Cara Menyimpan ASI yang Benar

cara menyimpan asi
Source: Meetdoctor

Ibu-ibu.net – Seperti yang kita ketahui, air susu ibu atau yang biasa disingkat dengan ASI adalah makanan pertama yang sangat dibutuhkan oleh bayi semenjak dilahirkan. Oleh karena itu, Ibu wajib mengetahui cara memberikan ASI ekskusif kepada bayi mulai dari cara memerah, cara menyiapkan hingga cara menyimpan ASI yang baik dan benar.

Pentingnya ASI ekslusif wajib diketahui oleh Ibu-ibu muda agar mampu mengoptimalkan nutrisi yang diberikan kepada buah hati sedari awal kehidupan.  Ada begitu banyak keajaiban dan manfaat yang terkandung di dalam ASI yang sangat dibutuhkan bayi dalam proses tumbuh kembangnya dan sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa manfaat ASI ekslusif yang wajib Ibu ketahui :

  1. ASI sebagai sumber nutrisi terlengkap

Keajaiban ASI yang pertama yaitu ASI memiliki sumber nutrisi terlengkap untuk memenuhi kebutuhan bayi demi perkembangan fisik hingga kecerdasannya. Luar biasa bukan. Ibu tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk memenuhi nutrisi bayi. Ibu cukup menjaga asupan gizi seimbang, menjauhkan stress dan menyiapkan hingga menyimpan ASI dengan benar agar selalu siap dikonsumsi bayi Ibu.

 

  1. ASI selalu ada

Selama Ibu menjaga asupan gizi dan menikmati hidup, ASI akan terus tersedia bagi bayi. ASI merupakan minuman segar yang berkualitas dan bersih. ASI tidak mungkin basi selama berada di payudara Ibu. Jika Ibu mengetahui cara menyimpan ASI yang baik dan benar, maka ASI akan terus terjaga ketersediannya bahkan ketika sang Ibu harus meninggalkan buah hati karena bekerja atau bepergian

 

  1. ASI tak menimbulkan alergi

Karena kandungan proteinnya yang unik, ASI tidak akan menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Luar biasa, bukan?

 

  1. ASI bagus untuk pertumbuhan sel otak

Karena kandungan protein khusus yang dikenal dengan nama Taurin, ASI sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan perteumbuhan sel otak pada bayi.

 

  1. ASI, media mempererat ikatan batin Ibu dan bayi

Proses menyusui adalah kegiatan yang paling dinikmati oleh seorang Ibu. Hal ini dikarenakan, saat menyusui, Ibu dan bayi akan merasa lebih damai dan akan menciptakan ikatan batin yang kuat antara Ibu dan sang buah hati. Suatu proses yang sangat langka dan merupakan momen-momen terindah dalam masa tumbuh kembang bayi.

Itu tadi beberapa keajaiban di antara begitu banyak keajaiban ASI yang patut diketahui Ibu muda. ASI ekslusif itu sangat penting diberikan kepada bayi sejak awal kelahiran hingga berusia 2 tahun yang bisa diselingi MPASI pada saat usia tertentu. Untuk Ibu bekerja yang sering meninggalkan bayi, wajib hukumnya untuk mengetahui cara menyimpan ASI yang baik dan benar.

Berikut beberapa cara menyimpan ASI dengan baik yang dapat Ibu praktekkan di rumah :

 

  • Gunakan wadah atau botol berbahan kaca (beling). Jangan menggunakan bahan plastik karena rentan pecah pada suhu dingin.
  • Cuci wadah dengan air hangat dan sedikit sabun lalu bilas hingga bersih. Atau Ibu juga dapat menggunakan cara sterilisasi dengan merebus botol dalam air mendidih.
  • ASI dapat tahan dalam suhu 250 celsius selama 6 hingga 8 jam. Jika Ibu terpaksa melakukan perjalanan selama beberapa hari, ASI dapat disimpan di dalam freezer atau lemari es dengan suhu 40  celsius dan dapat bertahan hingga  5 hari.
  • Untuk Ibu yang bekerja di kantor, cara terbaik memerah ASI adalah waktu pagi hari lalu disimpan di dalam lemari es untuk selanjutnya bisa disajikan pada bayi.

Nah, sekarang saatnya Ibu mulai menjaga asupan nutrisi sejak menjalani kehamilan hingga setelah melahirkan. Agar kebaikan dan keajaiban ASI dapat dinikmati sang buah hati guna lebih mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Ibu Menyimpan ASI Serta Cara Memberikannya Pada Buah Hati – UAW3000

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*