Ini Dia Cara Memilih Makeup Remover yang Bagus

memilih makeup remover

Ada berbagai cara untuk mendapatkan kulit yang terlihat bersih dan indah. Salah satunya cara adalah membersihkan wajah setiap hari. Terutama membersihkan wajah dari makeup setelah seharian menggunakannya. Ada banyak produk makeup remover yang bisa Kamu pilih. Namun bagaimana cara memilih produk makeup remover yang bagus dan sesuai dengan jenis kulit? Simak informasi berikut ini.

1. Kenali Jenis Produk

Sebelum membeli makeup remover ada baiknya Kamu memahami jenis makeup apa yang Kamu gunakan. Apakah jenis yang biasa atau yang memiliki bahan dasar anti air (waterproof). Pasalnya, tidak semua produk penghapus riasan untuk riasan biasa bisa digunakan pada riasan waterproof atau justru sebaliknya. Kalaupun ada, Kamu harus selektif lagi dalam memilih.

Pada jenis makeup waterproof lebih banyak kandungan tambahan yang tidak ada pada makeup biasa. Oleh karena itu, untuk membersihkan hasil makeup waterproof Kamu membutuhkan makeup remover dengan kandungan minyak yang memang dikhususkan menghilangkan makeup waterproof. Jadi, Kamu harus memilih makeup remover yang memiliki formula khusus.

2. Sesuaikan Jenis Kulit

Tips berikutnya adalah pilih produk dan sesuaikan dengan jenis kulit Kamu. Pada umumnya, ada produk makeup remover yang mencantumkan informasi mengenai penggunaannya. Apakah itu ditujukan untuk kulit yang kering, kulit normal, kulit berminyak, kulit sensitif, bahkan untuk kulit kombinasi.

Apabila Kamu memiliki kulit yang cenderung kering, sebaiknya Kamu bisa menggunakan pembersih atau makeup remover yang memiliki kandungan oil-based. Tentu saja hal ini ditujukan agar wajah Kamu tidak semakin kering. Selain itu Kamu juga bisa memilih produk yang dapat melembapkan kulit sekaligus menghilangkan sisa makeup secara efektif.

Jika Kamu memiliki kulit yang cenderung berminyak, bahkan bisa menimbulkan jerawat, ada baiknya Kamu menggunakan makeup remover yang dapat memberikan efek eksfoliasi pada kulit. Fungsinya agar kulit mati Kamu bisa hilang dan tergantikan atau tumbuh kembali dengan bagus. Selain itu pilihlah produk yang bisa mengangkat minyak berlebih yang ada di lapisan bawah makeup.

Sedangkan bagi Kamu yang memiliki kulit cenderung sensitif, Kamu tidak perlu khawatir lagi akan terasa perih atau sebagainya. Pasalnya Kamu bisa menggunakan penghapus makeup yang bagus dan terbaik yang memiliki kandungan bahan micellar watermakeup remover jenis seperti ini lebih banyak memiliki kandungan air dan juga minyak dengan komposisi seimbang. Oleh karena itu aman untuk Kamu gunakan pada area wajah yang sensitif seperti sekitar mata.

3. Kandungan Bahan

Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Ada yang memiliki jenis kulit yang kering, berminyak, normal maupun kombinasi. Apapun jenis kulit Kamu, perhatikan selalu kandungan yang ada di dalam makeup remover. Salah satu ciri  makeup remover yang bagus adalah yang bebas dari alkohol, deterjen maupun pewangi. Bahan-bahan tersebut dapat berisiko membuat kulit cepat mengalami iritasi.

Selain itu, upayakan juga jangan menggunakan produk makeup remover yang memiliki kandungan dengan kadar asam yang tinggi. Misalnya asam alfa hidroksi. Terutama pada Kamu yang memiliki jenis kulit sangat sensitif. Tidak hanya iritasi saja, tapi bahkan bisa merusak jaringan kulit Kamu.

4. Jenis Makeup Remover

Bukan rahasia lagi bahwasannya saat Kamu mengenakan makeup, Kamu harus  menyediakan makeup remover di dalam tas. Hal ini ditujukan agar Kamu bisa membersihkan sisa makeup di mana saja. Di pasaran, Kamu bisa menemukan berbagai jenis makeup remover terbaik. Mulai dari bentuk kemasan, kandungan, dan kegunaannya. Berikut ini ada beberapa pilihan jenis makeup remover yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan.

