Pentingnya Penggunaan Krim Pelindung Matahari untuk Wajah

Sunscreen NIVEA

Tabir surya merupakan produk perawatan kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Penggunaan tabir surya untuk wajah tak kalah pentingnya dengan penggunaan tabir surya di kulit tubuh lainnya. Seberapa penting penggunaan krim pelindung matahari untuk wajah?

Sebenarnya, Apa Sih Sunscreen Itu?

Sunscreen merupakan salah satu produk perawatan kulit yang wajib digunakan sebelum aktivitas keseharian Anda. Produk sunscreen berbentuk lotion, spray, gel, foam, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV, baik UVA maupun UVB.

Tubuh memang membutuhkan sinar matahari untuk dosis vitamin D, namun menggunakan sunscreen untuk wajah bermanfaat untuk menghalangi sinar matahari berbahaya yang menembus kulit dan mengakibatkan kanker kulit. Dampak buruk dari radiasi sinar UV dapat menembus awan dan kaca, baik itu pada siang, malam, bahkan ketika cuaca sedang mendung.

Kulit wajah yang tak memiliki perlindungan tepat dan terlalu sering terpapar sinar UV dapat mengalami penuaan dini serta menyebabkan keriput dan flek hitam. Meski sama-sama memiliki dampak buruk bagi kulit sinar UVA dapat menimbulkan dampak kerusakan yang lebih parah karena bisa menembus bagian terdalam kulit Anda dibandingkan sinar UVB.

Pentingnya Penggunaan Sunscreen Setiap Hari

Pada dasarnya Sinar UV akan selalu menghantui Anda setiap hari. Perlu Anda ketahui bahwa kulit wajah lebih tipis dan cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kulit di bagian lainnya. Kenyataan tersebut yang membuat kulit wajah lebih rentan terhadap gangguan akibat dampak buruk sinar matahari sehingga kulit wajah memang membutuhkan perawatan yang lebih optimal.

Dampak buruk dari paparan sinar UV dapat dirasakan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Beberapa dampak jangka pendek yang mungkin akan Anda rasakan jika tak memberikan perlindungan optimal pada kulit wajah adalah warna kulit menjadi gelap atau mungkin menjadi kusam. Pemakaian sunscreen dapat mengurangi resiko menggelapnya kulit.

Selain itu, penggunaan sunscreen untuk kulit wajah juga akan mencegah sunburn yaitu kondisi kulit dimana kulit akan mengelupas, kemerahan, membengkak dan gatal-gatal akibat dari sinar UVB yang berlebihan. Masalah kulit satu ini juga dapat mengakibatkan kanker kulit, oleh karena itu penggunaan produk tabir surya perlu dilakukan setiap hari. Gunakan krim yang melindungi matahari dari wajah.

Pilihlah sunscreen yang dilengkapi dengan perlindungan matahari minimal 30 SPF untuk mencegah tanning. Penggunaan sunscreen juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit dan juga melindungi kulit walaupun menggunakan pakaian yang tertutup.

Aktifitas Bersama Si Kecil Bila Tidak Mudik
Source: easyscienceforkids.com

Tidak hanya berlaku untuk orang dewasa, anak kecil dan bayi pun juga memerlukan perlindungan khusus dengan dioleskan sunscreen setiap kali ketika akan dibawa keluar rumah. Hanya saja penggunaan sunscreen direkomendasikan pada bayi di atas usia 6 bulan.

Dampak lain dari dampak buruk sinar UV yang mungkin akan muncul dalam jangka panjang adalah penuaan dini pada kulit wajah Anda. Pada dasarnya penggunaan sunscreen dapat melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput dan garis-garis halus yang muncul.

Selain itu, penggunaan sunscreen dengan baik dan benar dapat membantu Anda meratakan warna kulit yang belang akibat hiperpigmentasi. Selain itu, sunscreen juga dapat mencegah timbulnya jerawat dan masalah kulit lainnya seperti kulit kusam dan flek hitam.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Sunscreen untuk Wajah

Untuk perlindungan yang efektif pada kulit wajah Anda sebaiknya Anda memilih produk sunscreen sesuai jenis kulit wajah Anda. Produk tabir surya dalam bentuk krim dengan kandungan pelembab direkomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit wajah cenderung kering.

Sebaiknya hindari tabir surya semprot untuk penggunaan pada tipe kulit kering karena biasanya tabir surya jenis ini mengandung alkohol yang dapat membuat kulit semakin kering. Kandungan alkohol dan pewangi pada produk tabir surya perlu dihindari bagi Anda pemilih kulit wajah sensitif.

Bagi Anda pemilik tipe kulit yang berminyak dan rawan jerawat, pilihlah tabir surya dalam bentuk gel yang lebih cepat menyerap ke dalam kulit. Sebaiknya hindari menggunakan tabir surya dalam bentuk krim atau berbahan dasar minyak karena dapat menyumbat pori-pori dan membuat kulit wajah semakin berminyak.

Jenis tabir surya manapun untuk wajah yang Anda gunakan, pastikan cara penggunaannya sudah sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada label kemasan. Dalam pemilihan produk tabir surya nilai  SPF perlu disesuaikan dengan kondisi dan warna kulit Anda. Untuk perlindungan yang efektif gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 atau lebih.

Cara Menggunakan Sunscreen untuk Kulit Wajah

Penggunaan sunscreen harus dengan menggunakan cara yang tepat, mungkin banyak yang berpikir bahwa sunscreen hanya perlu dioleskan saja. Perlu Anda ketahui terdapat aturan yang harus Anda ikuti agar sunscreen bekerja lebih efektif pada kulit wajah Anda.

Untuk produk sunscreen dalam bentuk lotion atau cairan, kocok wadah terlebih dahulu sebelum digunakan agar kandungan di dalamnya tercampur dengan sempurna. Sunscreen tidak dapat melindungi kulit wajah sepanjang hari. Sehingga, disarankan untuk menggunakannya kembali setiap 1-2 jam sekali.

Anda perlu menggunakan sunscreen sebanyak dua jari karena kurang dari itu proteksinya tidak akan maksimal. Setelah menggunakan sunscreen, tunggu kira-kira 30 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan. Hal tersebut karena penggunaan produk sunscreen memerlukan waktu 30 menit agar bisa bekerja secara optimal untuk melindungi kulit di bawah sinar matahari.

Selain wajah, sunscreen juga perlu digunakan pada telinga dan leher untuk menjangkau seluruh bagian wajah dan kepala yang terpapar sinar matahari. Khusus produk sunscreen semprot atau spray sebaiknya digunakan dengan menyemprotkan dahulu ke tangan, kemudian usapkan secara merata ke kulit wajah.

Penggunaan krim pelindung matahari untuk wajah juga perlu disertai upaya lain mulai dari menggunakan kacamata hitam yang dapat menangkal sinar UV dan menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di luar ruangan. Anda dapat mencoba produk cream pelindung wajah NIVEA dari efek buruk sinar matahari, serta untuk mencegah penuaan dini dan masalah kulit yang lainnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*