5 Ciri Bayi Sehat

ciri bayi sehat

Ibu-ibu.net –  Setiap orang tua pasti menginginkan bayinya untuk tumbuh bahagia dan sehat. Hidup mereka merupakan anugerah yang sangat indah bagi kita semua orang tua. Terkadang orang tua merasa khawatir dan bertanya-tanya apakah bayi kita melakukan hal yang benar atau tidak, apakah bayi kita makan makanan yang cukup, baik maupun tentang perkembangan si bayi itu sendiri dibandingkan dengan anak-anak lain pada umum nya.

Merawat bayi yang baru lahir memang awalnya sulit, tetapi seiring dengan pertumbuhannya, mereka menunjukkan perilaku dan tanda-tanda yang berbeda-beda sehingga anda dapat mengenali bayi anda sehat atau tidak.

Meskipun sangatlah sulit bagi orang tua mengetahui secara detail apakah bayi mereka sehat atau tidak, ada beberapa tanda – tanda yang bisa mereka bisa pelajari untuk memeriksa apakah bayi mereka sehat, dan membuat pikiran orang tua mereka merasa nyaman.

 

Bayi Memiliki Ikatan Batin

Bayi sangat sering menangis. Karena mereka pada umumnya belum bisa berbicara dan berkomunikasi, maka menangis adalah salah satu cara mereka berkomunikasi dan menarik perhatian anda sebagai orang tua. Jadi, ketika bayi anda merasa lapar, lelah, sedih atau sakit, mereka akan menangis.

Secara bertahap, perilaku ini berubah saat mereka tumbuh melekat pada Anda dan menyesuaikan diri dengan dunia baru. Jika tidak ada yang serius, seperti ketika bayi anda sedang sakit atau merasa ketakutan, bayi biasanya mendengarkan suara anda sebagai orang tua mereka dan dengan sendirinya bisa menenangkan diri begitu anda menggendong bayi dan meletakkan bayi anda kedalam pelukan.

Anda harus bisa menenangkan bayi Anda dan menenangkan mereka kapanpun mereka membutuhkannya, karena ini merupakan perilaku normal antara anda dan bayi anda. Tapi jika bayi Anda terus menangis, walaupun anda sudah memberi makan bayi anda, mengganti popok, memandikan, memberi perhatian, maka ada sesuatu yang tidak beres dengan bayi anda. Bayi Anda mungkin memiliki masalah kesehatan, atau bisa juga karena sakit. Karena pada umumnya, menangis tanpa henti-henti bukanlah perilaku yang normal pada bayi. Lebih baik coba periksakan ke dokter segera.

 

Bayi yang aktif

Bayi yang baru lahir biasanya akan terus mengantuk dan memiliki pola tidur yang lama  dalam beberapa minggu pertama setelah kelahiran nya. Namun seiring berjalannya waktu, mereka menjadi lebih aktif dan tersadar. Bila bayi Anda tetap tidur dalam waktu yang lebih lama, anda harus mulai bertanya-tanya,  ini mungkin pertanda bahwa bayi Anda memiliki beberapa masalah perkembangan pada dirinya.  Bayi biasanya mulai mengurangi waktu tidur mereka secara konstan setelah mereka berusia sekitar satu bulan, dimana ketika fungsi otak dan otot mata mereka mulai berkembang secara perlahan-lahan. Ini  adalah waktu dimana mereka belajar waspada  tentang lingkungan sekitar dan keberadaan si bayi tersebut.

 

Makan Makanan Sehat

Susu sangatlah penting bagi pertumbuhan bayi secara umumnya, terutama pada usia bayi yang sangat muda dan disaat mereka tidak dapat makan apapun.

Cara terbaik untuk bisa melihat apakah mereka cukup makan, terutama saat mereka masih muda, adalah seberapa sering mereka membasahi popok mereka. Indikasi yang baik adalah ketika popok nya diganti sekitar 10-12 kali dalam sehari. Perhatikan juga apakah bayi anda buang air kecil kurang dari seharusnya dan juga tetap memperhatikan warnanya, karena warna gelap mungkin merupakan indikator dehidrasi atau masalah kesehatan lainnya, dan jangan sesekali anda menganggap remeh, karena ini adalah awal indikasi bayi anda mengalami sakit.

