Pahami Manfaat Koyo Pereda Nyeri Sekaligus Efek Sampingnya

Manfaat Koyo Hansaplast

Tak banyak orang yang tahu jika ada efek samping dari penggunaan koyo. Kebanyakan orang hanya tahu manfaat koyo pereda nyeri. Sehingga mereka tidak begitu memperhatikan produk kesehatan yang satu ini.

Sebenarnya, efek samping yang ditimbulkan oleh koyo ini tidak begitu berbahaya. Hanya saja, bukan berarti Anda tidak perlu mengetahui tentang hal ini. Karena Anda pasti ingin setiap kali merasa pegal atau nyeri bisa hilang dengan hanya menggunakan ini.

Maka dari itu, ada baiknya Anda ketahui bagaimana cara menghindari efek samping sehingga Anda bisa merasakan manfaat koyo untuk meredakan nyeri.

Efek Samping Koyo Pereda Nyeri

Anda pasti sudah tahu manfaat koyo, yaitu meredakan nyeri dan juga pegal-pegal. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika justru Anda mengalami efek samping. Beberapa efek samping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Alergi

Ada banyak sekali jenis alergi. Namun, yang paling sering adalah alergi yang berhubungan dengan kulit. Tanda-tanda alergi ditunjukkan pada kulit. Misalnya saja alergi terhadap obat tertentu yang menyebabkan bintik-bintik merah di kulit.

Begitu juga efek sampingnya. Alergi yang ditimbulkan bisa terjadi pada kulit. Munculnya bintik-bintik merah. Ini patut untuk di perhatikan.

Alergi ini biasanya dialami oleh orang yang memang sering mengalami alergi di kulit. Makanya, bagi Anda yang sering mengalami alergi, sebaiknya hati-hati menggunakan koyo. Ini bisa saja bukan karena koyo melainkan kondisi kulit yang rentan sekali mengalami alergi.

  1. Kulit Terasa Terbakar

Salah satu kandungan utama adalah mentol. Ini awal bagaimana manfaat koyo pereda nyeri bisa Anda rasakan. Mentol memberikan efek dingin sehingga rasa nyeri otot tertutupi. Seolah-oleh nyeri otot hilang.

Akan tetapi, sebelum efek dingin muncul, ada efek panas. Apalagi jika kulit Anda sensitif. Anda akan merasakan bahwa kulit terasa terbakar. Dan itu terjadi dalam kurun waktu yang lama. Padahal, seharusnya efek panas tersebut hanya terasa di awal. Lambat laun harusnya berubah menjadi dingin.

  1. Bengkak

Tidak banyak yang mengalami bengkak. Akan tetapi, ada potensi produk pereda nyeri ini menyebabkan bengkak. Terutama jika produk ini ditempelkan pada kulit yang dekat dengan luka.

  1. Gatal-Gatal

Alergi bisa ditunjukkan dengan bintik-bintik merah pada kulit. Namun, bisa juga ditunjukkan dengan gatal-gatal.

Makanya, ketika ini menyebabkan gatal-gatal, segera hentikan. Lepaskan koyo dan biarkan kulit yang terasa gatal tersebut terkena udara terbuka.

Itulah beberapa efek samping yang bisa terjadi. Namun, hal tersebut tidak lantas membuat Anda tidak perlu lagi menggunakan koyo. Informasi tersebut seharusnya menjadi peringatan agar Anda tidak asal dalam menggunakan produk ini. Tujuannya agar Anda tidak mengalami efek samping. Dan Anda mendapatkan manfaat koyo pereda nyeri.

Mencegah Terjadinya Efek Samping Koyo

Tidak ada yang tahu persis bagaimana agar efek samping koyo tidak Anda alami. Namun, ada beberapa hal yang sepertinya patut untuk Anda perhatikan.

Dari beberapa kasus yang terjadi, efek samping produk pereda nyeri itu dialami oleh seseorang yang menggunakan koyo pada bagian tubuh yang sering mengalami iritasi. Hal ini mungkin disebabkan kondisi kulit yang tipis dan sensitif. Maka dari itu, jika Anda punya riwayat seperti itu, sebaiknya Anda perlu hati-hati.

Kalau Anda ingin menggunakan koyo, gunakan sekadarnya saja. Jangan terlalu lama. Apalagi sampai Anda tempelkan sembari tidur. Itu artinya Anda tempelkan koyo semalam suntuk. Sebaiknya hindari hal tersebut. Gunakan koyo Hansaplast yang hangat dan tempelkan beberapa menit saja. Jangan sampai berjam-jam.

Selain itu, hindari juga menempelkan koyo pereda nyeri pada bagian yang terluka. terutama luka terbuka. Kandungan di dalam koyo bisa menyebabkan peradangan. Begitu juga jangan menggunakan koyo dekat dengan bagian yang terluka. Karena bagaimanapun juga hal tersebut bisa mempengaruhi luka meskipun bagian yang terluka tersebut tidak Anda tutupi dengan koyo.

Tips Meredakan Nyeri Hanya dengan Koyo

Apakah koyo bisa benar-benar meredakan nyeri dan pegal-pegal? Bisa sekali. Bahkan, ini lebih efektif daripada pijat. Karena belum tentu juga pijat membuat pegal-pegal hilang. Banyak sekali orang yang justru merasa semakin pegal setelah dipijat. Ini bisa saja disebabkan tukang pijat yang kurang lihai.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan koyo. Anda akan mendapatkan manfaat koyo pereda nyeri jika Anda gunakan dengan tepat.

Pertama-tama, tempelkan koyo pada bagian tubuh yang terasa nyeri selagi masih ringan. Jangan tunggu hingga nyeri tersebut terasa begitu luar biasa. Karena pada dasarnya koyo ini digunakan untuk menghilangkan nyeri ringan. Jadi, ketika Anda sudah merasa pegal-pegal atau nyeri, segera ambil koyo dan tempelkan.

Setelah Anda menempelkan koyo, Anda sebaiknya melakukan aktivitas ringan. Anda bisa tetap bekerja di kantor. Yang terpenting, Anda tidak melakukan aktivitas berat. Aktivitas ringan akan membantu otot kembali pada kondisi yang semula.

Jangan sekali-kali Anda istirahat total. Karena ketika Anda sama sekali tidak beraktivitas, ini justru membuat otot semakin lemah. Rasa nyeri justru akan sulit dihilangkan. Otot harus tetap diajak untuk beraktivitas sehingga berada di kondisi semula. Otot menjadi kuat seperti sediakala.

Jadi, memang benar ada manfaat koyo pereda nyeri. Itu bukan hanya sekedar sensasi. Asalkan Anda gunakan koyo dengan tepat, Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut. Sekaligus Anda harus berusaha mencegah terjadi efek samping.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*