Tips Memperkenalkan Puasa Bagi Si Kecil

tumbuh kembang anak
Sumber: Mom Junction

Ibu-ibu.net – Memasuki bulan Ramadhan, anak-anak mungkin mulai bertanya-tanya, “kenapa papa dan mama tidak makan?”. Rasa penasaran yang menandakan tumbuh kembang anak positif ini janganlah diabaikan. Justru pertanyaannya bisa dijadikan langkah positif memperkenalkan puasa bagi si kecil. Yuk simak tipsnya.

  1. Jangan memaksa mereka berpuasa penuh

Biasanya anak ingin ikut orang tua biar terlihat “keren”. Tetapi buat si kecil yang baru pertama kali, kemungkinan bisa gak tahan. Kalau dipaksakan malahan bisa jatuh sakit dan mengganggu pertumbuhan si kecil. Jadi bisa dimulai dengan puasa setengah hari atau beberapa jam aja.

  1. Kasih opsi puasa makanan tertentu saja

Menahan nafsu berarti menjauhi makanan yang disukai. Nah, ajarkan si kecil untuk memilih makanan favorit dia dibanding tidak makan sama sekali. Misalkan dia suka coklat dan permen, maka si kecil belajar menahan diri dari coklat dan permen selama 30 hari.

  1. Berikan hadiah ketika mereka berhasil

Iming-iming hadiah akan membuat si kecil lebih bersemangat dalam melakukan ibadah puasa. Jadi berikan dia hadiah bila dia berhasil melewati 30 hari tanpa merengek minta makanan favoritnya. Memberikan hadiah adalah salah satu tips positif yang mendukung si kecil ingin terus bertumbuh dan menjadi pribadi yang semakin baik. Dan pastikan ayah dan bunda memenuhinya ya. Bila tidak memenuhi akan mengurangi rasa percaya anak pada orang tua.

  1. Menyiapkan sahur dan buka puasa bersama

Waktu berkualitas adalah kesempatan bagi ayah dan bunda untuk memperkenalkan banyak hal ke si kecil. Salah satunya adalah menyiapkan sahur dan buka puasa. Di masa-masa ini ayah bunda bisa menjelaskan apa itu ramadhan, sahur, buka puasa, pentingnya sholat dan sebagainya. Siapkan juga makanan-makanan favoritnya untuk buat dia semangat memasak. Siapa tahu si kecil menjadi salah satu chef ternama di kemudian hari.

  1. Melibatkan Si Kecil dalam tradisi ramadhan

Di setiap ramadhan selalu kita isi dengan berbagai tradisi. Sebut saja mendekorasi rumah, membuat kue-kue untuk lebaran nanti dan lain-lain. Bunda bisa mengajak si kecil membantu mereka dekorasi atau bikin kue bersama. Mereka pastinya akan merasakan dan merindukan suasannya setiap tahun.

  1. Mendengar lagu ramadhan

Bunda bisa menyetel lagu-lagu ramadhan untuk didengar si kecil. Alasannya, si kecil bisa lebih mengerti hikmah dari ramadhan. Jadi mereka bisa belajar dari lagu-lagu merdu dan menyejukkan hati. Selain itu, kegiatan mendengarkan lagu tentu lebih asyik dibandingkan mendengarkan cermahan Anda.

  1. Mengajak si Kecil menulis diari Ramadhan

Si kecil tentunya sangat suka menulis atau menceritakan kembali hal-hal baru yang dia pelajari. Bunda bisa memberikan buku tulis dan mengajar si kecil menuliskan pengalaman sehari-harinya. Ketika menulis kembali apa yang dia alami dan pelajari, dia bisa lebih cepat menangkap makna Ramadhan. Selain itu kegiatan ini juga merangsang sisi kreatifitas mereka.

  1. Melakukan kegiatan sosial

Beramal tentunya tidak boleh dilewatkan pada masa bulan puasa. Bunda bisa mengajak si kecil untuk mengunjungi panti asuhan dan panti jompo untuk mengajari si kecil berbuat kebajikan terhadap sesama. Bunda juga membuka rumah dan mengundang orang-orang tidak mampu untuk berbuka bersama atau mengajak si kecil bersedekah. Kegiatan ini akan meningkatkan rasa empati pada si kecil dan mendidik dia menjadi anak yang peduli lingkungan.

Puasa ternyata memiliki pengaruh yang baik untuk tumbuh kembang anak. Silakan memperkenalkan puasa ke si kecil dan rayakan kemenangan bersama-sama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*