  • Milk Cleanser

Pembersih makeup yang satu ini merupakan salah satu pembersih makeup yang paling favorit di kalangan banyak orang. Bisa dikatakan pembersih ini menjadi pelopor sebelum adanya jenis pembersih lainnya. Hal ini dikarenakan selain berfungsi untuk membersihkan sisa makeup, produk ini juga bisa melembabkan kulit wajah dengan kandungan minyak alami.

Ciri dari produk ini adalah teksturnya yang terasa creamy, sedikit cair dan mengental nyaris layaknya susu. Begitu juga dengan warnanya yang terlihat putih. Pada umumnya, produk jenis ini digunakan diikuti dengan face toner. Hal ini dikarenakan selain mendapatkan hasil yang maksimal, juga bertujuan untuk mengangkat minyak maupun kotoran yang tersisa sekaligus menyegarkan kulit.

  • Cleansing Gel

Sama dengan namanya, pembersih jenis ini memiliki tekstur berupa gel. Pada umumnya, pembersih wajah ini memiliki formula yang ringan. Meskipun begitu, pembersih ini ampuh mengangkat sisa-sisa makeup yang Kamu kenakan. Cara pemakaiannya pun terbilang cukup mudah. Pastikan sebelum mengaplikasikan, cuci tangan Kamu dengan sabun dan keringkan.

Jika sudah, Kamu tinggal menggosokkan gel ke seluruh wajah secara perlahan hingga sisa-sisa makeup terangkat. Setelah itu, Kamu bisa membersihkannya dengan kapas atau tisu. Selain bisa membersihkan residu makeup, jenis pembersih ini juga bisa memberikan efek menenangkan serta tidak membuat kulit jadi kering.

  • Cleansing Oil

Bagi Kamu yang memiliki jenis kulit cenderung kering, ada baiknya Kamu menggunakan produk yang satu ini. Pasalnya bahan dasar dari produk jenis ini adalah dari oil atau minyak. Apabila ada jenis pembersih makeup yang berbahan dasar minyak, bisa Kamu gunakan juga untuk membersihkan sisa makeup yang berjenis waterproof. Selain itu makeup remover jenis ini juga bisa membantu Kamu dalam mengontrol kadar minyak pada kulit sehingga kulit Kamu tidak akan lagi terasa semakin kering.

  • Facial Cleansing Wipes

Bagi Kamu yang memiliki mobilitas tinggi dan serba praktis, Kamu bisa menggunakan pembersih yang satu ini. makeup remover jenis ini sekilas dan terlihat memiliki bentuk seperti tisu basah biasa. Namun, jangan salah, tisu yang satu ini berbeda karena kandungannya yang bisa mengangkat sisa-sisa makeup. Cara penggunaannya pun juga terbilang cukup mudah.

Kamu tinggal mengusap jenis pembersih ini ke seluruh wajah hingga sisa-sisa makeup yang Kamu kenakan terangkat sempurna. Setelah menggunakan jenis pembersih ini, Kamu juga bisa langsung mencuci wajah. Hal ini ditujukan agar pemakaian pembersih ini lebih maksimal dan wajah Kamu pun bisa terlihat lebih bersih.

  • Micellar Water

Produk pembersih ini lebih didominasi dengan bahan utama berupa air. Oleh karena itu, produk satu ini mempunyai formula yang lebih ringan dan cocok digunakan untuk berbagai jenis kulit. Selain itu, penggunaannya juga tidak meninggalkan rasa lengket pada wajah. Apabila Kamu ingin menggunakannya, cukup tuang micellar water pada kapas secukupnya. Lalu usapkan pada wajah hingga semua sisa makeup terangkat.

Salah satu produk micellar water yang bisa digunakan untuk segala jenis makeup adalah dari NIVEA. Jenis pembersih ini bisa Kamu gunakan untuk membersihkan makeup waterproof sekalipun. Hebatnya lagi dari produk NIVEA Micellar Water ini telah teruji secara dermatologis. Selain itu tidak mengandung pewarna, alkohol, paraben dan silikon sehingga aman digunakan untuk semua jenis kulit.

Oleh karena itu, yuk mulai dari sekarang biasakan membersihkan wajah dari sisa makeup. Kamu bisa mengkamulkan produk NIVEA sebagai makeup remover yang bagus sebagai produk untuk membantu membersihkan semua residu makeup.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*