Ketahui Posisi Tidur Untuk Ibu Yang Hamil Muda

Saat hamil muda biasanya akan menjadi saat yang aware sekali, apalagi untuk ibu yang baru pertama kali hamil. Berbagai cara dilakukan agar kehamilan di trisemester pertama aman dan baik-baik saja, karena sudah umum bahwa kehamilan pada trisemester pertama ini adalah usia yang riskan baik untuk ibu ataupun untuk calon janin itu sendiri. Dan posisi tidur ibu hamil pun bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kenyamanan sang ibu. Apalagi di bulan puasa ini sudah umum juga kalau siang hari adalah waktu yang tepat untuk istirahat, tidur siang salah satunya. Oleh sebab itu posisi tidurnya pun perlu diperhatikan agar tidak pusing saat bangun.

Berbicara mengenai posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda, terkadang masih saja ada ibu yang merasa bingung posisi tidur bagaimana? Aman dan nyaman tidaknya janin didalam perut? Untuk Anda yang sedang hamil muda, ini merupakan salah satu bentuk kekhawatiran. Untuk ibu hamil dapat berisitirahat dengan berbagai posisi tidur ibu hamil apapun pada kehamilan trimester pertama di bulan puasa ini karena yang terpenting untuk ibu kenyamanan. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan posisi tidur tersebut, karena Tuhan sudah dengan baiknya merancang tubuh Anda dengan baik juga dengan kandungan.

Informasi menariknya adalah Anda jangan pernah merasa tidak nyaman dengan janin dalam kandungan karena kandungan Anda terdapat cairan air ketuban dan ruang tersediri bagi janin sehingga ia dapat bergerak dengan bebas di dalam kandungan. Namun bila Anda tetap penasaran dengan posisi tidur yang baik untuk Anda juga janin dalam kandungan, berikut ini ada beberapa ulasan untuk Anda, diantaranya adalah:

Telentang
Untuk ibu hamil muda posisi tidur ini dapat Anda lakukan, karena dengan posisi tidur telentang ini Anda akan merasa nyaman. Namun sayangnya posisi tidur telentang tidak dianjurkan untuk Anda yang sedang hamil memasuki usia 4 bulan, hal tersebut dikarenakan ukuran perut yang sudah mulai membesar. Posisi tidur ini akan membuat beban rahim bertumpu pada bagian belakang tubuh Anda termasuk vena cava inverior dan juga pada usus. Bila Anda tetap tidur dengan posisi ini, Anda akan mengalami banyak keluhan, diantaranya adalah keluhan sakit pinggang, wasir, gangguan pencernaan bahkan dapat berpengaruh terhadap tekanan darah Anda.

Tengkurap
Bagi ibu hamil yang masih muda, ukuran perut Anda belum mengalami perubahan yang berarti. Tidur dengan menggunakan posisi tengkurap ini masih cukup aman untuk Anda. Tapi akan tampak perubahan fisik pada diri Anda yang sedang hamil diantaranya adalah ukuran payudara yang bertambah besar, sehingga bila Anda tidur dengan posisi ini akan terasa kurang nyaman. Posisi tidur ini juga tidak disarankan untuk Anda yang memiliki usia kandungan 4 bulan, hal tersebut dapat mempengaruhi kelancaran peredaran darah yang akan mengganggu kenyamanan baik untuk Anda ataupun janin. Bahkan dapat menyebabkan mual berlebih.

Posisi tidur miring
Posisi tidur miring ini adalah posisi yang paling disarankan untuk digunakan oleh ibu hamil. Karena Anda akan merasakan beberapa manfaat dari posisi tidur ini. Diantaranya adalah: memperlancar peredaran darah, fungsi ginjal menjadi lebih baik dalam mengeluarkan sisa sisa kotoran menjadi lebih maksimal, dan yang pasti Anda tidak akan mengalami beberapa risiko yang ditimbulkan seperti kedua posisi tidur diatas. Dan berhubungan dengan kelancaran peredaran darah yang ditimbulkan oleh posisi tidur miring, ternyata posisi ini juga mempengaruhi tumbuh kembang janin. Tidak lain adalah peredaran darah yang lancar memberikan asupan nutrisi bagi janin dengan baik pula. Tidak ada masalah untuk posisi tidur miring ke kiri atau pun ke kanan karena keduanya baik untuk Anda. Oleh sebab sangat disarankan untuk Anda tidur dengan posisi tidur miring, hal tersebut dilakukan untuk kenyamanan sang ibu dan janin dalam kandungan.

Nah bagaimana? Anda tidak perlu lagi khawatir dengan posisi tidur ibu hamil yang sesuai dengan kebutuhan. Tidur siang atau tidur malam saat berpuasa tetap nyaman meski saat hamil muda.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*