10 Aktivitas Yang Biasa Dilakukan Untuk Ibu Hamil Muda

ibu hamil muda

Ibu-ibu.net – Sebagai ibu yang sedang hamil muda, biasanya bingung dan sulit untuk melakukan aktivitas yang cocok dan tepat untuk mengisi keseharian mereka sehari-hari. Ibu hamil muda  membutuhkan sedikitnya beberapa aktivitas ringan dan tidak berat selama masa kehamilannya, sehingga tidak bosan dan dapat menikmati proses sampai nanti melahirkan si bayi itu sendiri. Luangkanlah waktu untuk bersantai dan melakukan hal-hal atau aktivitas yang sedikit banyak bisa membuat badan ibu menjadi relaks, tidak terbebani oleh pikiran yang banyak sehingga ini secara tidak langsung dapat mempengaruhi psikologis si ibu hamil tersebut.

Kehamilan datang dengan sejumlah tantangan.Meskipun ini adalah periode hidup wanita yang menyenangkan, kehamilan dapat menciptakan banyak ketidaknyamanan emosional termasuk stres. Tidak banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh ibu hamil demi untuk menjaga kesehatan si bayi dalam kandungan nya itu sendiri. Penting untuk meluangkan sedikit waktu untuk bersantai dan beraktivitas selama masa periode kehamilan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan santai yang dapat ibu muda lakukan untuk mengisi waktu selama masa kehamilannya :

 

1. Seni dan kerajinan

Ambillah kuas dan cat yang sudah lama anda tidak sentuh. Mulailah melukis dan menggambar untuk mengisi kegiatan selama masa kehamilan anda. Melukis dapat membuat anda menjadi relaks dan santai. Tidak perlu menguras banyak tenaga dan pikiran, dapat menjadikan anda lebih kreatif dan secara tidak langsung menekan stress yang ada di otak anda.

Menjahit atau merajut juga bisa dilakukan selama masa kehamilan. Mulailah belajar bagaimana merajut atau menjahit dengan melihat tutorialnya baik di majalah ataupun di internet. Ini lumayan berguna untuk mengisi waktu luang anda. Anda bisa merajut model baju bayi atau selimut perlahan-lahan, sehingga nanti dapat digunakan ketika bayi anda lahir.

 

2. Membaca

Membaca adalah salah satu aktivitas yang paling sederhana yang dapat anda lakukan selama masa kehamilan anda. Entah itu bacaan novel, fiksi, non-fiksi, biografi atau topik penelitian yang menarik. Membaca juga dapat dijadikan sarana untuk anda memperluas pengetahuan anda selama masa kehamilan untuk membantu anda menjadi tidak stress. Ketika masa kehamilan, ibu hamil muda cenderung memperluas wawasan mereka tentang kehamilan nya di berbagai forum atau sumber informasi lain nya di internet. Tetapi disarankan anda untuk menghindari hal ini sehingga anda dapat melepaskan pikiran diluar kehamilan anda dan mengalihkan ke hal-hal yang lebih positif. Berhati-hatilah untuk tidak terjebak dalam perangkap Google dengan menghabiskan banyak waktu untuk membaca forum kehamilan yang berisi komentar negatif yang mungkin akan membuat anda stres bahkan tidak tenang selama masa kehamilan. Membaca hal yang positif membantu menumbuhkan hal positif pula pada diri anda.

 

3. Mulailah membuat blog

Mengisi waktu luang selama masa kehamilan dengan membuat blog adalah salah satu cara yang mengasikkan. Anda bisa memulai membuat blog dengan topik apa saja, terutama yang berhubungan dengan kesukaan atau hobi anda seperti seni, film, teater, makanan atau tentang fashion.  Atau anda bisa saja membuat blog tentang dokumentasi perjalanan kehamilan anda secara bertahap sehingga ada interaksi dan dapat terhubung dengan ibu hamil lain nya.

 

4. Belajar

Belajar adalah salah satu cara untuk mengisi waktu luang selama masa kehamilan anda. Selain bermanfaat untuk diri anda sendiri, belajar merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan ibu yang sedang hamil muda. Anda bisa mengambil kursus, entah itu kursus mengenai kesenian, kursus masak, kursus keterampilan komputer dan lain lain. Belajar suatu keterampilan yang baru menjadikan anda menjadi lebih aktif dan juga anda dapat bertemu dan berinteraksi dengan orang baru yang sebelumnya anda belum kenal.

