Bantal Menyusui Membantu Menyusui Dengan Posisi Benar

posisi menyusui yang benar
Sumber: wearyourbaby

Mengetahui posisi menyusui yang benar sangat berpengaruh pada kenyamanan anak dan Ibu pada saat menyusu dan memberikan ASI. Mungkin sudah menjadi naluri seorang Ibu yang sudah melahirkan, memberikan ASI kepada anaknya. Namun ada saja posisi-posisi yang ternyata tidak baik diterapkan oleh Ibu.

Kenyamanan saat melakukan posisi menyusui sangat diperlukan, karena Ibu memiliki rutinitas menyusui yang cukup sering. Jika posisi menyusui tidak benar dan menimbulkan rasa sakit, apalagi sakit itu berkepanjangan, dapat mempengaruhi Ibu untuk menghentikan pemberian ASI kepada si anak. Padahal, kebutuhan anak sangat terhadap nutrisi yang terdapat pada ASI. Terlebih jika bayi masih dalam masa pemberian ASI eksclusive.

Posisi menyusui yang benar dan memberikan kenyamanan pada bayi, juga akan membantu pertumbuhan dan perkembangannya dengan baik. Salah satu yang mampu memberikan kenyaman pada saat menyusui, baik bagi Ibu maupun buah hati, tidak ada salahnya menggunakan bantal menyusui.

Bantal menyusui memiliki bentuk unik yang memang didesain untuk memberikan kenyamanan bagi bayi. Bentuknya melengkung seperti membentuk huruf U, dimana hal ini dimaksudkan sebagai penyangga bagi bayi agar mendapatkan posisi yang nyaman dan santai. Selain itu, bentuk seperti ini akan membantu meringankan Ibu dalam menopang berat badan pada saat menyusui.

Pada saat menyusui, bayi cenderung berganti-ganti posisi secara terus menerus hingga mendapatkan posisi yang tepat. Tidak jarang Ibu akan merasakan sakit di bagian pinggang dan leher akibat ulah si kecil ini. Gesekan yang terjadi akibat dari seringnya terjadi pergerakan bayi, bisa mengakibatkan lecet yang menimbulkan rasa perih pada payudara. Memiliki bantal menyusui, setidaknya akan membantu mengurangi rasa sakit tersebut, karena desain bantal menyusui membuat anak tidak melakukan pergerakan namun tetap merasakan nyaman.

Manfaat lain dengan memiliki bantal menyusui adalah menggunakannya pada saat bepergian. Bantal ini mudah dibawa dan dilipat sehingga bisa disimpan dalam tas jinjing yang Ibu bawa bersama dengan peralatan bayi lainnya. Pada saat dalam perjalanan, Ibu tidak memiliki kekhawatiran lagi pada saat menyusui bayi di dalam mobil. Karena bantal ini dapat menjaga bayi tetap berada di tempatnya meskipun terjadi getaran ataupun goncangan. Sehingga posisi menyusui yang benar dan nyaman akan selalu tetap terjaga.

Bantal menyusui juga bisa melatih anak untuk belajar duduk. Tentu melakukannya haruslah dengan cara pelahan dan tetap memperhatikan perasaan nyaman pada si bayi. Jadikan bantal sebagai penyangga untuk menopang kepala dan punggungnya untuk mengajarkan tentang hal ini.

Beberapa hal yang harus diperhatiakn pada saat memilih bantal menyusui demi untuk kenyamanan posisi menyusui yang benar, yaitu:

  • Sarung bantal menyusui harus dapat digonta-ganti agar kebersihanna selalu terjaga. Cucilah secara rutin bantal tersebut, agar kuman dan bakteri yang menempel tidak masuk ke tubuh bayi
  • Pilihlah bantal menyusui yang fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana. Selain itu, pilihlah bantal menyusui yang memiliki ikat pinggang di bagian pinggul. Hal ini membantu agar bantal tidak mengalami pergerakan bahkan ketika Ibu menyusui sambil melakukan aktivitas lain.
  • Pilihlah bantal menyusui yang memiliki kepraktisan. Yang bisa dilipat dan disimpan ke dalam tas atau tempat penyimpanan.

Melakukan posisi menyusui yang benar akan membantu memberikan nutrisi yang terbaik bagi bayi. Apalagi dengan program ASI ekslusif yang memiliki manfaat besar demi perkembangan dan pertumbuhan bayi. Waktu yang tidak sebentar, harus membuat Ibu benar-benar mencari posisi yang nyaman bagi Ibu dan juga anak. Agar tidak ada kendala atau pemberhentian sesaat hanya karena terjadi rasa sakit dan nyeri pada saat kegiatan menyusui terjadi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*