Simak Perkembangan Janin Usia 19 Minggu Di Trimester Dua

perkembangan janin usia 19 minggu
Source: Bidanku

Selamat Ibu, telah berhasil melewati separuh dari masa kehamilan. Memasuki trimester kedua, perkembangan janin usia 19 minggu tentu akan sangat berbeda dengan perkembangan pada trimester awal. Di usia kehamilan ini bagian mata janin sudah terbentuk dengan baik, yang diikuti dengan struktur gigi dan tulang yang mulai mengeras. Rambut atau bulu halus pun sudah mulai tumbuh pada tubuhnya termasuk pula alis dan bulu mata.

Bagian kelamin atau organ reproduksi janin pun sudah mengalami perkembangan. Jika janin berjenis kelamin perempuan organ reproduksi sudah berada di tempat yang seharusnya dan terbentuk dengan jelas. Tuba falopi, uterus dan vulvamulai terlihat. Bahkan sel telur juga sudah diproduksi sebanyak 6 juta sel telur yang akan semakin berkurang seiring mendekati waktu bayi akan dilahirkan. Jika di minggu-minggu sebelumnya jenis kelamin janin belum dapat terlihat dengan jelas saat pemeriksaan USG, di usia 19 minggu, jenis kelamin sudah dapat terlihat meski masih cukup sulit.

Pada perkembangan janin usia 19 minggu, organ jantung pada janin sudah dapat memompa sekitar 25 liter darah setiap harinya dan ditandai dengan detak jantungnya yang sudah mulai terdengar dan dirasakan oleh Ibu. Usia janin 19 minggu, bisa disebut menjadi masa yang penting bagi perkembangan indera janin. Sel-sel saraf pada otak janin dapat membantunya untuk bereaksi terhadap perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi pada tubuhnya. Jika janin diukur maka kini ukuran janin dari kepala sampai bagian bokong sudah mencapai sekitar 14,2cm dengan berat badan sekitar 240 gram. Pertumbuhan ukuran dan berat janin dari minggu ke minggu kehamilan pastinya akan terus mengalami pertumbuhan dengan pesat. Ginjal janin seharusnya sudah dapat bekerja dengan baik sehingga setiap kali janin menelan air  ketuban, ia dapat membuangnya melalui urin.

Perkembangan saraf janin disebut berada pada puncaknya.  Setelah itu produksi sel-sel saraf janin akan mengalami penurunan karena adanya pertumbuhan sel-sel saraf yangsemakin besar dan saling terhubung dengan kompleks pada bagian dalam otak, yang ditandai dengan kemampuan janin dalam melihat, menyentuh, mendengar dan mencium yang sudah mulai terbentuk pada otaknya. Di usia kehamilan ini pula organ-organ pendukung janin seperti kuku dan rambut di kepalanya sudah mulai tumbuh dengan perlahan.

Di dalam rahim Ibu, janin sudah mulai dapat bergerak, seperti memiringkan tubuhnya bahkan menendang. Seiring dengan usia dan rahim yang makin membesar, Ibu pun akan semakin intens merasakannya yang kadang di saat gerakan janin terlalu aktif dapat membuat tidak nyaman.

Beberapa gejala kehamilan yang Ibu khawatirkan akan menghilang. Bahkan pada beberapa Ibu hamil semua keluhan kehamilan seperti mual, muntah dan keram seperti yang terjadi pada usia janin di minggu kelima tidak lagi terjadi. Hal ini pastinya membuat Ibu menjalani kehamilan dengan lebih bahagia,  nyaman dan lebih tenang dari sebelumnya.

Selain itu, di usia 19 minggu kehamilan ini pun tidak lagi harus takut dengan risiko keguguran karena fase tersebut sudah berlalu. Janin sudah melekat dengan kuat sehingga risiko keguguran pun sudah berkurang. Namun meski begitu, Ibu tetap harus bisa menjaga kondisi tubuh dengan baik dan mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi. Agar membantu ibu untuk menjaga kesehatan tubuh dan menunjang perkembangan janin usia 19 minggu di dalam kandungan.

Ibu juga bisa mengikuti kiat dan tips memasuki kehamilan minggu ke 19 sebagai berikut :

  1. Ajak janin Ibu berbicara, karena perkembangan janin usia 19 minggu sudah mulai bisa mendengar. Ajak ayah juga untuk melakukannya, lalu lihat respon apa yang diberikan oleh janin.
  2. Lakukan senam ringan demi menjaga kebugaran tubuh Ibu.
  3. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan USG untuk melihatperkembangan janin.
  4. Penuhi dan perhatikan asupan nutrisi harian untuk membantu tumbuh kembang janin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*