Bagaimana Perkembangan Janin Anda Usia 9 Minggu?

perkembangan janin usia 9 minggu
Source: Boredpanda

Ibu-ibu.net – Bagi Anda yang sedang mengandung dan sedang menjalaninya diusia 9 minggu. Selamat bagi Anda semua, Anda sudah berhasil melalui tahap sebelumnya dengan bahagia dan lancar. Kini usia kehamilan Anda sudah memasuki trimester pertama dari 3 trimester yang harus dilalui. Tetaplah semangat dan bahagia untuk menyambut si kecil!

Lalu apa sajakah yang sudah berubah dari tubuh Anda? Bagaimanakah perkembangan janin usia 9 minggu di dalam rahim Anda? Kami akan memberikan sedikit ulasan berikut.

Perubahan apa sajakah yang terjadi dengan tubuh Anda?

Anda mungkin secara fisik tidak tampak sedang hamil bagi orang lain yang melihat dan tidak mengetahui perihal kehamilan Anda. Namun pada usia 9 minggu kehamilan Anda sudah terdapat beberapa perubahan yang terjadi, seperti perubahan suasana hati yang naik turun, mual dan muntah, serta bagian perut yang menjadi lebih buncit. Ini adalah ketidaknyamanan umum selama perkembangan janin usia 9 minggu.

Mual dan muntah pasti merupakan ketidaknyamanan yang paling menyiksa. Sehingga cara terbaik untuk menghindari ketidaknyamanan tersebut adalah dengan mengatasi atau mencegah mual dan muntah itu. Anda bisa menghindari mual dan muntah dengan memakan makanan sedikit demi sedikit, tapi dilakukan secara berulang. Maksudnya, Anda bisa makan sepanjang hari dengan porsi kecil daripada makan tiga kali sehari dalam porsi besar. Anda juga mengkonsumsi makanan ringan seperti biskuit, roti, buah-buahan jika makanan berat susah masuk ke perut Anda. Anda juga bisa mencegah mual dan muntah dengan menghindari berbaring setelah makan dan menghindari makanan pedas atau berminyak.

Perubahan suasana hati juga biasa terjadi, sangat normal untuk bergantian merasa gembira dan takut untuk menjadi orang tua. Anda juga mungkin cenderung menjadi lebih sensitif, mudah tersinggung, marah, sedih, dan lain sebagainya. Jika itu terjadi cobalah untuk lebih rileks lagi dan lebih menata hati Anda. Komunikasikan semua yang Anda rasakan kepada pasangan dan mintalah pengertiannya. Kebanyakan wanita memang merasa moodiness sekitar 6 sampai 10 minggu masa kehamilan dan akan mereda pada trimester kedua, kemudian muncul kembali menjelang persalinan.

Pada kehamilan dititik ini, Anda mungkin mulai merasa cepat lelah tapi sulit untuk tidur. Hal ini mungkin disebabkan oleh perubahan hormonal, masalah tidur di malam hari, atau morning sickness. Tidak dapat tidur nyenyak di malam hari mungkin karena Anda tidak bisa menemukan posisi yang nyaman atau sering ke kamar mandi akibat mual dan muntah. Jika Anda mengalami kesulitan tidur seperti itu, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk mengubah posisi tidur sesuai dengan saran terbaik dari dokter atau bidan Anda.

Selain perubahan tersebut di atas juga terdapat perubahan pada daerah kewanitaan Anda. Peningkatan hormon kemungkinan menyebabkan area kewanitaan rentan terhadap perkembangan jamur. Namun Anda tak perlu khawatir, menjaga kesehatan dan kebersihan diri terutama organ kewanitaan dapat menghindarkan dari bahaya jamur tersebut.

Bagaimanakah perkembangan janin usia 9 minggu?

Meski masih sangat kecil, bayi Anda sekarang sudah siap untuk mendapatkan kenaikan berat badan dengan cepat. Bayi Anda sudah mulai terlihat seperti manusia kecil sejak ekor embrio benar-benar hilang. Kelopak mata sudah terbentuk sempurna tetapi masih menyatu dan tertutup. Kelopak mata akan terbuka lagi pada minggu ke 28.

Semua sendi, termasuk lutut, siku, bahu, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan sudah dapat bekerja dan memberikan akses kepada bayi Anda untuk bergerak bebas di dalam kantong amnion. Bayi Anda sekarang sudah dapat untuk mengepalkan tangan dan mungkin mulai mengisap jempolnya. Jantung bayi Anda mulai berdetak dan telah terbagi menjadi empat bilik. Katup jantung juga mulai berkembang.

Bayi Anda sekarang memiliki ukuran seperti buah anggur anggur. Berukuran sekitar 1,67 inci (4,24 cm) dari kepala ke pantatnya, dan beratnya sepersekian ons.

Bayi Anda kini memiliki telinga kecil, mulut, hidung, dan lubang hidungnya lebih jelas. Plasentanya sekarang sudah cukup berkembang untuk mengambil alih sebagian besar tugas untuk memproduksi hormon, mengalirkan nutrisi dan gizi untuk bayi Anda.

Perkembangan janin usia 9 minggu ini rasanya perlu untuk dicatat dan diingat karena betapa perkembangan ini sangat menakjubkan ini bisa terjadi dengan begitu cepat di dalam rahim Anda.

Pada perkembangan janin usia 9 minggu ini, Anda sebaiknya mengunjungi bidan atau dokter Anda. Dokter atau bidan pasti akan melakukan serangkaian tes untuk memeriksa kondisi Anda. Mereka mungkin mengambil sampel darah Anda untuk dilakukan tes.

Jika Anda berusia lebih dari 35 tahun saat memasukki usia janin 9 minggu ini atau memiliki riwayat keluarga dengan penyakit genetik seperti fibrosis kistik. Bicarakan dengan dokter atau bidan Anda untuk mendapatkan rujukan untuk melakukan tes chorionic villus sampling (CVS).  Tes ini dapat dilakukan antara 9 dan 12 minggu usia kehamilan dan dapat mendeteksi kelainan kromosom (seperti sindrom down) dan kelainan genetik (yaitu cystic fibrosis) dengan tingkat akurasi yang tinggi (98-99%).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*