takut atau senang. Ibu bisa mencoba menirukan suara binatang dan pura-pura bersembunyi dari kejauhan. Bahkan mereka akan akan mencoba menirukan suara-suara tersebut.

Selain untuk menunjang tumbuh kembang fisiknya, bayi juga membutuhkan nutrisi untuk perkembangan otaknya. Perkembangan sensorik bayi 10 bulan akan lebih pesat dan optimal jika Ibu selalu memberikan stimulus yang berkelanjutan sesuai usia. Berikan juga makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, kolin, omega 3, asam folat, vitamin, dan zat besi.

Ibu bisa memberikan makanan yang lebih padat dari pada saat usia 6-8 bulan, misalnya kentang tumbuk, telur, yogurt, biskuit, sereal, pasta dan potongan buah serta sayur. Uji coba aneka resep makanan ya, Bu. Sehingga bayi Ibu tidak mudah bosan dan dapat merangsang indera perasanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*