Pastikan Hal Ini Terjadi Di Masa Perkembangan Bayi 14 Bulan

perkembangan bayi 14 bulan
Sumber: Pexels

Setelah memastikan bahwa Anda telah memenuhi semua nutrisi yang dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak, jangan lupa untuk terus memantau perkembangan anak sesuai usia mereka. Berikut adalah hal-hal yang biasanya dicapai pada masa perkembangan bayi 14 bulan.

Perkembangan Motorik

Jika anak Anda sudah mulai berjalan sejak beberapa minggu atau bulan sebelumnya, kepercayaan diri dan kemantapannya mungkin telah tumbuh hari demi hari. Anda bisa melihat bahwa sekarang ia bisa memulai dan mengakhiri langkahnya dengan mulus. Sang buah hati juga bisa berhenti lalu berjongkok untuk mengambil mainan tanpa terjatuh. Anak umur 14 bulan juga senang memindah-mindahkan barang dari tempat ke tempat lain. Seolah tidak pernah merasa lelah, mereka senang sekali mendorong-dorong ini-itu. Bahkan, Anda akan menyadari bahwa si kecil terus bergerak, menguji kemampuan fisiknya sendiri. Dia mungin akan mencoba berlutut di lantai atau di kursi, mencoba menaiki tangga atau memanjat meja makan. Antusiasmenya jauh melebihi kemampuannya, pastikan Anda selalu mengawasi si kecil.

Pastikan bahwa rumah Anda aman bagi anak-anak. Cara terbaik untuk memastikan bahwa anak tidak akan terluka adalah dengan berkeliling ke setiap ruangan yang ada di rumah sambil merangkak, kemudian perhatikan kira-kira masalah apa yang akan dihadapi anak jika ia merangkak ke ruangan itu. Pasang pagar-pagar pengaman di ujung tangga dan colokan-colokan listrik. Sterilkan barang pecah belah dari meja untuk menghindari risiko anak tertimpa.

Di masa perkembangan bayi 14 usia bulan, si kecil mungkin telah memiliki koordinasi yang cukup baik untuk bisa menggelindingkan bola ke arah Anda dan berusaha menangkap ketika bola itu Anda gelindingkan balik ke arahnya. Anda bisa menghabiskan beberapa menit untuk mengajaknya bermain tangkap bola. Permainan-permainan seperti ini merupakan bagian dari kebutuhan anak untuk mengeksplorasi dunia termasuk benda-benda dan orang-orang yang ada di dalamnya.

Jika buah hati Anda belum bisa berjalan, tidak usah khawatir, itu hanya masalah waktu. Perlu Anda ingat bahwa antara anak yang mulai berjalan sejak umur 9 bulan dan anak yang baru bisa berjalan pada usia 18 bulan sebetulnya sama-sama termasuk normal.

Respon Sentuhan, Gerakan Jari dan Tangan

Perkembangan balita 14 bulan juga ditandai dengan semakin berkembangnya respon sentuhan. Anak-anak senang menyentuh. Nyatanya, mereka ingin menyentuk dan merasakan semua yang mereka bisa — cavang pohon, hewan peliharaan keluarga, air yang mengalir dari selang. Jika Anda terus mengingat bahwa sentuhan merupakan sarana penting bagi anak untuk belajar dan cara untuk mengingat detail tentang berbagai benda, Anda mungkin akan berhenti berkata “Jangan sentuh itu!” setiap kali si kecil mengulurkan tangannya.

Salah satu cara seru untuk mendorong anak mengeksplor indera sentuhannya dalah dengan mengumpulkan beragam barang secara berpasangan. Misalnya, kumpulkan dua buah pensil yang belum diraut, dua helai kain, dua helai ampelas, dua buah cangkang kerang, dan lain-lain — semakin banyak jenisnya maka semakin baik — lalu masukkan masing-masing satu dari tiap benda ke dalam kantong kertas. Lalu duduklah bersama si kecil dan bimbing ia merasakan dan mengenali benda yang tersisa dengan menggunakan sentuhan. Setelah itu anak akan memasukkan tangannya ke dalam kantung plastik untuk menemukan pasangan dari tiap-tiap barang.

Umumnya di masa perkembangan anak 14 bulan, mereka juga senang mencoba melakukan gerakan-gerakan halus seperti memakai sendiri sepatunya. Mereka jufa senang mengotak-atik sesuatu, misalnya mengisi kardus mainan dengan macam-macam barang.

Ada banyak aktivitas bagi bayi 14 bulan yang bisa membantu melatih gerakan jari dan tanganny. Salah satunya adalah dengan membuatkan latch board atau papan selot. Di toko material, belilah beberapa macam selot kemudian pasang di sebuah papan. Si kecil akan dengan senang hati menyibukkan dirinya membuka dan menutup selot, tanpa terasa melatih kemampuan motorik halusnya. Hanya saja, demi keamanan pastikan Anda tidak membeli selot yang persis sama dengan yang Anda gunakan di rumah untuk menjaga anak pergi ke ruangan-ruangan yang tidak aman bagi mereka.

Jangan lupa bahwa setiap bayi adalah individu berbeda. Hal-hal di atas merupakan pencapaian yang umumnya terjadi pada masa perkembangan bayi 14 bulan. Tetapi tidak menutup kemungkinan bayi mengalaminya lebih cepat atau lebih lambat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*