Resep Makanan Bayi: Tim Daging Sapi

Resep makanan bayi
Source: pixabay.com

Daging merah seperti daging sapi mengandung banyak sekali manfaat. Selain itu daging merah juga juga memilki cita rasa yang enak. Daging merah mengandung banyak sekali zat gizi, yaitu protein, lemak, energi, vitamin D, vitamin B, zat besi, dan asam lemak omega 3. Daging dapat diberikan kepada bayi sejak ia telah diberikan makanan pendamping oleh sang ibu. Mengingat daging mengandung banyak protein yang jika tidak diperhatikan dapat membebani ginjal, maka berikan resep makanan bayi yang mengandung daging secara bertahap sesuai dengan usia bayi.

Pada saat bayi berusia 8 bulan ke atas, selain diberi ASI bayi akan dikenalkan dengan aneka makanan yang kaya rasa seperti bubur. Bubur yang baik untuk bayi tentunya memiliki tekstur lembut dan bergizi. Tidak semua jenis bubur dapat dikonsumsi oleh bayi usia 8 bulan ke atas sehngga Anda harus pintar-pintar memilih bubur yang tepat untuk bayi Anda. Hal ini juga berpengaruh kepada sang bayi agar dapat lebih mengenal makanan lebih baik.

Banyak sekali bahan sayuran, buah, daging, ikan, atau bahan lainnnya yang dapat diolah menjadi bubur bayi. Contoh bubur bayi antara lain bubur susu, bubur wortel, bubur jagung susu, bubur sayur brokoli, bubur kacang hijau yang dilembutkan, dan bubur daging. Namun Ibu harus ingat bahwa Anda tidak dapat sembarangan memberikan sang buah hati makanan bubur. Pengolahan bubur haruslah sesuai dengan usia bayi, lembut, dan kebersihannya pun harus harus terjaga.   

Apabila bayi Anda belum memiliki gigi, berikan daging cincang yang halus. Namun apabila bayi sudah memiliki gigi dan sudah dapat memakan biskuit dan buah-buahan, Anda dapat memberikan memberikan daging yang dipotong kecil-kecil. Selain memberikan daging merah, Ibu juga harus tetap menyeimbangkan asupan nutrisi si Kecil

Resep makanan untuk bayi haruslah sehat dan penuh gizi untuk mendukung pertumbuhannya. Tim daging sapi dapat menjadi pilihan menu MPASI. Ibu juga dapat mencoba membuat bubur sendiri di rumah. Berikut adalah cara mudah membuat tim daging sapi.

Bahan:

  1. 1 sendok makan daging sapi
  2. 20  gram beras
  3. 25 gram brokoli
  4. 2 sendok santan kental
  5. 50 gam tahu putih
  6. 1 butir telur
  7. 25 gram wortel
  8. ¼ sendok teh garam
  9. 650 ml air

Cara membuat tim daging sapi:

  1. Siapkan semua alat dan bahan
  2. Cuci beras hingga bersih
  3. Cincang hinggga halus daging sapi
  4. Kupas wortel, cuci bersih, dan parut
  5. Cincang halus brokoli
  6. Rebus beras dengan air bersih
  7. Masukkan daging sapi dan tahu ke dalam beras sambil diaduk hingga menjadi bubur
  8. Tambahkan telur dan aduk terus hingga telur matang
  9. Masukkan brokoli, wortel, santan, dan garam
  10. Aduk hingga rata dan kukus hingga matang

Bila kita lihat dari komposisi bahannya, resep bubur daging ini sudah memenuh syarat untuk diberikan kepada bayi Anda. Selain menggunakan daging dan beras sebagai bahan utamanya, bubur ini juga ditambahkan brokoli, wortel, tahu, dan  telur. Kandungan gizi pada setiap bahan-bahannya tentu akan berdampak baik bagi bayi Anda.

Daging yang dicincang lembut dengan tekstur bubur yang lembut tentu akan membuat bayi Anda menyukainya. Namun beberapa bayi juga ada yang pilih-piih dalam makanan. Oleh karena itu, Ibu dapat memilih bahan-bahan bubur yang disukai buah hati Anda dalam resep makanan bayi dengan tetap memperhatikan kandungan gizinya.  

Meski sudah diberi MPASI, ASI tetaplah makananan utama karena ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan bayi serta sebagai pelindung dari berbagai penyakit.

1 Trackback / Pingback

  1. Aneka Nasi Tim Bayi yang Terbuat dari Sayuran | BeritaCampur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*