Menghindari Lelah Saat Hamil Tidak Dengan Mengurangi Aktivitas

Mengatasi Kelelahan Saat Hamil
Sumber: greenwaldllp.com

Ibu-ibu.net – Lelah saat hamil menjadi masalah yang paling sering dialami oleh siapapun yang sedang mengandung. Apalagi ibu yang berprofesi sebagai pekerja atau wanita karir. Tidak hanya lelah secara fisik, tapi ibu juga merasakan lelah secara mental.

Apakah itu artinya ibu harus mengurangi aktivitas setiap hari? Jika itu yang ibu lakukan, berarti ibu kurang produktif selama kurang lebih 9 bulan mengandung. Dan jelas ini bukan hal baik untuk kelanjutan karir ibu.

Memang dokter kandungan akan menyarankan ibu untuk mengurangi kegiatan setiap hari untuk menghindari kelelahan selama kehamilan. Akan tetapi, hal tersebut tidak lantas membuat ibu tidak produk. Mungkin ibu bisa mengurangi kegiatan yang tidak perlu seperti hangout dengan teman hampir setiap hari, lembur hingga malam, dan lain sebagainya. Ibu tetap bisa melakukan pekerjaan seperti biasa, mulai pagi hingga sore hari. Tidak ada yang berubah.

Justru ibu harus melakukan hal lain untuk menghindari kelelahan. Bukan mengurangi kegiatan yang berpengaruh pada produktivitas kerja ibu. Lalu, apa yang saja hal yang perlu untuk ibu lakukan untuk mencegah kelelahan selama masa kehamilan?

Rajin Olahraga

Ini hal yang klise. Tapi ini benar-benar sangat efektif untuk menghindari kelelahan saat hamil. Pasalnya, olahraga akan membuat seluruh organ tubuh bekerja dengan ritme yang teratur. Berbeda dengan orang yang jarang olahraga namun energi mereka forsir. Ibaratnya, tubuh dipaksa untuk tancap gas, sama sekali tidak ada warning up. Akibatnya, tubuh mudah lelah. Berbeda dengan orang yang rajin olahraga. Warming up selalu dilakukan sehingga seluruh organ tubuh siap untuk diajak beraktivitas.

Meskipun demikian, tidak semua olahraga boleh dilakukan selama masa kehamilan. lupakan hobi ibu berupa bermain voli, naik kuda, bermain tenis lapangan, atau fitness. Lakukan olahraga yang tidak membuat tubuh ibu mengalami guncangan seperti berenang, yoga ibu hamil, dan senam kehamilan. Sebenarnya, yang paling mudah dan efektif untuk mengurangi rasa letih sembari terus memompa energi agar terus fit adalah berjalan santai setiap hari, entah di pagi atau di sore hari. Ibu bisa berjalan santai di sekitar kompleks rumah, di taman kota, atau di mall sembari membeli perlengkapan sang buah hati.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Zat Besi

Mungkin ibu bertanya mengapa zat besi. Karena nutrisi yang satu inilah yang bisa mencegah kelelahan ketika hamil. Ibu harus tahu saat hamil ibu mudah lelah bisa disebabkan karena ibu mengalami anemia atau kekurangan darah. Ini disebabkan suplai zat besi kurang. Untuk itu, cara yang paling tepat untuk mengatasi anemia adalah mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi tinggi seperti mengkonsumsi kubis, kangkung, bayam, serta kentang manis.

Zat besi juga bisa ibu dapatkan dengan cara mengkonsumsi buah-buahan seperti buah apel, anggur, serta palm. Ibu bisa jadikan buah-buahan tersebut sebagai penyegar mulut di siang hari.

Jangan menganggap remeh kelelahan. Banyak ibu hamil yang mengalami kelelahan begitu parah sehingga mereka mengalami keguguran. Ada juga yang menyebabkan bayi yang ada di dalam kandungan berkembang kurang maksimal. Bayi lahir dalam keadaan cacat atau memiliki berat badan di bawah ideal.

Di satu sisi, ibu juga butuh untuk menjaga kebugaran. Ini tidak hanya penting untuk ibu hamil yang berprofesi sebagai wanita karir saja tapi juga ibu rumah tangga. Olahraga serta mengkonsumsi makanan bergizi akan menghindarkan ibu terjadi rasa lelah saat hamil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*