8 Makanan Yang Gampang Didapat Untuk Ibu Menyusui

makanan untuk ibu menyusui
Source: MomJunction

Makanan untuk Ibu menyusui sebenarnya tidak terlalu banyak pantangan seperti yang selama ini banyak didengar. Asalkan makanan tersebut sehat, memenuhi kandungan nutrisi seimbang, baik untuk Ibu maupun buah hati. Namun memang, ada beberapa makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi agar produksi ASI selalu lancar dan memiliki kualitas yang baik.

Bagi Ibu menyusui, makanan yang  sehat sebenarnya sangat gampang ditemukan. Dikehidupan sehari-hari juga sudah bisa untuk ditemukan.

Berikut beberapa makanan untuk Ibu menyusui yang baik untuk untuk dikonsumsi.

1. Susu rendah lemak

Ibu menyusui akan sangat membutuhkan kalsium untuk tubuhnya. Karena proses menyusui tersebut telah membuat kalsium di dalam tulangnya semakin berkurang. Jika sering mendapati tulang terasa nyeri, itu akibat dari telah terjadi penipisan pada tulang. Mengkonsumsi susu setiap hari, akan sangat membantu untuk memenuhi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh Ibu. Dengan teratur mengkonsumsi susu, akan berdampak juga pada perkembangan dan pertumbuhan bayi.

2. Daging sapi

Daging sapi sangat penting bagi nutrisi yang diasup oleh Ibu menyusui. Karena kandungan di dalamnya sangat kaya akan zat besi. Sedangkan pada saat menyusui Ibu cenderung rentan terhadap penyakit dan mudah terkena anemia. Ibu yang telah terkena anemia akan cepat lelah dan juga stres. Hal ini akan sangat mempengaruhi penurunan produksi ASI. Dengan mengkonsumsi daging sapi, akan sangat membantu dalam memperbaiki kebutuhan zat besi pada tubuh Ibu.

3. Kacang hijau

Makanan untuk Ibu menyusui yang juga dapat memperlancar produksi ASI adalah kacang hijau. Di dalam 100 gram kacang hijau, terdapat kandungan yang kaya akan gizi dan baik untuk tubuh. Tingginya protein, vitamin B1, zat besi, magnesium, fosfor, dan asam folat namun rendah natrium serta non kolesterol, akan membantu memulihkan tenaga yang terkuras akibat menyusui. Konsumsilah setiap hari kacang hijau dengan cara merebusnya, agar kandungan di dalamnya tidak rusak.

4. Labu siam

Labu siam memiliki kandungan yang kaya akan asam folat. Sangat dibutuhkan oleh Ibu menyusui sebagai sumber makanan untuk pembentukan sel dan menjaga hemoglobin dalam darah. Bagi bayi sendiri, ASI yang disalurkan oleh Ibu yang mengkonsumsi labu siam, akan membantu perkembangan otaknya, mencegah terjadinya gangguan otak pada si buah hati dan membantu pertumbuhan optimal tubuh bayi.

5. Kacang merah

Kacang merah baik digunakan sebagai makanan untuk Ibu menyusui. Terdapata protein tinggi yang membantu dalam pembentukan sel-sel yang sudah rusak, serta zat besi yang membantu Ibu terhindar dari penyakit anemia

6. Kuning telor

Kuning telur memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi. Sangat bermanfaat bagi Ibu yang menyusui untuk menjaga kekokohan tulang dan menghindarkan diri dari pengeroposan tulang. Selain itu, kuning telur juga kaya akan protein yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan sel-sel tubuh.

7. Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C sangat bagus dalam menjaga stamina tubuh. Ibu menyusui membutuhkan makanan ini agar kondisi tubuhnya selalu terjaga. Karena kesehatan Ibu juga bisa berpengaruh pada kesehatan bayi yang menyusu padanya.

8. Air putih

Bukan hanya perempuan biasa, bahkan Ibu menyusui lebih lagi membutuhkan air putih setiap harinya. Dengan terpenuhinya kebutuhan caiaran dalam tubuh, akan membantu kinerja oksigen dalam tubuh untuk mengurai makanan yang telah diasup. Air putih juga sagat penting untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Demikian beberapa makanan untuk Ibu menyusui yang mudah didapatkan di sekitar kita. Selain itu, beberapa makanan tersebut bisa menjadi makanan diet sehat selama menyusui bagi Ibu yang menginginkan kembali kondisi tubuhnya yang mengalami kegemukan.  Namun tentu saja, semua tetap harus memperhatikan kualitas ASI yang diproduksi oleh Ibu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*