Anda juga harus mencatat berat badan bayi Anda. Bicaralah dengan dokter bayi Anda tentang berapa banyak berat badan yang harus bayi anda dapatkan setiap minggunya. Bayi seharusnya tidak makan sebanyak orang dewasa, tetapi tetap memiliki persyaratan minimum setiap hari, begitu pula vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk berkembang. Mereka juga tidak selalu ingin makan makanan yang sama setiap hari. Ingatlah, bayi anda masih sangatlah kecil, biarkanlah mereka mulai mengembangkan kepribadian mereka sendiri mengenai makanan yang mereka makan.

Dokter Anda dapat membantu menasihati apakah anak Anda mendapatkan cukup nutrisi dan berkembang dengan baik. Cobalah untuk tidak terlalu khawatir, percayalah pada dokter dan instruksinya!

 

Bayi Menjadi Lebih Waspada

Bayi Anda akan segera belajar mendengarkan lingkungan sekitar dan mencoba untuk berinteraksi dengannya. Anda dapat mengalihkan perhatian mereka dengan suara suara Anda, mainan yang penuh warna dan keras, suara TV, musik, atau dengan memanggil nama mereka.

Ketika Anda melihat bayi Anda mulai tersenyum dan melakukan kontak mata dengan Anda. Dan ketika ada interaksi ketika Anda berbicara dengan mereka, itu dianggap sebagai respons normal dan sehat dari bayi. Ini berarti bayi tidak hanya memperhatikan apa yang Anda katakan, tapi juga bayi anda sedang belajar mendengarkan, memfokuskan dan meresponsnya.

 

Gerakan tubuh

Bayi yang baru lahir tidak bergerak cukup banyak, karena otot-otot dalam tubuh mereka masih dalam tahap pembentukan. Bayi biasanya menggunakan tangan mereka untuk mengirim isyarat kelaparan ke anda sebagai orang tua. Perlahan, bayi Anda bisa mulai menggerakkan kaki mereka, dan pada tahap selanjutnya, mereka akan mulai memegang kepala dan dada mereka sendiri sembari belajar untuk merangkak. Hal ini biasanya terjadi di sekitar usia tiga bulan.

Ini adalah tanda dari berkembangnya otot leher dan punggung mereka yang kuat. Ini merupakan tahap penting bagi bayi untuk melewatinya, sehingga mereka bisa melangkah ke tahap berikutnya berguling, duduk, merangkak, berdiri dan berjalan. Sebagian besar bayi sehat mulai berjalan pada usia 12 bulan. Namun, tidak ada waktu yang pasti untuk hal ini. Beberapa bayi dapat mulai berjalan sebelum mereka mulai merangkak, dan beberapa bayi lain nya memerlukan proses yang lebih lama dari itu. Jika Anda merasa khawatir tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan anak Anda untuk menampilkan gerakan fisik mereka, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter anak Anda.

 

Tips Bermanfaat

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan bayi anda rutin ke dokter atau dokter anak Anda. Ini dapat membantu Anda untuk menangkap gangguan atau masalah perkembangan yang mungkin dimiliki bayi Anda pada tahap awal. Ini juga akan memastikan bayi Anda akan diberi vaksinasi yang diperlukan sesuai jadwal, melindungi mereka dari banyak penyakit yang dapat dicegah.

Jika Anda melihat ada perilaku abnormal pada bayi Anda, segera bawa ke dokter anak untuk segera diperiksa sehingga anda sebagai orang tua dapat lebih merasa tenang.

Jangan terlalu khawatir atau cemas jika anak Anda membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk berkembang, karena setiap bayi berbeda-beda. Beberapa memerlukan waktu yang sedikit lebih lama dari yang lain untuk belajar, sementara yang lain mungkin dapat menangkapnya lebih cepat. Beberapa anak bisa mulai berbicara ketika masih sangat muda, sementara yang lain mungkin tidak mengucapkan sepatah kata pun sampai mereka menjadi lebih tua. Tetapi ketika mereka sudah mulai pandai berbicara, mereka akan bisa berkomunikasi dengan baik dan lancer lebih cepat.

Bayi Anda seharusnya menangis kapan pun mereka membutuhkan sesuatu karena mereka tidak dapat berbicara dan inilah satu-satunya cara bayi anda untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan anda, terutama terutama saat mereka merasa lapar. JIka bayi anda menangis lebih sering meskpun baru diberi makan bisa menjadi tanda bahwa bayi Anda tidak mendapatkan cukup ASI. Terkadang, bisa sesederhana itu, tanpa hal lain mengganggu anak Anda.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Perkembangan bayi usia 8 bulan Yang Perlu Anda Tahu
  2. Sumber Makanan untuk Ibu Menyusui yang Direkomendasikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*