Tips Meredakan Nyeri Otot Setelah Olahraga Berat

Koyo Pereda Nyeri Otot

Setelah olahraga, seharusnya tubuh Anda lebih sehat. Anda semakin siap untuk beraktivitas kembali. Akan tetapi, kadang kala justru sebaliknya. Anda mengalami masalah. Badan terasa nyeri dan pegal-pegal. Untuk itu, Anda perlu tahu tips meredakan nyeri otot jika itu terjadi setelah Anda berolahraga.

Sebenarnya, jika Anda melakukan olahraga dengan tepat, nyeri tersebut tidak akan Anda rasakan. Misalnya saja Anda melakukan warming up atau pemansan terlebih dahulu. Ini penting agar otot siap karena setelah itu otot akan bekerja lebih keras lagi. Terutama ketika Anda ingin olahraga berat, warming up menjadi hal yang wajib dilakukan. Jika tidak, Anda bisa merasa nyeri pada otot. Bahkan, Anda bisa mengalami cedera.

Namun, Anda tidak perlu takut jika Anda merasa nyeri setelah berolahraga. Ada cara meredakan nyeri otot yang bisa Anda terapkan.

Nyeri Setelah Olahraga Itu Wajar

Sebelum membahas tentang bagaimana cara meredakan nyeri setelah olahraga, Anda perlu tahu apa yang menyebabkan nyeri tersebut muncul. Setidaknya ada 3 penyebab. Yang pertama, otot mengalami pembengkakan. Saat Anda olahraga, sebenarnya Anda sedang melatih otot agar semakin besar dan kuat. Akan tetapi, ada masa di mana otot terlalu mengalami pembengkakan sehingga menyebabkan nyeri muncul.

Yang kedua, bisa saja nyeri setelah olahraga itu disebabkan otot terlalu kaku. Biasanya, ini terjadi karena otot terlalu dipacu untuk aktif. Misalnya saja Anda berolahraga sampai di luar kekuatan otot dan tubuh Anda. Anda mungkin merasa masih kuat. Akan tetapi, otot Anda sudah tidak mampu. Akibatnya otot terlalu kaku sehingga Anda merasakan nyeri yang luar biasa.

Dan yang terakhir, nyeri otot yang disebabkan oleh otot yang rusak. Anda pernah lihat pesepakbola yang harus menepi hingga berminggu-minggu? Biasanya itu disebabkan otot yang rusak.

Tidak ada satu pun orang yang ingin cedera saat olahraga. Semuanya ingin setelah olahraga mereka tambah sehat. Namun, risiko cedera yang menyebabkan nyeri otot itu ada. Untuk itu, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui bagaimana tips meredakan nyeri otot setelah Anda berolahraga.

Cara Meredakan Nyeri Otot Sesuai Olahraga

Jika Anda sering berolahraga dan tahu bagaimana cara berolahraga yang tepat, Anda bisa menghindari cedera otot. Namun, terkadang orang tidak mengetahui batasan-batasannya. Hingga akhirnya seseorang asal-asalan ketika berolahraga.

Jika Anda merasa nyeri setelah olahraga, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Minum Obat Anti Inflamasi

Ini tidak dianjurkan. Akan tetapi, jika rasa nyeri terasa begitu luar biasa, sebaiknya Anda mengkonsumsi obat anti inflamasi.

Ada dua jenis obat yang paling direkomedasikan. Yang pertama adalah ibuprofen. Yang kedua adalah aspirin. Anda bisa memilih salah satu dari dua obat anti inflamasi. Setelah minum obat tersebut, rasa nyeri akan sedikit berkurang. Setidaknya, Anda bisa tidur nyenyak di malam hari setelah Anda konsumsi obat anti inflamasi.

  1. Memijat dengan Minyak

Jika nyeri tidak begitu parah, Anda skip minum obat. Ganti dengan melakukan pemijatan. Urut bagian otot yang terasa nyeri. Gunakan minyak urut yang memberikan efek hangat. Ini akan membantu otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Namun, jika Anda tidak yakin bisa melakukan pemijatan sendiri, Anda bisa minta tolong orang lain yang tahu tentang urat saraf. Pasalnya, jika pemijatan dilakukan dengan cara yang salah, otot akan semakin terasa nyeri.

  1. Perbaiki Jaringan dengan Makanan

Ini tips pereda nyeri otot yang tak banyak orang ketahui. Ternyata, ada lho makanan yang bisa meredakan nyeri pada otot. Yaitu makanan yang mampu memperbaiki jaringan otot yang rusak. Karena pada dasarnya otot yang terasa nyeri itu otot yang mengalami masalah. Ada jaringan yang rusak sehingga muncul rasa nyeri.

Salah satu makanan yang tepat untuk Anda konsumsi adalah ikan. Terutama ikan tuna dan salmon. Kandungan omega 3 dan protein di dalam ikan yang sangat tinggi akan sangat membantu mempercepat proses memperbaiki jaringan otot yagn rusak.

  1. Kompres

Ini cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Anda bisa kompres bagian tubuh Anda yang terasa nyeri. Gunakan kain atau handuk. Lalu celupkan ke dalam air hangat. Kemudian, letakkan pada bagian yang terasa nyeri.

Jika cara tersebut kurang begitu nyaman, Anda bisa ganti dengan menempelkan koyo Hansaplast. Anda bisa pilih antara koyo hangat dan koyo panas. Anda bisa tempelkan pada bagian yang terasa nyeri. Karena koyo ini menempel, Anda bisa tetap bebas beraktivitas.

  1. Istirahat

Pada dasarnya, nyeri itu disebabkan otot yang terlalu bekerja keras. Untuk itu, Anda perlu mengistirahatkan otot-otot Anda. Dengan cara apa? Tentu saja dengan cara tidak melakukan kegiatan fisik.

Ada yang menyarankan agar Anda tetap melakukan kegiatan fisik namun yang ringan. Ini dianggap sebagai cara meredakan nyeri otot yang efektif. Namanya cooling down. Jika sebelum olahraga Anda melakukan warming up agar otot siap, setelah olahraga Anda perlu melakukan cooling down.

Karena kurang baik juga jika Anda langsung istirahat total. Otot sama sekali tidak diaktifkan membuat otot sulit untuk kembali ke level yang biasa. Jadi, Anda bisa tetap jalan di sekitar rumah, misalnya ke dapur untuk mengambil air putih dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang fakta koyo pereda nyeri otot. Semoga Anda tidak menganggap olahraga sebagai penyebab nyeri otot. Mulai sekarang, cegah nyeri otot dengan cara melakukan olahraga sesuai dengan anjuran para ahli.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*