Bunda, Ini Tahapan Perkembangan Bayi 5 Bulan Di Area Kognitif

Perkembangan bayi 5 bulan
Sumber: BabyStepsToBalance

Ibu-ibu.net – Kehadiran bayi selalu ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Membayangkan wajah bayi yang lucu, polos dan segala tingkah lakunya membuat siapa pun yang melihat merasa gembira. Bayi memiliki banyak masa transisi dalam pertumbuhannya. Salah satunya saat bayi telah mencapai usia 5 bulan. Perkembangan bayi 5 bulan, biasanya diikuti dengan kemampuannya mengeksplor sekitar dalam rasa ingin tahu yang sangat besar. Biasanya, kemampuan bayi usia 5 bulan juga telah mampu berkomunikasi lebih baik ketimbang sebelumnya. Berikut akan kami informasikan mengenai tahap perkembangan anak usia 5 bulan sesuai keahliannya.

1. Perkembangan Si Kecil usia 5 bulan biasanya diketahui dengan berkembangnya kemampuan motorik kasarnya yang pesat. Jika pada bulan sebelumnya ia hanya mampu berbaring saja, maka pada bulan ini, bayi telah dapat tengkurap dengan lebih cepat dari posisi telentang. Tak jarang, perkembangan bayi 5 bulan ini ada yang telah mampu menegakkan tubuhnya untuk duduk, meskipun Ibu masih perlu menyangganya. Pada usia ini pula, ada bayi yang telah lihai menggerakkan tubuhnya ke depan dengan menggunakan tolakan kekuda kaki dan kedua tangannya.

Patut untuk menjadi perhatian Ibu adalah, pada perkembangan bayi 5 bulan ini mereka pada umumnya dapat berguling dalam tempo yang cepat. Maka, berjaga-jaga agar buah hati Ibu tidak terjatuh. Bisa menggunakan pagar pengaman atau pindah ke ranjang yang jauh lebih rendah dari sebelumnya. Karena pada saat ini, bayi memulai masa aktif bergerak.

2. Indera penglihatan pun mengalami kemajuan pesat pada usia ini. Salah satu perkembangan bayi usia 5 bulan terjadi pada indera penghilatan. Memasuki usia ini, kemampuan bayi meliht sudah bertambah sebanyak 30 % ketimbang sebelumnya. Memang mereka sudah dapat melihat serta mengetahui banyak ragam warna yang ada. Namun, mereka tetap memiliki ketertarikan yang lebih terhadap warna merah, kuning, juga hijau. Bayi pada usia ini telah mampu fokus melihat benda tanpa terbagi. Maka, bermainlah dengan bayi Ibu lebih sering dengan menggunakan mainan dengan warna yang lebih terang. Nikmati setiap senyum bayi Ibu.

3. Perkembangan bayi 5 bulan diketahui dengan kemapuan berkomunikasinya pun bertumbuh dengan baik. Bayi Ibu akan berusaha mengucapkan banyak kata yang dominan huruf vokal di dalamnya. Tentu saja pengucapannya belum terlalu jelas. Bayi Ibu akan lebih senang tertawa kencang. Bermainlah dengan bayi Ibu dengan permainan yang menghasilkan suara. Ibu dapat bertepuk tangan dengan ekspresi gembira dan bayi Ibu akan tertawa karena merasa gembira. Sering-seringlah mengajak bayi Ibu berbincang, karena pada saat ini bayi mengerti jika dia sedang tidak dipedulikan.Dukunglah kemampuan komunikasi anak Ibu dengan sering mengajaknya bertemu orang baru.

4. Pada usia ini tak jarang ada beberapa dokter spesialis anak yang menyarankan pemberian makanan pendamping ASI bertekstur padat. Biasanya ditIbui dengan ketertarikan bayi terhdap makanan dan bayi Ibu telah mampu menelan dengan lebih baik. Beriķanlah makanan yang tidak menyebabkan alergi pada bayi dengan tingkat sensitifitas yang tinggi. Ibu dapat memberi sereal yang telah dicampur ASI ataupun susu formula yang biasa dikonsumsi bayi Ibu. Berikanlah makanan yang terbuat dari pure  pisang, labu, ubi, dan lain-lain.

Perhatikan reaksi bayi Ibu setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Jika ada reaksi alegi maka hentikanlah pemberian makanan tersebut. Namun pemberian ASI pada usia ini jauh lebih disarankan. Demikian informasi mengenai perkembangan bayi 5 bulan ini. Tetaplah menjadi orang tua yang bahagia

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*