Sumber Nutrisi Selama Kehamilan Bunda Wajib Coba!

nutrisi selama kehamilan
Source: OnlyMyHealth

Ibu-ibu.net – Nutrisi selama kehamilan, salah satu faktor penting yang sangat tidak boleh diremehkan. Perkembangan janin sanga bergantung pada kualitas menu makanan ibu hamil. Bahkan, calon buah hati ayah bunda tidak akan segan mengambil jatah nutrisi ibunda kalau memang dirasa kurang. Hal ini menjelaskan kenapa bunda yang makan sembarangan gampang merasa lelah dan letih. Tapi apa daya kalau pengetahuan seputar nutrisi tidak sampai setengah ujung kuku?

Pengetahuan dibuat bukan sekedar syarat lulus sekolah dan universitas. Justru, hasil kerja para peneliti bertujuan keras membuat bunda lebih sejahtera sampai hari persalinan. Penjelasan kebutuhan nutrisi di kalan mengandung akan sulit terpenuhi kalau sumber nutrisi kehamilan saja tidak tahu. Maka dari itu, dibawah ini adalah penjelasan bahan makanan sehat ayah bunda:

1. Brokoli

Sayuran berbentuk pohon mini ini sangat direkomendasikan selama masa kehamilan. Meskipun rasa brokoli kadang kurang bikin yakin, kandungan asam folat-nya jangan diremehkan. Diantara keluarga sayuran, brokoli terbilang pemenang utama.

Asam folat mungkin jarang terdengar, meski tanggung jawab asam folat sangat berpengaruh selama kehamilan. Asam folat bergabung dengan senyawa lain dan memastikan janin tumbuh dengan benar. Penelitian juga membuktikkan asupan asam folat memperkecil kemungkinan bayi down syndrome.

2. Pisang
Buah panjang berwarna kuning ini tergolong mudah dikonsumsi kapan saja dan dimana saja. Harga pisang yang cukup terjangkau tidak menutup fakta bahwa pisang mampu menyehatkan bunda. Pisang juga terbukti mengurangi rasa mual di awal kandungan, serta memulihkan energi secara instant.

3. Yoghurt
Semenjak yoghurt asal jepang populer di Indonesia, kini sudah bertebaran beragam merek yoghurt siap konsumsi. Kebanyakan yoghurt punya fungsi yang tak jauh berbeda, yakni membantu fungsi pencernaan. Ingat, perempuan hamil rawan terkena ambeian sehingga pencernaan yang lancar bisa melindungi bunda dari rasa sakit berlebihan yang tak diinginkan.

4. Kefir
Ibu-ibu yang gemar online shopping Instagram mungkin pernah mendengar masker kefir. Tenang, kefir yang dimadsud disini bukan masker kecantikan melainkan bahan makanan bernama kefir. Umumnya, kefir dihancurkan hingga halus membentuk jus, rasanya juga mirip hanya saja kefir terasa lebih padat.

Kefir kaya akan probiotik. Senyawa satu ini membantu meningkatkan ketahan tubuh perempuan hamil. Lagipula, rasa kefir yang begitu lezat tidak akan memberatkan bunda dalam konsumsi sehari-hari.

5. Minyak kelapa
Minyak kelapa alias coconut oil jauh lebih terkenal untuk oil pulling yakni teknik pemutihan gigi alami. Padahal, minyak kelapa sendiri sangat berguna untuk kehamilan dan beragam aspek kesehatan lain. Lemak dalam minyak kelapa merupakan jenis lemak baik yang malah diperlukan saat masa mengandung.

Kelebihan minyak kelapa dibanding bahan lain adalah fleksibilitasnya. Minyak kelapa tidak hanya berguna untuk masak, namun juga pemanis dalam kopi. Jika bunda tahan, makan minyak kelapa mentah-mentah juga tidak ada salahnya.

6. Telur
Bahan makanan yang terbilang merakyat dan gampang digabungkan dengan beragam hidangan terletak pada telur. Kalau bisa dibilang, telur merupakan bahan wajib ada saat kehamilan atau malah seumur hidup. Manfaat telur yang beragam dengan batas konsumsi dalam sehari kira-kira 10 butir keatas membuat telur cukup menguntungkan.

Protein dalam telur tidak perlu ditanyakan lagi. Harap diketahui, janin terbentuk dari kumpulan protein. Artinya, semakin baik asupan protein, kemungkinan janin tumbuh sehat tanpa masalah akan sangat besar.

7. Almond
Ingin cemilan sehat, tapi tidak rempong? Kacang almond jawabannya. Akhir-akhir ini makanan berbahan dasar almond cukup digemari. Sebetulnya bukan tanpa alasan orang-orang berbondong membeli almond, karena memang manfaatnya yang tidak bisa dibantah.

Semua keluarga kacang terbilang bernutrisi dan kaya akan vitamin. Tapi sejauh ini penelitian membuktikkan bahwa almond juara pertama kalau menyangkut protein. Sama kasus dengan telur, almond tergolong makanan yang sangat membantu kebutuhan perkembangan janin. Berita baiknya, almond juga tersedia dalam bentuk susu, bunda tidak perlu repot kalau sedang malas makan.

8. Kurma

Makanan yang banyak dijadikan oleh-oleh tanah suci umat Islam ini ternyata punya kelebihan tersendiri. Tidak hanya berstatus cemilan sehat, kurma sendiri mampu membantu kehamilan bunda.

Sebagai permulaan saja, kurma terbukti membantu elastisitas serviks sehingga mudah terbuka dan tertutup bagi jalannya calon buah hati. Walaupun kurma tidak membantu serviks sekalipun, kandungan kurma mampu tingkatkan energi dengan cepat. Jangan khawatir, bukan berarti kurma menggemukkan, penelitian membuktikkan kurma tinggi serat.

9. Bayam
Bukan Cuma popeye yang jadi kuat usai makan bayam, perempuan hamil juga dapat kesempatan serupa. Rasa bayam yang sedikit pahit namun cenderung netral sangat cocok dipadukan dengan jenis makanan apapun. Siapa sih yang bisa menolak hangatnya bayam berpadu ayam dan tempe?

Dari segi gizi, bayam tergolong ‘rakus’. Semua gizi nyaris dipakai oleh bayam. Mulai dari niacin, protein, serat dan zat besi. Faktor vitamins terdapat A, C, E K, thiamin, vitamin B6. Bahkan, dalam satu helai bayam sudah termasuk asam folat, magnesium, phosphorus, potassium, copper, and manganese. Wah, bagaikan paket hemat, ya.

10. Nanas
Buah tropis berduri mencolok ini ternyata masuk daftar makanan ibu hamil, lho. Nanas punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi, dan mampu membuat serviks lebih elastis lho. Sayangnya, banyak orang punya alergi pada nanas, dan terlalu banyak konsumsi buah satu ini bisa bikin mual. Sebaiknya bunda konsultasi nutrisi selama kehamilan dengan ahlinya sebelum memutuskan konsumsi nanas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*