Tips Menyiapkan Mpasi Bayi 6 Bulan Saat Mudik

Sebentar lagi mudik lebaran, si kecil yang berusia 6 bulan butuh mpasi bayi 6 bulan. Bunda yang baru pertama kali mengajak kecil pulang tentunya kagok, persiapan seperti yang dibutuhkan agar si kecil tidak lapar. Apalagi perjalanan mudiknya bisa terbilang jauh. Gak perlu khawatir, yuk bunda simak tips berikut ini.

1. Makanan dan cemilan yang dibawa

Bunda perlu menyiapkan makanan-makanan praktis untuk perjalanan mudik bunda. Makanan praktis adalah makanan yang tidak perlu dipanaskan atau dipotong agar mudah diberikan ke si kecil. Bunda bisa membawa biskuit, roti, keju atau buah-buahan seperti pisang.

Saat bunda bepergian jauh apalagi tipe pecinta kuliner, mungkin bunda ingin si kecil menikmati makanan baru. Bunda sebaiknya menahan keinginan bunda terlebih dahulu. Alasannya, si kecil perlu beradaptasi dengan banyak suasana baru seperti stasiun atau bandara yang ramai. Jadi bunda jangan menambah beban si kecil dengan memberikan menu baru.

Bunda bisa menyiapkan juga puree ke si kecil seperti sayuran dan kaldu atau yang menjadi makanan favorit si kecil. Buah potong juga sebaiknya diberikan yang masih dalam kondisi fresh – bukan dibekuin. Jangan lupa juga membawa susu formula bila bunda sudah tidak memberikan ASI ekslusif untuk memenuhi kebutuhan si kecil.

2. Porsi Makanan

Sebelum berangkat, bunda perlu memikirkan terjadinya hal-hal di luar dugaan seperti delay atau macet yang tidak terkendali. Bunda perlu menyiapkan porsi makanan yang cukup banyak sebagai MPASI si kecil dan bawalah porsi tambahan. Beberapa patokan kebutuhan mpasi bayi adalah bayi berusia 6-9 bulan membutuhkan makan 2-3 kali sehari. Sementara bayi yang berusia 9-12 bulan membutuhkan makan 3-4 kali sehari. Atau bunda bisa memperhatikan kebiasaan si kecil di rumah saat makan.

3. Menyimpan MPASI Dengan Benar

Setiap MPASI yang telah disiapkan, sebaiknya dimasukkan ke dalam baby cube kecil berukuran 40 ml yang gampang dihangatkan. Bunda juga perlu memastikan semua wadah yang digunakan adalah BPA Free untuk mencegah terjadinya keracunan pada si kecil.

4. Tips membawa Mpasi

Jika perjalanan mudik bunda cukup panjang, bunda bisa membawa cooler bag atau cooler box untuk menyimpan MPASi. Bunda juga perlu memasukkan biang es yang cukup banyak agar suhu MPASi di dalam box selalu terjaga. Makanan di cooler bag bisa bertahan 4-5 jam sementara cooler box bisa mempertahankan makanan 7-8 jam.

5.  Tips menyajikan MPASI

Bunda perlu membawa semua wadah yang biasa dipakai si kecil. Mug, piring, mangkok, sendok dan yang terpenting air panas. Untuk makanan yang dipanaskan kembali, bunda bisa memasukkan cube ke dalam mug atau mangkok kecil yang telah berisikan air panas.

Air panas bisa bunda stok di rumah. Bila bunda naik pesawat, bunda bisa meminta ke pramugari. Mereka pasti dengan senang hati melayani bunda. Nah, buat bunda yang bepergian lewat mobil, bunda bisa mampir di restoran untuk mengisi kembali termos dengan air panas. Untuk bunda yang naik kereta, mungkin lebih memiliki sedikit kesempatan untuk isi air panas kembali, jadi bunda sebaiknya memiliki stok air panas yang cukup.

Sekian informasi kami untuk menyiapkan mpasi bayi 6 bulan untuk mudik. Hati-hati di jalan ya bunda dan jagalah kesehatan bunda sendiri juga agar perjalanan mudiknya lancar dan bisa berkumpul dengan keluarga. Selamat hari raya lebaran. Mohon maaf lahir dan batin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*