Vitamin Dan Suplemen Ibu Hamil Wajib Dipenuhi Untuk Menjaga Kesehatan Janin

Perkembangan Janin Usia 31 Minggu
Sumber: Pinterest

Vitamin dan suplemen ibu hamil diperlukan untuk pertumbuhan janin. Selama janin memperolah asupan cukup, maka pertumbuhannya akan semakin normal. Lalu, apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan janin?

Para pakar kesehatan sepakat jika asupan nutrisi terbaik berasal dari makanan. Meskipun begitu, terkadang ibu memerlukan asupan tambahan selain dari makanan utama. Ini dimanfaatkan untuk memenuhi asupan yang dirasa masih kurang.

Setidaknya, ada beberapa jenis vitamin yang wajib ibu sediakan lebih selama mengandung. Apa saja vitamin tersebut? Mari simak ulasannya di bawah ini!

Penuhi Kebutuhan Vitamin D

Selama masa kehamilan, ibu perlu memenuhi asupan. Salah satunya adalah vitamin D untuk ibu hamil ini. Vitamin tersebut punya peran penting dalam perkembangan bayi di dalam kandungan. Setiap minggunya, janin akan mengalami perkembangan. Dukungan dari asupan seperti vitamin D sangat diperlukan. Vitamin tersebut bisa mendukung terbentuknya tulang yang kuat.

Tulang maupun gigi akan terbentuk dengan baik. Buahnya adalah perkembangan bayi dalam kandungan menjadi normal. Sebaliknya bila kekurangan, pertumbuhan tulang menjadi tidak normal. Berapa jumlah vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil? Mengenai besaran jumlahnya, ibu perlu menambah porsinya. Yaitu di kisaran 10 mikrogram di tiap harinya.

Penuhi Kebutuhan Vitamin B9

Jenis vitamin lain yang tidak kalah penting adalah B9. Ibu bisa menyebutnya juga sebagai asam folat. Ini juga harus dipenuhi oleh ibu saat hamil muda.

Manfaat yang akan didapatkan tidak hanya untuk janin saja, melainkan untuk ibu. Bagi ibu, manfaatnya adalah untuk menghilangkan depresi sampai menghindari anemia. Kondisi ini paling sering terjadi sehingga wajib untuk dipenuhi bila tidak ingin mengalami hal tersebut.

Sementara bagi janin, asam folat ini berfungsi untuk merangsang pertumbuhan otak. Bahkan juga untuk mendukung terciptanya sistem syaraf yang normal. Dengan pemenuhan asupan tersebut, bayi bisa terlahir secara normal dan tepat waktu.

Mengenai besaran suplemen untuk ibu hamil ini berbeda-beda setiap waktunya. Pada trimester pertama, ibu perlu mengkonsumsinya sekitar 400 mikrogram. Sementara pada trimester kedua, ibu butuh 600 mikrogram di tiap harinya.

Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Vitamin C bukan hanya dimanfaatkan oleh ibu hamil saja. Tetapi, ibu menyusui juga membutuhkannya. Terpenuhinya asupan vitamin tersebut memberikan banyak manfaat bagi ibu sekaligus anaknya. Perlu diketahui bahwa vitamin c sangat mudah larut di dalam tubuh ibu. Ini membuat penggunaannya sangat cepat. Akibatnya, tidak ada asupan tersebut yang tersimpan lama di dalam tubuh.

Menyadari akan hal ini, ibu tentunya perlu lebih banyak asupan vitamin tersebut dari luar. Entah itu dengan memanfaatkan suplemen vitamin c ibu hamil atau dari makanan sehat. Contohnya adalah jeruk.

Vitamin tersebut sangat beguna untuk menjaga kesehatan ibu. Biasanya, ibu hamil lebih sering keletihan, bahkan mudah jatuh sakit. Untuk itulah, vitamin ini wajib disediakan. Manfaat utamanya adalah untuk menjaga kondisi ibu sendiri. Jika kesehatan ibu terjaga, janin di dalam kandungannya juga ikut terjaga.

Sementara itu, adanya vitamin c menjadikan oksigen bisa masuk ke rahim. Tak hanya itu saja, suplemen tersebut bakal berguna untuk membantu dalam pembentukan jaringan bayi. Mengenai jumlah yang ibu harus penuhi, 80 miligram setiap harinya sudah sangat cukup.

Dengan memenuhi kebutuhan vitamin di atas, ibu dan janin bisa tetap sehat. Oleh karenanya, penuhilah vitamin dan suplemen ibu hamil sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.

1 Trackback / Pingback

  1. Rempah Sebagai Pelengkap Makanan Sehat Ibu Hamil | BeritaCampur.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*