Tahapan Perkembangan Janin Usia 28 Minggu Ibu Perlu Tahu

Perkembangan Janin Usia 28 Minggu
Sumber: Pinterest

Ibu-ibu.net – Ketika proses kehamilan Ibu telah memasuki usia 7 bulan, maka perkembangan janin usia 28 minggu tersebut dapat dikatakan sudah mendekati kata sempurna. Tak sedikit ibu hamil yang menantikan janinnya berusia 7 bulan atau 28 minggu. Hal ini disebabkan perkembangan janin usia 28 minggu sudah mirip layaknya manusia kecil yang bersemayam di dalam rahim Ibu. Semua organ janin pun telah tumbuh lengkap dan mendekati sempurna.

Beberapa adat dan budaya di Indonesia, seringnya mengadakan acara syukuran bagi ibu hamil dan bayinya yang disebut acara tujuh bulanan. Ketika seorang ibu hamil berada di usia kehamilan ini, biasanya mereka sudah mulai berburu perlengkapan bayi untuk menyambut kehadiran sang buah hati.  Seperti yang Ibu tahu, ruh janin telah ditiupkan ke raganya sejak usia 4 bulan, hingga kemudian pada usia 7 bulan janin sudah mendekati sosok manusia yang sempurna. Salah satu perkembangan janin usia 28 minggu yang paling menonjol adalah gerakan janin yang lebih aktif dan cepat bila dibandingkan dengan usia sebelumnya. Ibu pun sudah bisa merasakan tendangan lembut kakinya dan juga gerakan tangan mungil di dalam perut, malah terkadang lengan dan kaki janin bisa menyebabkan permukaan perut Ibu terlihat tidak rata dan bergelombang membentuk sesuatu yang unik dan menggemaskan.

Ibu hamil tentunya wajib memantau perkembangan janin usia 28 minggu yang ada di dalam kandungannya ini. pemantauan tersebut merupakan salah satu hal penting dalam proses kehamilan karena bertujuan untuk mengetahui apakah janin yang ada di dalam rahim Ibu berkembang sesuai dengan usia kehamilan atau tidak. Berikut perkembangan janin usia 28 minggu yang patut diketahui oleh para ibu hamil dalam masa kehamilannya :

Salah satu perkembangan janin usia 28 minggu adalah adanya penumpukan jaringan lemak pada janin. Lemak-lemak ini disebut dengan verinix yang menutupi kulit janin, dengan tujuan agar kulit janin tidak basah karena cairan ketuban. Verinix juga berfungsi untuk menghangatkan tubuh janin meski ada di dalam cairan ketuban.

Otak dan fungsinya sudah mulai berkembang pesat dan ini merupakan salah satu ciri perkembangan janin usia 28 minggu. Permukaan otak pun mulai berkerut untuk membentuk jaringan yang lebih sempurna dari sebelumnya. Otak dilengkapi dengan jutaan sel syaraf yang terlapisi oleh lemah, sehingga proses penyampaian rangsangan dapat diterima otak secara cepat dan tepat. Otak janin mengalami perkembangan mulai usianya menginjak 7 bulan hingga nanti ketika telah lahir berusia 5 tahun.

Ketika Ibu melakukan USG di usia kehamilan ini, maka dapat dipastikan bahwa Ibu sudah bisa mengetahui jenis kelamin dari janin yang tengah Ibu kandung. Ini merupakan ciri perkembangan janin usia 28 minggu. Namun, jangan terlena karena hal ini belum tentu pasti. Jika janin terlihat pada USG berjenis kelamin perempuan, maka jenis kelaminnya itu masih bisa berubah menjadi laki-laki, sedangkan jika jenis kelaminnya laki-laki maka sudah dapat dipastikan tidak akan berubah lagi. Mengapa demikian? Karena ketika USG berhasil mendeteksi bahwa jenis kelamin janin perempuan, bisa saja saat itu penisnya belum muncul sehingga tidak terlihat.

Tahukah Ibu bahwa perkembangan janin usia 28 minggu masih sangat banyak, seperti di antaranya bila janin berjenis kelamin laki-laki maka kantong skrotum-nya mulai terbentuk dan membuat rahim berada sekitar 8 cm di atas pusar, janin sudah bisa bermimpi, gerakan dan denyut jantung janin semakin kuat dan terdengar lebih keras, berat sudah lebih dari 1000 gram dan panjang mencapai 35-38 cm, rambut kepala hingga alis pun sudah tumbuh dan terbentuk sempurna. Tak hanya itu, perkembangan janin usia 28 minggu sudah memiliki kemampuan indera penglihatannya karena selaput yang menutupi bola mata telah hilang. Di dalam rahim, janin hanya bisa melihat uterus Ibu, dan kondisi uterus yang gelap dan terkadang juga terang ini membuat janin bisa membedakan kapan siang dan kapan malam.

Demikian perkembangan janin usia 28 minggu yang tengah Ibu kandung. Tetap perhatikan kondisi Ibu dengan mencukupi nutrisi tubuh selama kehamilan agar kesehatan Ibu dan janin pun tetap terjaga hingga tiba masa persalinan nantinya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*