8 Tips Mudik Nyaman Di Mobil Bersama Anak

Tips Mudik Nyaman Di Mobil Bersama Anak

Lebaran sebentar lagi tiba. Si kecil mencapai tahap perkembangan anak balita, mungkin tidak segampang lagi diajak mudik. Pasalnya jam tidurnya sudah banyak berkurang. Jadi bunda kudu memperhatikan beberapa hal ketika mengajak si kecil mudik di mobil. Apa saja? Yuk simak penjelasan berikut ini.

  1. Tempatkan si kecil di belakang

Anak kecil sebaiknya tidak ditempatkan di kursi belakang. Baik duduk maupun dipangku. Pasalnya, si kecil yang sedang bosan bisa mengganggu pengemudi yang lagi konsentrasi di jalan. Tentunya bisa sangat membahayakan perjalanan apa lagi anak masih dalam tahap perkembangan anak. Selain itu, untuk anak bunda yang masih balita, tentu masih membutuhkan car seat. Jadi memang baiknya si kecil duduk di belakang, baik sendirian maupun ditemanin bunda.

  1. Persiapan untuk mabuk perjalanan

Perjalanan yang panjang dan anak-anak yang terlalu aktif di mobil kadang bisa memicu rasa mual. Jadi bunda bisa tempatkan si kecil di barisan kedua. Dan pastikan selalu membawa minyak kayu putih dan plastik sebagai persiapan. Bila anaknya sudah cukup besar, bunda bisa memberikan obat anti mabuk agar perjalanannya lebih menyenangkan.

  1. Memasukkan barang ke bagasi

Semua barang-barang bawaan sebaiknya dikemas dan bagasi agar bunda, ayah dan si kecil bisa duduk dengan nyaman. Si kecil juga bisa lebih bebas bergerak sehingga tidak gampang bosan. Selain itu, barang-barang yang ditaruh di kursi atau bawah kaki cenderung mudah melukai anak-anak. Jadi baiknya barang diletakkan di bagasi dan hanya barang-barang yang sangat dibutuhkan seperti jaket dan makanan ringan si kecil yang ditaruh dekat kursi penumpang.

  1. Prioritas Kebutuhan Si Kecil

Ketika si kecil semakin besar, dia memiliki lebih banyak kebutuhan agar dia tetap nyaman di perjalan. Bunda perlu menyiapkan selimut, baju ganti, bantal, tissue kering dan basah, botol minum serta snack ringan.

Untuk hiburan, bunda bisa menyiapkan lagu-lagu, film-film favorit mereka dan mainan kesayangan mereka. Bunda juga bisa menyiapkan beberapa aktifitas bersama yang bisa dilakukan dengan si kecil agar perjalanan mobil tidak bikin jenuh.

  1. Jauhkan si Kecil dari Panas Menyengat

Kendaraan yang panas pasti sangat tidak nyaman bagi kita apalagi si kecil. Ayah dan bunda perlu memastikan kalau mobil sudah dipasangin kaca film atau dilengkapi tirai khusus mobilsehingga si kecil tidak terpapar sinar matahari langsung. Selain itu pastikan mesin kendaraan dalam kondisi terawat seperti AC, AKI dan sebagainya.

  1. Mencari tahu Rest Area Sepanjang Perjalanan

Ayah dan bunda perlu mencari tahu rest area sepanjang perjalanan mudik. Karena berada mobil terus menerus sangat melelahkan bagi badan ayah bunda maupun si kecil. Selain itu bunda bisa bebersih, makan dan sholat sebelum melanjutkan perjalanan. Jadi tandai ya, mumpung sekarang sudah ada GPS, jadi memudahkan bunda.

  1. Membawa Kotak P3K

Bunda bisa membawa obat-obatan, termometer, plester dan berbagai minyak kayu putih atau telon untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu di jalan. Kalau kondisi si kecil kurang fit, bunda bisa mengundurkan waktu mudik agar kondisinya tidak terlalu parah.

  1. Memilih waktu yang tepat

Kondisi jalanan yang terlalu macet terus menerus sangatlah tidak nyaman bagi pengendara ataupun penumpang. Ayah dan bunda perlu memantau dan memilih waktu mudik di mana kendaraan lebih senggang seperti malam hari.

Begitulah tips dari kami bunda. Sudah siap mudik dan bertemu sanak saudara? Yuk mari. Biar kakek nenek bisa melihat si kecil yang sudah memasuki tahap perkembangan anak usia balita. Hati-hati di jalan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*