 

5. Memasak

Terlepas anda pintar memasak atau tidak, mengisi waktu luang pada saat kehamilan merupakan salah satu cara yang efektif dan mengasikkan apalagi ketika si ibu muda sedang mengidam makanan tertentu. Anda bisa bereksperimen dengan mencoba untuk memasak jenis masakan yang belum anda pernah coba sebelumnya. Contohnya adalah mencoba untuk membuat kue tertentu dengan bereksperimen sesuai dengan keinginan sendiri. Mulailah mencari referensi resep kue atau makanan di majalah atau internet. Memasaklah dengan penuh sukacita, mengisi wawasan anda dengan menu resep makanan anak-anak juga berguna ketika nanti bayi anda lahir dan tumbuh dewasa. Anda bisa latihan memasak makanan anak-anak dimulai dari sejak dini. Jika anda bosan ajak teman anda juga untuk memasak bersama sehingga ada teman untuk menemani anda memasak.

 

6. Olahraga

Sebelumnya anda mungkin sudah pernah dengar bahwa olahraga pada masa kehamilan bermanfaat bagi kesehatan dan pikiran. Cobalah pergi ke gym untuk melakukan yoga, pilates, atau berjalan ringan. Dengan olahraga secara teratur dapat membantu si ibu muda untuk melancarkan sirkulasi dalam tubuh yang baik untuk bayi dalam kandungan.

7. Berkebun

Jika cuaca diluar cerah dan hangat, jangan anda menghabiskan seharian dirumah untuk menonton tv! Mulailah perlahan-lahan untuk berkebun atau menanam bunga di pekarangan rumah anda. Yang paling gampang dilakukan adalah dengan menanam sayur-sayuran organik di pot kecil atau juga menanam jenis bunga seperti mawar, melati, dsb. Berkebun menjadikan anda lebih terhubung dengan alam dan mengalihkan kegelisahan selama masa kehamilan anda sehingga anda menjadi lebih fokus dan rileks.

 

8. Menari

Mungkin kedengarannya sedikit konyol, tetapi menari adalah cara yang baik untuk bersenang-senang dan bersantai pada saat yang bersamaan, dan menjadikan tubuh anda lebih bugar! Anda dapat mengambil berbagai macam kelas menari unik yang sesuai dengan selera Anda, termasuk menari Latin, balet, atau tarian lain nya. Bayi kecil anda akan menikmati gerakan dan ritme ketika anda menari sehingga bermanfaat selama mereka berada di dalam rahim.

 

9.Bermain puzzle dan games lain nya

Puzzle tidak hanya untuk anak-anak pada umumnya. Dengan bermain puzzle dapat menjadikan ibu hamil muda menjadi lebih relaks dan sedikit mengenang masa-masa kecilnya dulu. Itu membantu anda untuk melupakan sejenak tentang kehamilan anda, dan juga dapat membuat otak anda menjadi lebih fresh. Bermain board games(permainan papan) juga sering dilakukan untuk mengisi waktu luang selama masa kehamilan. Bermain board games selain mengasikkan, dapat pula membuat anda menjadi lebih banyak berinteraksi dan berbicara dengan teman lawan bermain anda. Itu lebih baik dibandingkan dengan anda hanya duduk nonton tv dan tidak berbicara sama sekali. Meski bersifat vintage dan sedikit tradisional, permainan ini lebih santai daripada permainan video yang dapat menimbulkan ketegangan pada mata Anda.

 

10. Jadilah turis di kotamu sendiri

Pernahkah anda benar-benar menjelajahi kota atau negara anda sendiri? Terkadang karena aktivitas kesibukan kita yang terlalu padat sehingga kita tidak pernah punya waktu untuk pergi ke tempat wisata yang ada di sekitar kita. Jika anda belum pernah menjelajahi tempat-tempat menarik yang belum pernah anda pergi sebelumnya, cobalah! Jadikan waktu luang selama masa kehamilan anda menjadi waktu yang berharga dimana anda bisa menjelajahi tempat-tempat wisata yang menarik yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya. Anda bisa pergi ke museum lokal, galeri seni, taman wisata, atau juga bisa ke pantai.

 

Kehamilan tidak akan menjadi hal yang sangat membosankan untuk dilewati jika anda dapat dengan benar mengisi aktivitas anda sehari-hari. Ibu hamil muda biasanya akan cenderung stress dan tidak bisa tenang dalam masa awal-awal periode kehamilan nya. Ini sangatlah wajar dimana baru pertama kali anda mengalami tahap kehamilan yang sangat begitu penting dalam fase kehidupan anda selanjutnya. Mengisi masa kehamilan dengan hal-hal yang positif selain dapat membantu anda untuk menjadi lebih aktif , dapat juga membantu kondisi kesehatan anda dan bayi didalam kandungan. Ingatlah, tubuh yang sehat dapat menghasilkan kondisi bayi anda juga sehat. Semoga tips diatas dapat bermanfaat untuk anda sebagai ibu hamil muda dalam melewati masa kehamilan pertama anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*