Pentingnya Tidur Cukup Kala Puasa

posisi tidur ibu hamil
Sumber: MomJunction

Ibu-ibu.net – Pada saat puasa, waktu istirahat bunda beristirahat tentunya berkurang karena perlu bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur. Untuk itulah posisi tidur ibu hamil sangat penting untuk diketahui karena mempengaruhi rasa lelap bunda. Mari simak alasannya pentingnya tidur cukup dan cara menyiasatinya waktu.

Rata-rata bunda yang sedang hamil akan mengalami kelelahan dan kecenderungan untuk kurang tidur karena perubahan fisiologis bunda dan janin yang dikandung. Makanan yang bernutrisi tentu penting, namun tidur juga tidak bisa diabaikan. Kelelahan berkepanjangan akan mempengaruhi kelancaran masa-masa kehamilan bunda. Perbanyak tidur siang untuk membayar kurangnya tidur malam juga bukanlah suatu ide yang bagus. Karena bunda akan merasa lemas dan tidak bertenaga.

Oleh karena itulah, untuk bunda yang berpuasa, kami telah menyiapkan tips agar bunda bisa menyiasati waktu yang ada sehingga mendapat istirahat yang cukup.

  1. Bunda perlu mengatur ulang waktu

Bunda yang perlu bangun lebih awal untuk menyiapkan sahur, perlu mengatur agar waktu tidur diusahakan lebih pagi. Setelah salat tarawih, bunda bisa menyiapkan segala keperluan yang berkaitan dengan sahur agar tidak perlu bangun lebih awal dan juga tidak tergesa-gesa. Setelah itu, bunda perlu mematikan segala perangkat elektronik, mandi air hangat dan mematikan lampu untuk membuat bunda lebih nyaman saat tidur.

  1. Tidur kembali setelah sahur

Bagi bunda yang bekerja, bunda bisa kembali tidur setelah sahur agar tidak mengganggu aktifitas kerja bunda. Berikan waktu jeda sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum kembali tidur agar pencernaan bunda tidak terganggu

  1. Tidur sore

Bunda bisa mengambil waktu istirahat 30 menit untuk tidur cepat kalau memungkinkan agar bunda tidak terlalu mengantuk. Bunda bisa mengambil waktu antara jam 2 hingga jam 4 sore.

  1. Makan makanan sehat

Bunda perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan folat seperti biji-bijian dan sayuran hijau. Manfaatnya sangat tinggi karena bisa mengurangi sindrom kaki gelisah yang menjadi penurun kualitas ibu hamil. Selain itu, bunda bisa memilih menu sahur yang praktis dan bergizi. Karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, sayur, buah-buahan dan air yang cukup adalah jaminan puasa yang berkualitas. Bunda juga sebaiknya tidak konsumsi makan asam dan pedas agar tidak terjadi gangguan pencernaan.

  1. Posisi tidur yang benar

Bunda perlu tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Posisi ini bisa memperlancar sirkulasi darah baik ke jantung maupun ke janin. Posisi ini juga tidak akan menekan perut dan mengurangi pembengkakan pada kaki. Posisi tidur yang satu ini ternyata memungkinkan ginjal bekerja lebih baik sehingga tidak mengalami edema. Untuk lebih nyaman, bunda bisa menaruh bantal di punggung dan perut. Belilah bantal yang agak panjang dan empuk supaya tidur bunda berkualitas.

  1. Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang membuat tidur bunda tambah nyenyak. Bunda tidak bisa melewatkan olahraga deh. Bunda bisa melakukan olahraga yoga yang membuat pikiran bunda lebih relaks dan mengurangi otot-otot yang tegang. Kalau tidak sempat yoga, bunda bisa melakukan jalan kaki yang sekitar satu jam.

Jadi bunda sudah mengerti kan pentingnya tidur cukup dan kiat-kiat agar bunda bisa tidur cukup. Posisi tidur ibu hamil yang benar juga ternyata sangat mendukung. Jadi mari istirahat yang cukup di bulan Ramadhan ini dan kita doakan kelancaran persalinan dan kesehatan bunda serta janin selalu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*