Waspadailah Penyakit Kuning Pada Bayi!

kuning pada bayi
Sumber: theayuverda

Bayi bunda yang baru lahir mungkin saja terkena penyakit kuning atau disebut juga dengan jaundice. Penyakit kuning sendiri merupakan perubahan warna pada kulit dan mata bayi yang baru lahir. Penyakit ini terjadi akibat darah bayi mengandung kelelebihan bilirubin, pigmen berwarna kuning pada sel darah merah.

Penyakit kuning ini dapat terjadi terutama pada bayi yang lahir sebelum 38 minggu atau prematur. Hal ini terjadi akibat hati pada bayi belum cukup matang atau siap untuk dapat menetralisir bilirubin dalam aliran darah.

Penyakit kuning ini bila tidak diobati dan menjadi parah dapat menyebabkan kerusakan pada otak bayi.

Apakah sajakah gejala penyakit kuning pada bayi?

Penyakit kuning biasanya muncul pada hari kedua atau keempat setelah bayi dilahirkan ditandai dengan menguningnya kulit atau bagian mata yang berwarna putih.

Bunda dapat memeriksa bayi bunda pada hari rawan itu dengan cara menekan lembut bagian dahi atau hitungnya. Jika kulit terlihat menguning pada area yang bunda tekan, kemungkinan dia menderita penyakit kuning ringan. Jika bayi bunda sehat, kulitnya akan berwarna dengan kulit normal pada umumnya. Pada saat memeriksa pastikan kondisi pencahayaan baik.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan agar bayi yang baru lahir diperiksa apakah terkena penyakit kuning atau tidak pada 8-12 jam paska kelahirannya bila berada di rumah sakit.

Berikut beberapa gejala bayi bunda terkena penyakit kuning yang parah menurut Mayo Clinic Staff.

  • Warna kulit bayi terlihat lebih kuning
  • Warna kuning terjadi pada kulit bagian perut, lengan atau tungkai
  • Titik putih pada bayi terlihat berwarna kuning
  • Bayi tampak lesu atau lebih suka tidur
  • Berat badan bayi tidak bertambah atau tidak mau menyusui
  • Bayi sering menjerit atau menangis kencang
  • Penyakit kuning berlangsung lebih dari tiga minggu

Jika sudah parah, maka bunda harus segera menemui dokter atau memabawanya ke rumah sakit.

Apakah penyebab dari penyakit kuning pada bayi?

Penyebab utama dari penyakit kuning adalah adanya bilirubin dalam darah yang berlebihan. Bilirubin sendiri merupakan pigmen warna yang normal hasil dari pemecahan sel darah merah. Bilirubin biasanya disaring oleh hati dari aliran daeah dan melepaskannya ke saluran pencernaan. Hati bayi terkadang belum bisa menjalankan fungsinya dengan sempurna sehingga menyebabkan kelebihan bilirubin.

Penyebab lain munculnya penyakit kuning adalah:

  • Perdarahan internal
  • Infeksi yang menyerang darah pada bayi bunda
  • Infeksi virus atau bakteri
  • Kerusakan hati atau kegagalan fungsi hati
  • Kekurangan enzim untuk mencerna bilirubin
  • Kelainan pada sel darah pada bayi sehingga mudah rusak

Bagaimanakah cara mencegah penyakit kuning pada bayi?

Pencegaan penyakit kuning terbaik untuk bayi adalah pemberian makanan yang cukup. Bayi yang diberikan ASI harus makan 8 sampai 12 kali sehari selama beberapa hari kehidupannya. Sedangkan bayi yang diberi susu formula sekitar 30 sampai 60 mililiter susu formula setiap dua atau tiga jam untuk minggu pertama.

Bagaimanakah pengobatan untuk penyakit kuning?

Pengobatan penyakit kuning sebenarnya tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Jika penyakit kuning disebabkan oleh saluran empedu yang mungkin saja tersumbat maka dokter pasti mengambil tindakan operasi. Sedangkan jika penyakit kuning karena sel darah merahnya maka transfusi dapat dilakukan. Dan untuk penyakit kuning karena kerusakan atau kelainan hati maka dokter biasanya meminta untuk transplantasi hati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*