Tips Mempersiapkan Persalinan Normal Yang Diprediksi Tepat Saat Lebaran

Saat usia kandungan sudah memasuki bulan penuh penantian, atau bulan dimana HPL ada di depan mata, maka akan ada banyak persiapan yang harus ibu hamil dan keluarga lakukan dalam proses persalinan normal maupun caesar. Apalagi, jika dokter telah mengatakan jika hari perkiraan lahir akan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Tentu akan sangat membutuhkan persiapan yang lebih matang. Pasalnya, saat lebaran biasanyan banyak instalasi atau klinik dokter yang tutup karena ikut serta dalam merayaka hari raya.

Ada beberapa hal yang harus ibu hamil perhatikan dalam mempersiapkan persalinan normal agar bisa berjalan dengan lancar meskipun bertepatan dengan hari lebaran. Dengan melakukan berbagai macam persiapan, bisa dipastikan jika ibu hamil akan lebih siap dalam menghadapi proses persalinan. Persiapan kesehatan fisik, ketenangan batin, dan juga mental juga menjadi salah satu hal yang wajib dijadikn prioritas dalam mempersiapkan persalinan.

Ada beberapa hal yang bisa ibu hamil lakukan sebelum menjalani proses persalinan, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Hindari rencana perjalanan jarak jauh

Jika memiliki sebuah rencana untuk kembali ke kampUng halaman saat lebaran, ada baiknya kembali memikirkan ulang risiko yang bisa saja Anda dapati  saat berada dalam perjalanan. Apalagi jika hari perkiraan lahir tinggal hitungan hari, akan ada banyak risiko yang bisa ibu hamil dapatkan, seperti ketuban pecah dan berada dalam perjalanan tentu akan dangat membahayakan proses persalinan. Sebaiknya atur juga jadwal kunjungan saat bersilaturahmi pada kerabat, agar tidak terlalu padat dan menghindari kelelahan pada ibu hamil.

2. Pastikan ketersediaan dokter

Saat Anda memiliki rencana proses persalinan dengan bantuan dokter kandungan yang rutin memeriksa kesehatan kehamilan di setiap bulan, ada baiknya menanyakan sejak jauh-jauh hari untuk memastikan ketersediaan dokter apakah bisa membantu proses persalinan  di malam takbiran. Jika dpkter tidak mudik, maka tidak akan ada yang perlu dikhawatirkan.

3. Pastikan punya rencana rumah bersalin cadangan

Selain memastikan ketersediaan dokter dan juga rumah sakit yang Anda tuju bisa menerima pasien pada saat lebaran, pastikan jika sudah memiliki daftar rumah bersalin cadangan jika saja terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Pastikan jika rumah bersalin cadangan yang Anda pilih dapat melakukan tindakan seperti caesar di waktu hari raya.

Tiga hal di atas wajib menjadi prioritas yang ibu hamil persiapkan saat tiba proses perslinan. Adapun hal-hal lain yang bisa Anda persiapkan agar persalinan berjalan dengan normal

– sering berkonsultasi dengan dokter tentang usia dan perkiraan lahir bayi dalam kandungan.

– jika jarak perkiraan kelahiran memang sangat dekat dengan hari lebaran, pastikan jika dokter benar-benar bisa membantu prose persalinan.

– minta pada dokter untuk mencatat semua hal-hal penting yang mungkin dibutuhkan saat persalinan sehingga memudahkan ibu hamil dalam mempersiapkan semuanya.

– persiapkan dana yang dibutuhkan untuk membayar rumah sakit, mengingat jika hari lebaran bank-bank akan tutup. Mengingat penarikan pada ATM memang memiliki jumlah terbatas.

Persiapan dalam menghadapi proses persalinan normal ataupun caesar memang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan dan juga agar tidak ada satu barang yang tertinggal. Dengan persiapan yang matang, tentu akan sangat menguntungkan. Entah itu bagi ibu hamul ataupun bagi keluarga yang ikut serta berperan dalam proes persalinan.